news
LIGA SPANYOL
Konsistensi Gol Ramos di 16 Musim LaLiga
01 November 2019 00:25 WIB
berita
Bek sekaligus kapten Madrid, Sergio Ramos kembali memperlihatkan ketajamannya dengan mencetak gol perdana di LaLiga.-Topskor/ist
MADRID – Tidak hanya Luka Jovic, di kemenangan 5-0 Real Madrid atas CD Leganes sejatinya ada Sergio Ramos yang juga pecah telur. Hanya saja konteksnya di sini adalah gol pertama di musim ini, pada ajang LaLiga. Keberhasilan itu sekaligus memperlihatkan konsistensinya dalam menyumbang gol di ajang tersebut bersama Madrid.

 Sejak direkrut dari Sevilla FC pada 31 Agustus 2005, Ramos membuktikan bahwa Madrid tidak salah mencari sosok bek yang haus gol dalam dirinya. Musim ke-15 tengah dijalaninya dengan seragam putih, dan selama itu pula ia terus bisa mencatatkan namanya pada papan skor liga. Jika dihitung dengan Sevilla, maka Ramos selalu mencetak gol dalam 16 musim di LaLiga sejajar dengan Lionel Messi.




Baca Juga :
- Koneksi Brasil Berhasil, Rodrygo dan Vinicius Mencetak Sejarah di Liga Champions
- Giliran Jovic Unjuk Gigi




Edisi 2016/17 menjadi musim terproduktifnya dengan torehan tujuh gol. Disusul enam gol di musim lalu, yang menandai dirinya dapat dipercaya jadi eksekutor penalti utama Los Merengues, julukan Madrid. Cara yang juga membuat kesuburan bek 33 tahun ini dapat berlanjut di 2019/20.

Di jornada 11, Rabu (30/10) atau Kamis dini hari WIB, ia sejatinya sempat gagal mengeksekusi; Juan Soriano menebak arah tendangan dan menepis (kiri gawang). Tapi tendangan harus diulang usai kiper Leganes bergerak lebih dulu, dan dikonfirmasi VAR. Kesempatan kedua tak disia-siakan dengan menyusurkan bola ke kanan bawah gawang.


Baca Juga :
- Tantangan Akhir Tahun Madrid
- Problem Bek Kiri Madrid


Leganes sendiri adalah lawan yang paling sering dibobol Ramos melalui penalti; Empat atau keseluruhan golnya dari enam pertandingan, atau tiga gol dari empat duel di antaranya terjadi di La Liga. Sementara untuk tim yang paling sering dibobol dengan berbagai cara di La Liga adalah Malaga CF; lima gol dari 19 laga.

Secara keseluruhan bek jebolan Akademi Sevilla ini memiliki 13 gol penalti di level klub, yang semua dicatatkannya sebagai pemain Los Merengues. Yang pertama terjdi ke gawang Athletic Bilbao di La Liga 2010/11, 20 November 2010. Sedang untuk tim nasional Spanyol ada enam, sejak uji coba tandang lawan Rusia, 14 November 2017.

Secara keseluruhan Ramos telah menciptakan 60 gol La Liga untuk Madrid dari 429 pertandingan (di lintas kompetisi 86 gol dari 618 laga). Sedang total ada 62 gol, berkat tambahan dua besama Sevilla. Dengan raihan itu, ia menjadi pemain bertahan tersubur yang masih aktif bermain di La Liga hingga saat ini.

El Capitan jauh mengungguli bek lain sebab di belakangnya ada 28 gol Gerard Pique (termasuk dengan Real Zaragoza), dan Marcelo Vieira lewat 25 gol. Untuk bek terproduktif sepanjang sejarah ada Fernando Hierro dengan 106 gol. Tapi terdekat Ramos bisa melampaui legenda lain, sebab hanya tertinggal lima dari Ronald Koeman.* TAUFANI RAHMANDA DARI BERBAGAI SUMBER

 

 

ANGKA

834

Butuh 834 menit main untuk Ramos bisa mencetak gol pertamanya di La Liga musim ini, atau pada menit 24 di laga ke-10 nya setelah terus bermain penuh.

 

loading...
D
Penulis
Dini Wulandari
news
news