news
TOP INTERVIEW
Saya Masih Merasa Berusia 25 Tahun tapi...
18 October 2019 14:50 WIB
berita
Lionel Messi bersama istri dan dua putranya saat menerima penghargaan Sepatu Emas keenamnya pada Rabu (16/10). –Topskor/Ist
WAWANCARA: LIONEL MESSI

BARCELONA – Setelah resmi menerima Sepatu Emas 2019 atau koleksi keenamnya, Lionel Messi menyempatkan diri berbicara secara eksklusif kepada Marca. Megabintang FC Barcelona ini telah memiliki pandangan baru soal sepak bola di usia yang tak lagi muda (32 tahun). Ia pun bicara banyak, mulai dari kondisinya, rekan, rival, hingga keluarga. Berikut selengkapnya:




Baca Juga :
- Salam Perpisahan Ibrahimovic, Sinyal Selanjutnya di Bologna
- Rencana Barca: Tiga Out, Nol Rekrutan




Tahun ini Anda melewatkan beberapa laga karena cedera. Bagaimana perasaan Anda kini karena tubuh Anda meminta lebih banyak istirahat?

Ini hal yang sulit karena dalam pikiran kita merasa baik-baik saja: masih seperti berusia 25 tahun dan berpikir bisa terus melakukan hal sama (seperti sebelumnya). Sebaliknya tubuh yang memegang kendali dan ada situasi di mana saya harus lebih memperhatikan kondisi dibandingkan sebelumnya, perlu menyikapi pertandingan dan latihan dengan cara yang berbeda.


Baca Juga :
- Barca Belum Ideal, Valverde Masih Bongkar Pasang Starting 11
- Ini Bukan Periode Terburuk Ronaldo


Cristiano Ronaldo dan Zlatan Ibrahimovic mampu mempertahankan kondisinya, sementara Anda tidak....

Saya lebih suka orang yang berbicara tentang diri saya. Saya tahu siapa saya, apa yang saya lakukan dan apa yang bisa saya berikan, tetapi saya simpan sendiri. Orang dapat mengatakan segalanya. Saya tidak suka berbicara tentang diri saya sendiri.

Apa Anda tahu berapa lama Anda akan bertahan?

Anda menyadari sendiri berapa lama Anda bisa terus (bermain). Saya akan mencari tahu dari waktu ke waktu. Saya akan menjadi yang pertama mengatakan, “saya tidak bisa melakukannya lagi” atau saya merasa senang melanjutkan.

Apakah Anda melihat diri Anda berkembang dari waktu ke waktu menjadi gelandang?

Saya tidak tahu, itu tergantung bagaimana kelanjutannya. Sekarang saya biasanya beroperasi lebih ke dalam (di lapangan) untuk menerima dan melakukan kontak dengan bola serta lini tengah. Saya tak tahu apa yang akan terjadi di masa depan.

Ada perdebatan terbuka di Jerman soal siapa yang jadi kiper utama timnas. Menurut Anda siapa yang terbaik antara Marc-Andre ter Stegen dan Manuel Neuer?

Mereka kiper hebat dengan karakteristik mirip. Mereka membaca permainan dengan sangat baik; bisa bermain dengan kaki seperti gelandang; dan sangat cepat di sebuah peluang. Saya mengenal Marc dengan baik dan saya bisa membicarakannya. Tapi saya tak melihat latihan Neuer dan saya tidak biasa menonton pertandingannya.

Apa kualitas terbaik Frenkie de Jong?

Sangat mudah baginya beradaptasi dengan tim karena dia memiliki filosofi yang sama di AFC Ajax. Dia tumbuh dengan ide yang sama dan cara main yang sama, meskipun di sana dia tidak memiliki banyak bermain sebagai anterior (sedikit lebih maju daripada gelandang bertahan). Sebagai pivot (gelandang bertahan) dia merasa lebih nyaman, tapi dia telah beradaptasi dengan baik. Dia suka memiliki bola, memainkan umpan pendek di antar lini, dan punya langkah yang sangat cepat dan kuat. Dia adalah pesepakbola yang sangat lengkap.

Pendapat Anda tentang perekrutan Radamel Falcao oleh Galatasaray SK?

