news
LIGA SPANYOL
Savic Cedera, Kans Felipe
18 October 2019 14:04 WIB
berita
Bek Atletico, Felipe Monteiro siap mengambil alih tugas Stefan Savic yang sedang cedera. –Topskor/Ist
 

MADRID – Jeda internasional terkini membuat Atletico Madrid kehilangan pemain kuncinya, Stefan Savic. Bek tengah itu mengalami cedera otot tingkat dua di hamstring kiri ketika memperkuat Montenegro di laga melawan Bulgaria (11/10). Kendati demikian, selalu ada hikmah di balik musibah. Cederanya Savic ternyata membuka peluang bermain bagi bek Atletico lain seperti Felipe Monteiro.




Baca Juga :
- Permintaan Griezmann pada Barca: Percayalah!
- Rodri: Saya Hadapi Semua sebagai Tantangan




Sejak kompetisi dimulai, pemain asal Brasil itu memang jarang diberikan kesempatan oleh pelatih Atletico, Diego “El Cholo” Simeone. Namun penampilan luar biasa yang diperlihatkannya ketika melawan Celta Vigo, RCD Mallorca, dan Lokomotiv Moskow memberikan harapan ia kelak bisa diandalkan El Cholo.

Juru taktik asal Argentina itu pun mengakui keberadaan Felipe membuatnya memiliki opsi di lini belakang. “Felipe telah mengalami perkembangan. Dia berjuang ketika pramusim. Pada beberapa pertandingan persahabatan ia juga terus berusaha berkomunikasi dengan rekannya agar bisa terlibat dalam permainan. Ini membuat kami memiliki banyak opsi dan karakteristik yang berbeda. Tak ada satu pun dari (Jose Maria) Gimenez, Savic, Felipe, dan (Mario) Hermoso yang bertipikal sama,” kata Simeone.


Baca Juga :
- Soldado Ingin Akhiri Paceklik Gol
- Cobaan Diego Costa, 2019 Menjadi Tahun Terberat Striker Atletico Itu


Felipe nantinya akan diduetkan dengan Gimenez di jantung pertahanan. Gimenez juga kemungkinan akan dikembalikan ke sebelah kanan. Ketika bersama Savic, pemain asal Uruguay itu terpaksa ditempatkan di sebelah kiri, di mana ia terlihat kurang nyaman. Ketika Atletico menghadapi Celta , komposisinya sama: Gimenez di kiri dan Felipe di kanan.

Kendati begitu, saat menghadapi Mallorca, Felipe bermain di sisi kiri saat berduet dengan Savic, pun saat menghadapi Lokomotiv (dipasangkan dengan Gimenez). Di luar itu, penampatan sisi kiri maupun kanan bukanlah masalah karena di tim milik Simeone, hampir semua pemain dituntut fleksibel. Apalagi jam terbang tinggi juga dimiliki Felipe.

 “Di (FC) Porto saya hampir selalu berada di kanan (jantung pertahanan), saya melakukan itu selama tiga tahun. Tetapi di Brasil saya bermain di kiri, namun itu sudah sangat lama. Saya merasa nyaman. Sedikit berbeda ketka membawa bola,” kata Felipe ketika diwawancarai oleh media asal Spanyol, AS.

Opsi Hermoso

Cederanya Savic bukan hanya membuka peluang bagi Felipe, melainkan juga Hermoso. Pemain Spanyol ini memulai pramusim sebagai alternatif  Gimenez yang tidak ikut serta karena membela Uruguay di Piala Amerika 2019. Namun setelah Gimenez kembali, Hermoso dicadangkan, tetapi menjadi opsi pertama untuk dipilih.

Hermoso bermain selama 28 menit di jornada pertama, sebagai fullback kiri karena Renan Lodi terkena kartu merah. Tetapi sejak pekan ketiga, dia tak mendapatkan menit bermain hingga tampil dari bangku cadangan pada menit ke-84 melawan Lokomotiv.

Simeone sadar bahwa Hermoso adalah pemain yang perlu dibimbing oleh Atletico, karena dirinya merupakan prospek penting untuk masa depan. Fleksibilitasnya mengisi banyak pos di pertahanan merupakan salah satu keunggulan mantan bek RCD Espanyol ini.* GOGOR HAKIM DARI BERBAGAI SUMBER

 

loading...
D
Penulis
Dini Wulandari
news
news