news
LIGA SPANYOL
Isco-James, Solusi Lini Tengah Madrid
18 October 2019 09:34 WIB
berita
Gelandang Madrid, Isco Alarcon dan James Rodriguez berpeluang tampil dari menit pertama saat menyambangi Mallorca di laga LaLiga pekan ini. –Topskor/Ist
MADRID – Pekan intens Real Madrid akan dimulai Sabtu (19/10) ini di Stadion Son Moix, kandang RCD Mallorca. Empat hari berselang ada duel lawan Galatasaray SK di Liga Champions serta laga El Clasico menghadapi FC Barcelona. Untuk pertandingan terdekat, pelatih Zinedine Zidane harus dipusingkan dengan mepetnya persiapan mengingat beberapa pemain baru tiba dari bela negaranya masing-masing.

Sektor lini tengah menjadi masalah terbesar pelatih asal Prancis tersebut sekarang ini. Para gelandangnya cedera dan lainnya mengalami kelelahan. Toni Kroos dan Luka Modric dipastikan absen di jornada sembilan nanti karena cedera. Sementara Carlos Casemiro belum mendapat istirahat cukup setelah selalu dimainkan, lagipula dia harus hati-hati karena telah mengumpulkan empat kartu kuning.




Baca Juga :
- Madrid Temukan Pengganti Ronaldo, Pemain Brasil Ini Baru 18 Tahun
- Zidane’s Comeback, Mengubah Madrid dari Kritis ke Fantastis




Gelandang lainnya, Federico Valverde baru akan menjalani satu latihan usai kembali dari timnas Uruguay. Minimnya opsi lini tengah memang menjadi problem utama saat ini setelah Madrid meminjamkan Dani Ceballos dan Diego Llorente. Di Valdebebas saat ini hanya ada James Rodriguez dan Isco Alarcon yang bisa dioptimalkan dan diharapkan jadi solusi di lini tengah.

James memang tidak disertakan pelatih Carlos Queiroz memperkuat Kolombia, sementara Isco sudah beraksi kembali selama 20 menit saat menggantikan Eden Hazard di laga melawan Granada CF (jornada delapan). Kini, absennya Kroos dan Modric jadi peluang James dan Isco untuk kembali jadi figur kunci di Madrid.


Baca Juga :
- Piala Super Spanyol Digelar di Arab Saudi, Protes Pun Berdatangan
- Update Hasil dan Klasemen La Liga Spanyol, Senin Dini Hari WIB


Di masa lalu, dua gelandang serang ini ikut berperan dalam memberikan kejayaan untuk Los Merengues –julukan Madrid– meski tidak mengalami karier yang indah. Musim ini, James berhasil mengambil hati Zidane dan mengisi satu dari tiga posisi lini tengah Madrid. Isco juga punya peluang jika Zidane memutuskan mengubah formula menjadi empat gelandang, yang di masa lalu ia berperan sangat bagus di skema ini.

Pada 2016/17, saat Zidane mengantar Madrid menjadi juara LaLiga dan Liga Champions, James dan Isco mampu bekerja sama dengan apik di kompetisi domestik. Mereka masuk dalam tim Madrid B, dengan Isco mencetak 11 gol dan 9 assist dari semua ajang, sedangkan James juga membukukan 11 gol dan mencetak 12 assist. Artinya duo ini menyumbang total 22 dan 21 assist!

 

Depan dan Belakang Oke

Di luar itu, untuk lini depan dan pertahanan, Zidane cenderung tak memiliki masalah. Dia memiliki Karim Benzema dan Luka Jovic, yang absen membela timnas. Kemudian Zidane juga masih memiliki Brahim Diaz dan Vinicius Junior yang menunjukan peningkatan dalam dua minggu terakhir.

Satu-satunya keraguan di sektor serang adalah kondisi dari Gareth Bale yang mengalami cedera usai mengalami benturan saat memperkuat Wales dan dipastikan absen. Dia akan menjalani proses penyembuhan agar bisa tampil melawan Galatasaray atau Barcelona.

Di lini belakang Zidane punya beberapa alternatif. Sergio Ramos tak dimainkan ketika melawan Swedia (15/10), jadi kondisinya fit untuk diturunkan. Lalu Marcelo Vieera dan Ferland Mendy tak dipanggil oleh negaranya. Sementara Eder Militao dan Raphael Varane bisa diistirahatkan.*** DINI WD/GOGOR HAKIM DARI BERBAGAI SUMBER

 

 

D
Penulis
Dini Wulandari
news
news