news
LIGA INGGRIS
Menanti Kontribusi Lebih Firmino
02 November 2019 14:45 WIB
berita
Penyerang Liverpool, Roberto Firmino, akan mematahkan pertahanan Aston Villa dalam laga Liga Primer, Sabtu (2/11).
BIRMINGHAM – Awal November yang krusial bagi Liverpool. Pasukan Juergen Klopp akan menghadapi serangkain pertandingan sangat penting. Dimulai dengan tandang menghadapi Aston Villa, Sabtu (2/11) dan dilanjutkan dengan duel head to head menghadapi rival mereka, Manchester City pada pekan depan, tepatnya 10 November.

Di antara kedua laga tersebut, The Reds akan tampil dalam penyisihan grup Liga Champions menghadapi Genk pada 5 November. Tentu saja, semua pertandingan sangat penting untuk Jordan Henderson dan kawan-kawan. Namun, dua laga di Liga Primer bisa menentukan langkah mereka dalam mempertahankan posisi puncak klasemen sementara.




Baca Juga :
- Gol Keren Moh Salah Bikin Crouch dan Owen Gelengkan Kepala
- Benitez Beberkan Cara Mengalahkan Liverpool




The Reds memulai musim ini dengan baik, sebagai satu-satunya tim yang belum terkalahkan di Liga Primer 2019/20: sembilan kemenangan dan sekali imbang. Kini, mereka akan mencoba meneruskan rapor tersebut dengan meraih kemenangan di Stadion Villa Park.

Meski demikian, tidak terkalahkan bukan pencapaian yang baru bagi The Reds. Musim lalu, Klopp bahkan mampu membawa timnya tidak terkalahkan dalam 20 laga beruntun sebelum akhirnya mereka ditekuk The Citizens di pekan ke-21. Karena itu, perjalanan The Reds memang masih panjang.


Baca Juga :
- Liverpool Penguasa Big Seven
- Salah Simpan Ambisi Kejar Pencapaian Legenda Man. City


“Kami sepertinya selalu lebih baik dalam setiap musim karena kami belajar dari musim sebelumnya, bagaimana cara kami untuk mengatasi tekanan. Kami sudah mengetahui apa yang harus kami lakukan,” kata bek The Reds, Dejan Lovren.

Klopp akan membawa pasukannya lawan Villa dengan kondisi yang baik. Meski demikian, ada yang tidak biasa jika melihat statistik gol trio lini depan Liverpool: Mohamed Salah, Sadio Mane, dan Roberto Firmino.

Faktanya, dalam lima laga terakhir Liga Primer, hanya ada tiga gol yang diciptakan dari trio The Reds ini. Ya, setelah Mane dan Salah menjadi perhatian karena keduanya mencetak gol dalam kemenangan atas Newcastle United, 14 September lalu, gol ketiganya hanya terjadi dalam tiga laga.

Gol tersebut diciptakan Firmino ketika menghadapi Chelsea, lalu Mane dalam kemenangan atas Leicester City, dan terakhir gol Salah yang diciptakan dari penalti ke gawang Tottenham Hotspur.

Dengan demikian, ada dua pertandingan ketika The Reds berhasil meraih poin tanpa gol ketiga penyerang ini. Yaitu gol Georginio Wijnaldum saat mengalahkan Sheffield United, dan gol Adam Lallana ketika imbang lawan Manchester United (MU).

Yang menarik, dari lima laga itu pula, ditandai dengan sejumlah gol bek dan gelandang The Reds. Gol Wijnaldum dan Lallana, dua dari lima gol di luar trio lini depan tersebut. Alexander Arnold menorehkan dua gol dan James Milner satu gol.

Statistik tersebut memang tidak memperlihatkan menurunnya peran Salah, Mane, dan Firmino dalam aspek gol, melainkan menunjukkan bahwa kekuatan The Reds musim ini pun ada di lini tengah dan dua bek sayap.

Situasi ini memang tidak terlepas dari sistem permainan yang diterapkan Klopp. Dalam hal ini, ketika mereka kehilangan bola, pemain pertama yang bertahan adalah trio lini depan tersebut. Salah, Firmino, dan Mane harus bereaksi dengan cepat untuk kembali merebut bola dari kaki lawan.

Dengan situasi itulah, dibutuhkan pemain yang memiliki kemampuan mengembalikan lagi irama serangan Liverpool dengan cepat setelah mereka mendapatkan bola. Pemain tersebut adalah Firmino.

Ini pula yang membuat bintang asal Brasil tersebut hanya mampu menorehkan tiga gol dari 10 pertandingan Liga Primer musim ini. Jumlah tersebut memang masih di bawah potensi maksimal yang bisa dilakukannya. Namun, Klopp menilainya bukan sebuah persoalan.

Apalagi, musim lalu di Liga Primer pula, jika melihat statistik gol Firmino justru lebih rendah. Pemain 28 tahun ini hanya menorehkan dua gol dari 12 laga awal Liga Primer 2018/19 itu. Firmino akan lebih tepat dinilai dari kemampuannya memberikan umpan yang berpotensi menjadi gol.

“Saya justru berharap dia akan tetap seperti sekarang ini. Dia memang melewatkan kesempatan mencetak gol, tapi Bobby, apa lagi yang dapat saya katakan tentang dirinya? Dia adalah pemain yang sangat penting. Dia sangat menikmati permainan dan perannya di tim ini,” kata Klopp, tersenyum.

Sosok Firmino yang membuat serangan Liverpool menjadi berfungsi dengan baik. Mane dan Salah mengandalkan kecepatan dan tenaga sedangkan Firmino yang memberikan ruang bagi kedua rekannya ini.

Cara inilah yang membuat lini depan The Reds selalu memberikan ancaman besar bagi setiap lawan mereka. “Firmino pemain yang sangat bernilai bagi kami,” kata Klopp, menambahkan. Dan, ketika Firmino berada di bawah performa, seperti ketika menghadapi MU di Old Trafford, akan berpengaruh pula bagi serangan The Reds.

Meski demikian, faktanya bukan hanya Firmino yang berperan dalam menciptakan peluang. Arnold total telah memberikan 21 peluang di Liga Primer musim ini, yang terbanyak di antara rekannya yang lain. Lalu, Mane 18 pelaung, Faninho dan Robertson 13 peluang, sedangkan Firmino dan Salah masing-masing memberikan 12 peluang.

Dengan statistik tersebut memperlihatkan bahwa memang ada perbedaan dari aspek serangan The Reds pada musim ini dan akan mengancam tuan rumah. Pasukan Dean Smith saat ini ada di posisi ke-15 klasemen sementara. Namun, Villa memiliki momentum setelah kemenangan atas Wolverhampton Wanderers dalam ajang Piala Liga.

Mereka juga memiliki kekuatan dalam laga kandang, tidak terkalahkan dalam lima pertandingan terakhir di Villa Park (tiga kemenangan dan dua imbang), setelah kalah dari Bournemouth, Agustus lalu. Jack Grealish dan Wesley sosok yang harus diwaspadai pertahanan Liverpool.

Grealish telah menorehkan empat gol dan memberikan empat assist (2 gol di Liga Primer dan 2 gol di Piala Liga), sedangkan assistnya tiga di Liga Primer dan satu di Piala Liga. Wesley menorehkan empat gol dan memberikan satu assist dan semuanya di Liga Primer.*

loading...
I
Penulis
Irfan Sudrajat
news
news