news
LIGA INGGRIS
Lampard Tak Ingin Hilang Fokus Setelah Raih Lima Kemenangan Beruntun
22 October 2019 14:30 WIB
berita
Pelatih Chelsea Frank Lampard (kedua dari kanan) tampak mengawasi pemainnya dalam sesi latihan di kamp Cobham beberapa waktu lalu./Istimewa
LONDON - Chelsea FC telah bersiap untuk laga krusial Liga Champions melawan AFC Ajax di Stadion Johan Cruyff Arena, Rabu (23/10) malam. The Blues akan berusaha memperpanjang kemenangan beruntun mereka menjadi enam pertandingan setelah menekuk Newcastle United FC 1-0 di Stadion Stamford Bridge, Sabtu (19/10) lalu.

Namun Ajax, semifinalis musim lalu, tentu akan menghadirkan ujian yang sulit. Wakil Belanda tersebut kini memuncaki Eredivisie dan sebelumnya memenangi laga Liga Champions terakhirnya 3-0 atas Valencia CF. Selain keunggulan tampil di kandangnya, Ajax punya tim muda dan cepat yang bisa jadi ancaman besar bagi pertahanan Chelsea.




Baca Juga :
- Ini Lawan Liverpool di Fase Gugur Liga Champions
- The Blues Sodorkan Giroud demi Zaha




Kendati demikian, Lampard meyakini selalu ada pelajaran penting yang bisa dipetik dari setiap pertandingan yang dihadapi timnya. Kendati menyadari Newcastle sangat berbeda dibandingkan Ajax, tetapi yang paling utama adalah bahwa Chelsea harus fokus penuh untuk mencari cara mengantisipasi gerak dan permainan lawan.

“Newcastle adalah pelajaran bagi kami dalam hal mencoba mendobrak tim yang bermain defensif sepanjang waktu. Sementara Lille itu edukasi besar di level tinggi. Dan sekarang kami akan melawan Ajax, tim berkualitas yang berhasil mencapai semifinal dan yang bermain dengan cara tertentu,” kata Lampard.


Baca Juga :
- Inggris Raya Menguasai Eropa
- Insiden Hampir Dua Dekade Lalu Terulang di Paris


Sang pelatih melanjutkan, “Saya pikir, terutama saat tidak memegang bola, Anda harus konsentrasi penuh, terkait dengan apa yang dapat mereka lakukan untuk Anda dari pergerakan dan cara bermain. Kami mendapatkan hasil baik di Lille, dan selanjutnya pertandingan melawan Ajax nantinya sangat sulit karena mereka tim yang tangguh.”

Efek Abraham

Dan, pemain yang diharapkan memimpin Chelsea ketika menghadapi juara Eredivisie itu adalah Tammy Abraham. Sejauh ini, ia pencetak gol terbanyak The Blues dengan sembilan gol, termasuk satu di Liga Champions dalam partai melawan Lille untuk membuka raihan golnya di turnamen tersebut.

Meskipun striker 22 tahun itu tak menambah golnya dalam kemenangan atas The Magpies, Lampard terkesan oleh kontribusi dan cara Abraham memperlihatkan progres permainannya setiap minggu. “Banyak hal yang Anda lihat dari Tammy (Abraham): fisik, gerakan, dan antusiasme untuk jadi masalah bagi para bek,” kata sang pelatih.

“Saya punya masalah bagus di depan. Olivier Giroud dan Michi Batshuayi sepatutnya dapat kredit karena menunjukkan profesionalisme, latihan di level A, dan kelak juga akan mendapat peluang karena ini musim yang panjang. Tapi saat ini Tammy  dengan gol-golnya yang telah membawa klub ke tempat kami pada saat ini.”

Lampard menyebut Abraham ibarat sebuah spons. “Dia ingin selalu mendengarkan, jadi lebih baik, mencetak lebih banyak gol, meningkatkan permainannya, dan membantu timnya. Dia mendapat pembinaan latihan yang baik. Gol dan penampilannya, jadi bukti apa yang bisa dia lakukan di level ini dan semoga bisa lebih tinggi lagi,” ucap Lampard.

Tuntutan Giroud

Kemajuan Abraham di sisi lain berefek buruk bagi Giroud yang musim ini lebih banyak duduk di bangku cadangan. Ketika mencetak dua gol timnas Prancis di kualifikasi Piala Eropa 2020 atas Islandia dan Turki, striker 33 tahun itu mengaku akan melihat situasi pada Januari, meski fokusnya adalah mendapat lebih banyak menit bermain di klub.

“Saya sudah berbicara dengan Ollie (Giroud). Saya menghormati semua anggota skuat, terutama pemain senior sepertinya. Saya terkejut saat dia berbicara kepada saya, mengejutkan saya dengan kata-katanya sebelum pergi untuk tugas dengan Prancis,” kata Lampard mengungkapkan.

“Tetapi saya mengerti mengapa dia tidak senang karena jarang bermain. Saya katakan kepada Ollie, dia pasti akan bermain dan memberi pengaruh besar bagi kami. Saat ini Tammy yang bermain. Saya akan senang hati duduk dengan Ollie di bulan Januari, tapi itu masih jauh, jadi kita akan lihat nanti.”***NURUL IKA HIDAYATI

 

 

loading...
I
Penulis
I Gede Ardy E
news
news