news
INFOGRAFIS
Belanja Manchester United Belum Sesuai Ekspekstasi
19 October 2019 13:25 WIB
berita
Dari empat pelatih tetap Man. United setelah Sir Alex Ferguson mundur pada pertengahan 2013, Jose Mourinho yang terbanyak menghabiskan uang untuk belanja pemain, yakni 371,5 juta paun.
MANCHESTER – Keputusan Sir Alex Ferguson untuk mengakhiri kariernya sebagai pelatih Manchester United (MU) FC pada 2013 jadi bom waktu. Sebab, sejak saat itu, Setan Merah belum sekali pun mencicipi trofi Liga Primer. Padahal, dalam periode itu, MU sudah merekrut berbagai pelatih ternama, termasuk Jose Mourinho pada 2016 hingga 2018.

Namun, hasilnya jauh panggang dari api. Pencapaian terbaik di Liga Primer, mentok sebagai runner-up pada 2017/18. Padahal, manajemen sudah jor-joran mengeluarkan dana hingga lebih dari 1 miliar euro demi merekrut pemain top dunia. Namun, tanpa Ferguson, kehadiran berbagai megabintang itu di Old Trafford bak anak ayam kehilangan induk.




Baca Juga :
- Rodri Akui Pelatih Man City Pengaruhi Permainannya
- Jadwal Liverpool hingga Akhir Tahun Masih Relatif Mudah




Memang, selain runner-up Liga Primer dua musim lalu, MU sudah meraih ketiga gelar: Liga Europa 2016/17, Piala Liga 2016/17, dan Piala FA 2015/16. Namun, semuanya itu tergolong trofi minor dibanding Liga Primer pada level domestik atau Liga Champions di Eropa.

Berikut, peran empat pelatih di bursa transfer sejak menggantikan Ferguson. Kecuali, Ryan Giggs yang sebatas caretaker karena menangani MU kurang dari sebulan pada 22 April hingga 11 Mei 2014.


Baca Juga :
- MU Siapkan Pilihan Komposisi Lini Tengah jika Pogba Kembali
- Van Dijk Miliki Koneksi Khusus dengan Klopp


David Moyes

Disebut sebagai calon suksesor Ferguson karena sama-sama berasal dari Skotlandia. Nyatanya, Moyes harus melepas jabatan dengan prematur. Padahal, dia sudah mendapat dukungan dari manajemen dengan mendatangkan Juan Mata dari Chelsea FC senilai 44,74 juta euro. MU juga merekrut Marouane Fellaini dengan harga cukup tinggi, 32,4 juta euro.  

Louis Van Gaal

Kehadiran pelatih berkebangsaan Belanda ini disambut antusiasme fan MU karena kapasitasnya pada level klub dan negara. Bahkan, manajemen rela merogoh ratusan juta euro demi mendukungnya. Termasuk, Angel Di Maria yang direkrut dari Real Madrid CF senilai 75 juta paun yang saat itu jadi rekrutan termahal dalam sejarah MU.

Jose Mourinho
Pria berjulukan The Special One langsung menggemparkan dunia usai merekrut Paul Pogba dari Juventus dengan mahar 105 juta paun. Itu jadi rekor transfer termahal, tidak hanya di MU saja, melainkan dunia. Namun, Mourinho juga turut andil dalam kegagalan transfer terburuk Setan Merah saat mendatangkan Alexis Sanchez. Sebab, gaji penyerang asal Cile itu terlalu besar yang tidak sebanding dengan kontribusinya. Alhasil, musim panas lalu, Sanchez pun dipinjamkan ke FC Internazionale.

Ole Gunnar Solskjaer
Musim penuh perdananya langsung disodori nyaris 150 juta euro untuk belanja pemain. Harry Maguire jadi yang termahal dengan harga 87 juta euro diikuti Aaron Wan-Bissaka 55 juta euro, dan Daniel James 17 juta euro. Sejauh ini, di antara ketiganya, baru James yang memperlihatkan peran signifikan berkat tiga golnya di Liga Primer. Gelandang asal Wales ini pun dinobatkan sebagai pemain terbaik MU pada Agustus lalu.

Di sisi lain, kehadiran tiga pemain pada musim panas lalu itu tidak cukup. Manajemen MU siap merekrut beberapa nama lagi pada bursa transfer Januari mendatang. Salah satunya, Moussa Dembele dari Olympique Lyon yang harganya mencapai 71 juta paun (sekitar Rp1,2 triliun).

Wakil Ketua Ekskutif MU Ed Woodward pun menegaskan dukungan penuh terhadap Solskjaer. Termasuk, dalam merekrut pemain yang jadi proyeksi penting bagi The Red Devils ke depannya. Kendati, Woodward juga enggan melupakan produk akademi yang musim ini beberapa di antaranya terbukti sukses mencuri perhatian.

“Visi Solskjaer memetakan kami pada tiga tujuan inti sepak bola. Yaitu, kami harus memenangkan trofi, bermain dengan gaya menyerang, dan memberi kesempatan pemain muda,” kata Woodward, optimistis.***CHOIRUL HUDA DARI BERBAGAI SUMBER


Lima Rekrutan Termahal dalam Sejarah Manchester United
Paul Pogba Gelandang         - Juventus → Man. United (2016)    89 juta paun
Harry Maguire Bek                - Leicester → Man. United (2019)   80 juta paun
Romelu Lukaku Striker         - Everton → Man. United (2017)     75 juta paun
Angel Di Maria Gelandang    - Madrid → Man. United (2014)       59 juta paun
Fred Rodrigues Gelandang  - Shakhtar → Man. United (2018)   47 juta paun

 

loading...
T
Penulis
Tri Cahyo Nugroho
news
news