news
LIGA INTERNASIONAL
Dortmund Coba Atasi Krisis
30 October 2019 13:31 WIB
berita
Gelandang serang dan kapten Dortmund, Marco Reus, akan menjadi motor timnya menghadapi M’Gladbach di babak kedua Piala Jerman, Rabu (30/10).
DORTMUND - Borussia Dortmund bakal mencoba mengatasi krisis yang mendera mereka. Terdekat, mereka akan menghadapi Borussia Moenchengladbach pada putaran kedua Piala Jerman di di Signal Iduna Park, Rabu (30/10) malam. Lawan Dortmund kali ini tidak sembarangan karena M’Gladbach adalah pemimpin klasemen Bundesliga.

Dortmund akan menjalani babak kedua Piala Jerman dengan hanya merebut dua kemenangan dalam delapan pertandingan terakhir di semua ajang (lainnya lima imbang dan satu kalah). Dalam kurun waktu itu, Die Borussen sembilan kali gol namun kemasukan delapan kali. Menariknya, kemenangan terakhir Dortmund justru diraih saat mengalahkan M’Gladbach di Bundesliga, 1-0, Sabtu (19/10) pekan lalu.




Baca Juga :
- Buruknya Performa Dortmund Ternyata Disebabkan Hal-hal Ini
- Kapten Frankfurt Terancam Sanksi Berat




Bagi tim sekelas Dortmund, situasi ini sudah masuk kategori krisis. Kondisi ini pula yang kian menyudutkan Lucien Favre. Hasil imbang melawan FC Schalke 04 (0-0) di Bundesliga, akhir pekan lalu, membuat Dortmund terpuruk di peringkat kelima klasemen karena hanya merebut 16 poin dalam sembilan pertandingan.

Kini, Dortmund terpaut tiga poin dengan M’Gladbach, pemuncak Bundesliga. Die Fohlen datang ke Signal Iduna Park kemenangan 4-2 atas Eintracht Frankfurt. Skuat pelatih Marco Rose pun unggul satu poin di puncak klasemen Bundesliga atas juara bertahan, FC Bayern Muenchen. Mereka memenangi enam dari sembilan laga Bundesliga.


Baca Juga :
- Penyerang Muenchen Ini Harus Selalu Dimainkan
- Klub Bundesliga Ini Masih Sulit Dilengserkan


Baik Dortmund maupun M’Gladbach sama-sama mengawali Piala Jerman dengan hasil meyakinkan. Di babak pertama, Dortmund mengalahkan klub Liga 3 (divisi tiga), KFC Uerdingen, 2-0. Sedangkan M’Gladbach menjungkalkan tim asal Bundesliga 2 (divisi dua) SV Sandhausen, hanya dengan 1-0.

M’Gladbach kali terakhir mengangkat Piala Jerman pada 1994/95. Memenangi Piala Jerman akan jadi motivasi tersendiri mengingat sudah 20 tahun lebih mereka tidak juara.

Kendati begitu, M’Gladbach bukan tanpa masalah. Di kandang Dortmund, mereka tak bisa diperkuat sejumlah bintang karena cedera, di antaranya Matthias Ginter (bahu), Alassane Plea (paha), Breel Embolo (paha), dan Ibrahima Traore (engkel). Bek Tony Jantschke juga diragukan bisa dimainkan melawan Dortmund. Karena banyaknya pemain yang cedera, Rose kabarnya harus mengganti formasi dari 4-3-1-2 menjadi 4-2-3-1.

Beberapa pemain penting Dortmund juga cedera. Striker Paco Alcacer belum bisa dimainkan karena cedera (Achilles). Demikian pula bek Marcel Schmelzer yang cedera pinggul dan Roman Buerki.

Kendati begitu, Marco Reus masih bisa dimainkan. Kapten dan penyerang sayap Dortmund ini akan menjadi momok bagi M’Gladbach yang tidak lain bekas timnya. Gol Dortmund saat menggasak M’Gladbach, 1-0, lalu juga dicetak oleh Reus.

Dalam 12 pertemuan dengan M’Gladbach, Reus memenangi 10 di antaranya (lainnya masing-masing satu  seri dan kalah) dengan mencetak sembilan gol dan enam assist. Reus bahkan selalu mencetak gol ke gawang Die Fohlen dalam lima pertemuan terakhir yang semuanya terjadi di Bundesliga. Selain Reus, M’Gladbach juga harus mewaspadai Thorgan Hazard yang musim lalu masih milik mereka.

Meskipun begitu, Dortmund juga tidak akan bisa tenang kendati rekor mereka di Signal Iduna Park musim ini terbilang bagus, lima laga tak terkalahkan (tiga menang, dua imbang). Tetapi, M’Gladbach memiliki Marcus Thuram yang sudah mencetak lima gol dalam 13 laga semua ajang musim ini. Gelandang Die Fohlen Laszlo Benes juga patut diwaspadai setelah mampu membuat tiga assist dalam delapan pertandingan Bundesliga yang dimainkannya.***TRI CAHYO NUGROHO DARI BERBAGAI SUMBER

 

loading...
T
Penulis
Tri Cahyo Nugroho
news
news