news
LIGA SPANYOL
Pep Guardiola Beberkan Apa yang Harus Dilakukan Barcelona Ketika Messi Pensiun
30 October 2019 10:49 WIB
berita
Pep Guardiola berutang banyak keberhasilan di Barcelona kepada Messi
MANCHESTER - Pep Guardiola mungkin dipuji sebagai salah satu pelatih terhebat yang pernah menghiasi permainan yang indah. Tetapi ia berutang banyak keberhasilan awal di Barcelona kepada satu orang: Lionel Messi!

Guardiola mengakui bahwa ia beruntung memiliki pemain seperti Messi, Andres Iniesta, Xavi dan Dani Alves semua bermain di tim impian Barca ketika mereka berada di masa jayanya.




Baca Juga :
- Update Hasil dan Klasemen La Liga Spanyol, Minggu Dini Hari WIB
- Ini 10 Rekor Lionel Messi Dalam Satu Dekade




“Ada pelatih hebat yang tidak memenangkan apa-apa karena mereka tidak memiliki Messi. Saya cukup beruntung memilikinya, dan Xavi dan Iniesta, Dani Alves, dan Piqué. Dan apa lagi di usia yang sempurna," kata Guardiola kepada Radio Catalunya.

Namun, Guardiola juga mencatat bahwa mantan majikannya harus bersiap untuk kemungkinan, karena bahkan Messi yang hebat tidak bisa bermain selamanya.


Baca Juga :
- Valverde Bahas Kemungkinan Kembalinya Mantan Bintang Barcelona
- Harmonisasi Griezmann dan Messi Kian Menjanjikan


“Suatu hari Messi akan pensiun dan Barca akan mengatasinya. Yang perlu dipersiapkan adalah ruang untuk patung itu, cara untuk membayar upeti kepadanya seperti Kubala atau Johan, dan saya tidak ragu mereka akan menemukannya."

Guardiola juga berbicara tentang bagaimana superstar dalam sebuah tim. Bahkan di atas usia 30 tahun, perlu melakukan seperti halnya pemain lain dalam skuat.

"Bintang perlu berlari seperti orang lain. Jika bukan tim yang tidak bisa mengatasinya, Anda perlu meyakinkan mereka untuk berlari. Terkadang, Anda berkata kepada mereka. "Saya tidak akan membuat Anda berlari 40 meter seperti atlet berusia 20 tahun di tim, tetapi beri saya alasan untuk tidak berlari."

“Jika seseorang tidak berlari. Tetapi mencetak tiga gol setiap pertandingan saya dapat membeli itu, tetapi tidak ada yang mencetak tiga gol dalam permainan, hanya Messi yang mendekat.," ungkapnya.

Saat ini, menurut Guardiola Anda perlu meminta Messi untuk melakukan upaya singkat. Messi tidak bisa berlari demi berlari, tidak mungkin. 
"Jika Leo berlari seperti dia berlari di musim pertamanya bersama saya, dia akan cedera setiap tiga bulan. Mengelola legenda berusia 30 tahun ke atas adalah hal tersulit bagi seorang pelatih," pungkap pelatih Manchester City itu.*

loading...
news
Penulis
Suryansyah
news
news