news
LIGA 1
Bermain di Jakarta,Ini Permintaan Persib soal Pengamanan Tim
22 October 2019 14:10 WIB
berita
Bek Persib Ardi Idrus berjalan melewati rantis yang dipersiapkan untuk mengangkut pemain Persib dalam sebuah laga beberapa waktu lalu/Foto: TopSkor/Ady Sesotya
BANDUNG – Bhayangkara FC memang tidak memiliki basis suporter fanatik. Setiap laga kandang, jumlah suporter mereka tidak sebesar kontestan Liga 1 2019 lainnya. Juga, antara Bharamania, sebutan suporter Bhayangkara FC, dan bobotoh tidak pernah terjadi gesekan sedikit pun. Aman dan damai.

Tapi, ketika Persib Bandung tandang ke Stadion PTIK, Jakarta Selatan, suka tidak suka, pengamanan harus jadi perhatian utama. Tidak bisa diabaikan, meski tuan rumah sudah mengampanyekan laga kedua tim yang sedang bergeliat prestasinya, terlarang bagi bobotoh dan hanya boleh ditonton Bharamania.




Baca Juga :
- Kontrak Habis Desember 2019, Dua Pemain Asing Persib Menunggu Nasib
- Persib Bawa Semua Pemain untuk Babak 8 Besar Liga 1 U-18 2019




Panitia pelaksana (panpel) pertandingan Bhayangkara FC tidak mau ambil risiko. Mereka tahu betul saat Maung Bandung tandang ke Stadion Pakansari meladeni Tira Persikabo, Omid Nazari dan Febri Hariyadi jadi korban pelemparan batu. Oknum pelakunya pun sampai sekarang tidak jelas orang iseng atau kelompok suporter tertentu. Semuanya masih gelap.

Padahal lokasi kejadian itu di perbatasan, bukan di Jakarta, tempat perseteruan antara bobotoh dan The Jakmania masih panas dan meruncing. Kebetulan kandang Bhayangkara berlokasi di Jakarta. Bukan tidak mungkin ada letupan yang tidak diinginkan kembali mengganggu kubu Maung Bandung.


Baca Juga :
- Kim Jefrrey Kurniawan, awalnya Dicemooh dan Didemo, namun Kini Jadi Idola Bobotoh
- Manajemen Menilai Persib Berpeluang Menempati Posisi Dua atau Tiga Besar


"Sudah pasti kami ingin diberikan standar keamanan maksimal saat away ke kandang Bhayangkara. Itu untuk menghindari situasi yang tidak diinginkan. Kami ingin semua berjalan sesuai harapan dan tidak ada kejadian yang tidak diinginkan," kata Direktur PT Persib Bandung Bermartabat, Teddy Tjahjono, Senin (21/10).

Soal teknis pengamanannya, Teddy belum bisa berbicara gamblang. Kubu Persib bersama Bhayangkara sedang berdiskusi dan merumuskan pengamanan yang paling baik. "Teknisnya sedang kami koordinasikan dengan Bhayangkara FC," ujar Teddy kepada TopSkor.

Bentrok The Guardian dengan Pangeran Biru di Stadion PTIK bukan kali pertama terjadi. Musim lalu Maung Bandung tampil di PTIK tanpa gangguan apa pun. Situasi ini tentu diharapkan berulang, karena seperti itulah sejatinya laga sepak bola yang diharapkan penggemarnya.

"Tentu saja akan kami siapkan pengamanan ekstraketat dalam laga ini. Termasuk menyiapkan rantis (kendaraan taktis) bila diperlukan," ujar manajer Bhayangkara FC, AKBP Sumardji.

"Ya, kita percayakan saja kepada panpel Bhayangkara FC mengenai prosedur keamanan untuk pertandingan menjamu Persib. Kami percaya kepada mereka dan terpenting pertandingan berlangsung aman," manajer Persib Umuh Muchtar menimpali.*Dani Wihara

loading...
news
Penulis
Kunta Bayu Waskita
Nyaman di Harian TopSkor, Mantap di TopSkor.id
news
news