news
TOP FEATURE OLIMPYC
Transformasi Canelo! Dari Ringan ke Berat Ringan, Bobot Merayap dari 61 kg ke 79 kg
01 November 2019 21:09 WIB
berita
Beberapa foto perubahan bentuk fisik Canelo di kelas yang berbeda-beda. -TopSkor.Id/Istimewa-
TIAP petinju punya hasrat yang berbeda-beda saat menjalani karier. Termasuk Saul “Canelo” Alvarez yang punya obsesi besar. Semua petinju juara dunia pasti ingin jadi juara dunia. Setelah itu, dia pertahankan selama yang dia mampu gelarnya. Saat ada kesempatan, sang petinju itu pun melakukan unifikasi gelar.

Canelo lebih ekstrem. Dia punya obsesi jadi juara dunia di kelas yang berbeda-beda. Sosok yang tentunya paling ingin ditiru adalah Manny Pacquiao yang tercatat pernah jadi juara dunia di delapan kelas yang berbeda. Meski tidak dalam satu waktu, tetap saja belum ada yang menandingi.




Baca Juga :
- Demi Mendapatkan Pemain Juventus yang Tak Terpakai Ini, Milan Rela Jual Kessie
- Ritual Messi Sebelum Free Kick, Garuk Paha dan Singkirkan Semua Spray Penanda




Canelo hampir mustahil mengikuti jejak Pacquiao. Meski begitu, setidaknya dia akan berusaha semaksimal mungkin bisa mendapatkan sabuk juara sebanyak mungkin dari kelas yang berbeda. Seperti yang akan dilakukannya pada Minggu (3/11) lawan Sergey Kovalev, Canelo akan bertarung merebut sabuk gelar juara kelas berat ringan WBO.

Apakah ini jadi kelas tertinggi yang akan dilakoni Canelo? Jawabannya hanya dia yang tahu. Tapi pastinya, untuk sampai di kelas berat ringan ini, Canelo telah bertransformasi dengan luar biasa. Tercatat, Canelo pernah bertarung di kelas ringan pada awal kariernya. Tepatnya pada 20 Januari 2006, dia melawan Miguel Vazquez dan menang.


Baca Juga :
- Ahsan/Hendra Hanya Butuh 20 Menit untuk ke 16 Besar, Singkirkan Wakil Tuan Rumah
- Pengalaman Baru, Praveen/Melati ke 16 Besar setelah Berkenalan dengan Angin


Setelah itu, Canelo naik ke kelas ringan super. Kurang rinci, siapa lawannya di kelas ini. Lalu, naik lagi ke kelas welter. Mulailah Canelo bisa merebut sabuk juara wilayah di kelas ini. Gelar juara dunia penuh pada 5 Maret 2011. Dia mengalahkan Matthew Hatton dan jadi juara dunia kelas menengah ringan WBC.

Naik lagi ke kelas menengah dan mengalahkan Gennady Golovkin. Belum puas, naik lagi ke kelas menengah super dan mengalahkan Rocky Fielding. Kini, Canelo ada di kelas berat ringan. Transformasi bobot Canelo pun luar biasa. Dari 61 kilogram di kelas ringan dan kini 79 kilogram di kelas berat ringan.

Jika Canelo sukses mengalahkan Kovalev, dia akan sejajar dengan petinju legendaris Meksiko lainnya yaitu Erik Morales, Juan Manuel Marquez, dan Jorge Arce. Ketiga petinju itu pernah jadi jara dunia di empat kelas yang berbeda. Kini, Canelo sudah punya tiga titel.*

loading...
D
Penulis
Dedhi Purnomo
BarC4!
news
news