news
LIGA SPANYOL
Casemiro Akhirnya Bisa Istirahat
26 October 2019 15:50 WIB
berita
Gelandang Madrid, Carlos Casemiro telah memainkan lebih dari seribu menit musim ini. – Topskor/Ist
MADRID – Carlos Casemiro menjadi salah satu pemain Real Madrid yang paling bersyukur atas ditundanya duel El Clasico pekan ini. Pertandingan bergengsi yang sejatinya digelar 26 Oktober ini terpaksa digeser ke 18 Desember lantaran situasi tak kondusif di Camp Nou, kandang FC Barcelona. Di luar perdebatan siapa yang paling diuntungkan, Casemiro mungkin yang paling bersyukur. 

Itu karena dirinya bisa istirahat setelah selalu hampir selalu dimainkan dalam setiap pertandingan oleh klub maupun tim nasional Brasil. Ya, gelandang bertahan ini memang salah satu pemain tak tergantikan bagi pelatih Zinedine Zidane di Madrid. Itu karena juru taktik Prancis itu kesulitan mendapatkan tipe pemain yang bisa dijadikan pelapis Casemiro.




Baca Juga :
- Gigit Jari! Setelah Lepas Braithwaite ke Barca, Leganes Tak Boleh Beli Pengganti
- Suporter Nyanyikan 'Griezmann Meninggal', Atletico Dikenai Denda




Sosoknya begitu sentral hanya hanya cedera yang bisa memaksa Zidane tak memainkan Casemiro. Dia memiliki tugas mengangkut bola dari lini belakang dan membantu pertahanan apabila sedang diserang. Memang benar kehadiran Federico Valverde memberikan variasi di lapangan. Akan tetapi, penampilan Valverde belum bisa dimainkan secara reguler karena masih butuh adaptasi taktik atau permainan.

Zidane begitu mempercayai Casemiro. Pemain asal Brasil tersebut bahkan hanya kehilangan setengah jam saja saat Madrid bertemu Levante UD pada jornada empat. Casemiro telah berpartisipasi dalam 12 pertandingan, dan semua dimainkannya sebagai starter. Jika ditotal, menit bermainnya telah mencapai seribu lebih atau tepatnya 1.050.


Baca Juga :
- Alami Cedera Ankle, Dries Mertens Absen Selama ini
- Zielinski: Kami Punya Peluang di Barcelona


Angka tersebut merupakan yang tertinggi apabila dibandingkan dengan pemain-pemain Madrid lainnya. Berdasarkan data distribusi menit bermain musim ini, di bawah Casemiro ada Karim Benzema yang mencatatkan 972 menit bermain. Kemudian dilanjutkan Sergio Ramos (960), Toni Kroos (926), Raphael Varane (900), Thibaut Courtois (855), Dani Carvajal (810), Gareth Bale (596), Eden Hazard (515), Marcelo Vieira (494), dan James Rodriguez (422).

Itu hanya di Madrid saja, belum termasuk dengan tim nasional Brasil. Dalam empat pertandingan (melawan Kolombia, Peru, Senegal, dan Nigeria), pilar 27 tahun tersebut selalu tampil 90 menit kecuali menghadapi Peru (64 menit). Sebelum laga melawan Galatasaray SK (9/10), Casemiro sempat diragukan kondisi fisiknya, namun pada akhirnya tetap diturunkan selama 90 menit. Maka dari itu, jelas bahwa penundaan El Clascio ini menjadi berkah baginya.

Jika menghitung mundur ke belakang ini tentunya berbeda. Pada empat musim sebelumnya atau ketika era Rafael Benitez (2015/16), ada dua pemain yang memiliki presentase bermain tertinggi setelah matchday ketiga Liga Champions, yakni Cristiano Ronaldo dan  Keylor Navas, yang sama-sama mengakumulasikan 900 menit bermain. Bersama Zidane, pemain yang paling banyak mengumpulkan menit bermain di awal-awal kompetisi adalah Sergio Ramos dengan 1.079, tepatnya pada 2017/18.* GOGOR HAKIM DARI BERBAGAI SUMBER

 

 

Angka

2

Musim ini Carlos Casemiro telah mencetak dua gol dari 12 laga di semua ajang. Ia menyarangkan masing-masing satu gol di LaLiga dan Liga Champions.

 

1

Carlos Casemiro telah menyumbang satu assist dalam 12 pertandingan yang telah ia mainkan musim ini. Itu ia berikan ketika Real Madrid menghadapi CA Osasuna (25/9) di LaLiga.

                                                                                                                                

 

 

loading...
D
Penulis
Dini Wulandari
news
news