Dia striker hebat yang mencetak banyak gol. Ke mana pun dia pergi dia mencetak gol. Dia pemain yang sangat kuat di kotak penalti dengan lompatan dan sundulannya, dan menembak dengan kedua kakinya.

Apakah Anda terkejut dengan FC Internazionale asuhan Antonio Conte?

Saya tidak terkejut karena kami tahu apa yang akan kami lihat. Saya telah melihat mereka di liga Italia. Kami telah mempelajari mereka sebelum saling berhadapan dan kami tahu mereka tim yang sangat rapi.

Mengapa begitu sulit untuk mengalahkan pemain seperti Virgil van Dijk?

Dia bek yang tahu penempatan waktu dan menunggu saat yang pas untuk menusuk atau mengganggu (penyerang). Dia sangat cepat dan besar, punya banyak ketangkasan untuk memanfaatkan tinggi badannya. Dia cepat karena langkahnya yang hebat, dan mengesankan pula di serangan karena mencetak banyak gol.

Cristiano selalu merekomendasikan untuk meninggalkan zona nyaman Anda di Barca dan mencari liga lain, seperti yang telah ia lakukan empat kali....

Semua orang mencari target dan pengalaman mereka. Saya tidak pernah perlu meninggalkan klub terbaik di dunia, yaitu Barcelona, ??dan di mana saya menikmati pelatihan, permainan, dan kota. Ini sangat lengkap dan saya selalu yakin tentang target di klub (daripada pergi) mencarinya di tempat lain.

Meski telah memenangkan segalanya, tapi Anda belum juga meraih Trofi Puskas?

Saya selalu mengatakan trofi pribadi bukanlah target saya. The Best, Ballon d'Or ataupun Golden Boot bukan harapan saya, dan juga gol terbaik (Puskas). Jika saya meraihnya itu hal yang bagus tapi jika tidak maka bukan masalah.***TAUFANI RAHMANDA DARI BERBAGAI SUMBER

 

BOKS

Khusus Tentang Keluarga

Apa yang paling Anda kagumi dari Antonella Roccuzzo (istri Messi)?

Yang benar adalah bahwa saya mengagumi segalanya. Ia punya banyak sifat baik. Bagaimana kehidupan sehari-hari, kepribadiannya, selalu dalam suasana hati yang baik, dan terus menghadapi masalah dengan cara yang mengagumkan. Dia adalah orang yang sangat cerdas yang hebat dalam semua aspek kehidupan.

Bagamaiana tentang Thiago (anak pertama Messi)?

Thiago, meskipun usianya baru akan menginjak tujuh tahun sekarang, dia adalah orang yang sangat dewasa dan begitu cerdas. Dia seorang pria terhormat. Dan Ciro (anak ketiga) mirip dengan Mateo (kedua), atau mungkin lebih berbeda, kita akan lihat.

Apa hidangan Spanyol favorit Anda?

Saya selalu mengatakan bahwa itu yang dipanggang, milanesa (pasta daging dilapisi tepung roti) atau pasta. Jenis makanan yang saya sukai adalah sesuatu yang sangat sederhana.

Bagaimana dengan minuman?

Saya suka minuman yang panas dan pahit. Saya dulu meminum sesuatu yang manis, tapi kemudian terbiasa dengan minuman pahit dan selalu seperti itu.

Bagaimana dengan “hidangan terlarang”?

Sedikit coklat, dulce de leche (karamel) atau es krim. Saya suka apa pun yang manis. Saya berusaha untuk tidak terlalu banyak mengonsumsinya, tapi saya suka itu.

Apakah Anda punya kebiasaan tersendiri?

Banyak. Sebelum tidur saya ingin meja sudah siap untuk paginya. Dan selama sarapan setiap orang selalu berada di tempat mereka, di tempat yang sama. Ketika saya sampai di rumah, saya segera melepas sepatu dan jika saya percaya dengan orang lain saya pun melakukannya di rumah mereka. Kemudian saya juga memiliki orang lain yang saya sukai untuk saya simpan sendiri.*???????TAUFANI RAHMANDA DARI BERBAGAI SUMBER

 

loading...
D
Penulis
Dini Wulandari
news
news