news
LIGA SPANYOL
Celades-Lopetegui Punya Banyak Kesamaan
30 October 2019 13:33 WIB
berita
Pelatih Valencia, Albert Celades versus pelatih Sevilla, Julen Lopetegui. –Topskor/Ist

VALENCIA – Sosok pelatih menjadi salah satu sorotan utama pada bentrokan Valencia CF menjamu Sevilla FC di jornada 11 La Liga 2019/20. Itu bukan hanya karena strategi yang diusung. Tapi juga karena Albert Celades dan Julen Lopetegui memiliki kedekatan dan banyak kesamaan, sebelum keduanya akan saling mengalahkan di Stadion Mestalla.

Mereka tergolong pelatih muda (44 dan 53 tahun) yang memiliki karier sebagai pesepak bola sebelum menjadi pelatih. Namun siapa sangka perjalanan panjang dua pria asal Spanyol ini saling bersinggungan. Hubungan profesional pun terbangun antar satu-sama lain, seperti pernah saling berbagi untuk menemukan strategi terbaik.




Baca Juga :
- Sepak Bola Jalanan Antar Fekir Bersaing di Panggung Elite
- Sevilla Cerminan Atletico




Lopetegui yang berasal dari Akademi Real Sociedad tumbuh di kalangan Real Madrid dan Las Palmas. Namun sebagai pemain ia juga pernah menjadi bagian dari FC Barcelona (1994-1997). Sementara Celades adalah produk asli La Masia, tumbuh di Barca, namun setelahnya pernah berkarier di Madrid (2000-2003 dan 2004-2005).

Sedari masih merumput, mereka sama-sama menyerap ilmu melatih dari Johan Cruyff, yang kemudian jadi landasan dalam mematangkan keahlian meracik strategi (punya sentuhannya masing-masing). Keduanya pun sempat bekerja sama dengan Federasi Sepak bola Spanyol (RFEF) untuk saling melatih tim nasional di berbagai level.


Baca Juga :
- Maxi Incar Gol Perdana
- Ada Enam Pergantian Pelatih di La Roja dalam Empat Tahun


Lopetegui yang lebih senior memulai karier kepelatihan lebih dulu, dan diawali di Rayo Vallecano dan Madrid Castilla (tim muda Madrid). Setelahnya ia merasakan melatih Spanyol U-20, U-19, U-21, hingga senior. Sedang Celades langsung menangani Spanyol U-16, dan naik kelas seiring dengan kenaikan yang dialami oleh Lopetegui.

“Cerita menggantikan” itupun terus terjadi termasuk kala Lopetegui hijrah ke FC Porto (sebelum menangani timnas senior), dan pasca pemecatan dari La Roja, julukan Spanyol; Celades bertindak sebagai asisten pelatih Fernndo Hierro selaku caretaker kala itu. Puncak hubungan pun terjadi di Madrid, saat Lopetegui menyertakan Celades di tim kepelatihannya.

Lopetegui membutuhkan Celades untuk memperkaya versi dan visi sepak bola yang diterapkannya. Sebaliknya Celades menjadikan Lopetegui referensi alami. Meski lebih sukses, sang senior menghargai juniornya itu. “Dia (Celades) siap menghadapi tantangan memimpin Valencia. Teorinya sangat bagus,” kata Lopetegui memuji.* TAUFANI RAHMANDA DARI BERBAGAI SUMBER

 

0: Celades dan Lopetegui belum pernah bersua sebagai lawan sebelumnya ketika saling menangani sebuah tim.

loading...
D
Penulis
Dini Wulandari
news
news