news
LIGA SPANYOL
Atletico dan Bilbao Adu Kuat Pertahanan
26 October 2019 14:05 WIB
berita
Cedera para bek tengah Atletivco memberikan kesempatan kepada Mario Hermoso untuk tampil sebagai starter melawan Bilbao, Sabtu (26/10).-Topskor/Ist
MADRIDEl Clasico boleh saja ditunda, tapi jornada 10 La Liga 2019/20 tetap akan menyuguhkan bigmatch, duel antara dua klub besar Spanyol lainnya. Yakni saat Atletico Madrid menjamu Athletic Bilbao, Sabtu (26/10) atau Minggu dini hari WIB. Stadion Wanda Metropolitano akan menjadi tempat adu kuat dari pertahanan kedua tim.

Sejauh musim ini Atletico dan Bilbao memang sama-sama menonjol dalam hal kesolidan barisan belakangnya. Mereka berdiri beriringan, merupakan tim yang paling sedikit kemasukan. Hingga memainkan sembilan pertandingan, Los Rojiblancos dan Los Leones –julukan kedua tim– serupa baru merasakan gawangnya kemasukan lima gol.




Baca Juga :
- Joaquin Si Unik, Winger 38 Tahun Itu Jadi Pencetak Hattrick Tertua di LaLiga
- Catatan Buruk 60 Tahun Bisa Terulang




Bagi tim tuan rumah, kekuatan pertahanan yang dimiliki adalah hal yang lumrah di bawah arahan pelatih Diego Simeone. Namun faktanya, raihannya sejauh ini adalah sebuah peningkatan sebab sempat mengalami periode aneh (selalu kebobolan di tiga laga). Dan di kubu lawannya, pelatih Gaizka Garitano sukses menerapkan kedisiplinan.

Akan tetapi jika berbicara soal clean sheet (laga tak kemasukan), Atletico lebih baik ketimbang Bilbao dengan catatan enam berbanding empat kali (hanya di La Liga). Kedua kipernya pun akhirnya bersaing merebut Trofi Zamora, kiper terbaik La Liga; Jan Oblak punya rasio 0,56 gol per laga (lima gol dari sembilan laga) dan Unai Simon 0,56 (empat dari delapan, ia dicadangkan di satu laga).


Baca Juga :
- Atletico Madrid Hanya Imbang di Kandang Villarreal
- Atletico Masih Tumpul


Sementara jika berbicara soal produktivitas, kedua tim kembali punya kesamaan yakni dengan baru menciptakan delapan gol. Di Los Rojiblancos, sumber golnya cukup merata lewat Joao Felix, Diego Costa, Vitolo Machin jadi tersubur dengan sama dua gol. Sedang Los Leones didominasi Raul Garcia lewat empat golnya yang akan jadi ancaman utama.

Demi meredam gelandang serang yang sedang menemukan sentuhan terbaiknya itu, sejatinya tuan rumah punya sedikit masalah. Pasalnya di duel nanti mereka tak bisa diperkuat duet bek tengah andalannya; Jose Gimenez dan Stefan Savic serupa sedang cedera. Alhasil komposisi baru akan dibentuk Mario Hermoso dengan Felipe Monteiro.

Untuk nama pertama, pertandingan menjamu Bilbao jadi kesempatan baginya membuktikan diri di Atletico. Sejauh ini eks bek RCD Espanyol ini memang belum bisa menebus ekspektasi besar atasnya. Performanya belum maksimal sehingga baru diberi 313 menit main di enam laga. Padahal, klub telah berjuang keras untuk merekrutnya.

Adaptasinya masih bermasalah, meski sejatinya musim panas lalu Hermoso memilih Atletico lantaran ada kesamaan. “Saya mengidentifikasi dengan estetika 100 persen. Itu (keputusan menerima Atletico) karena mereka tim yang memberi segalanya di atas lapangan, seperti saya. Mereka adalah tim yang saya inginkan,” katanya.* TAUFANI RAHMANDA DARI BERBAGAI SUMBER

 

ANGKA

86

Atletico telah 86 kali menjamu Bilbao di lintas kompetisi resmi. Hasilnya 53 laga jadi milik tuan rumah, 19 untuk tim tamu, dan 14 sisanya seri (163 banding 90 gol).

loading...
D
Penulis
Dini Wulandari
news
news