news
LIGA INTERNASIONAL
Berebut 18 Posisi yang Masih Tersedia
17 October 2019 07:40 WIB
berita
Juara Piala Eropa tiga kali (1964, 2008, 2012), Spanyol, menjadi tim keenam yang memastikan lolos ke putaran final setelah Selasa (15/10) malam lalu ditahan tuan rumah Swedia di Friends Arena, 1-1, pada laga Grup F kualifikasi.
ZURICH - Dua pertandingan lagi, digelar pada November mendatang, fase kualifikasi Piala Eropa 2020 akan berakhir. Meskipun begitu, baru enam negara yang memastikan lolos lewat jalur ini, yaitu Ukraina (dari Grup B), Spanyol (Grup F), Polandia (Grup G), Belgia dan Rusia (Grup I), serta Italia (Grup J).

Setelah delapan matchday di kualifikasi, keenam negara dipastikan lolos ke putaran final. Italia dan Ukraina bahkan telah juga memastikan keluar sebagai juara grup. Ini posisi yang sangat penting. Maklum, hanya enam juara grup dengan catatan terbaik di kualifikasi yang akan dimasukkan dalam pot 1 saat undian Piala Eropa 2020 digelar di Bukares, Rumania pada 30 November mendatang.




Baca Juga :
- Mancini Janjikan Permainan yang Sulit Ditebak
- Jadwal Semifinal Piala Dunia U-17 2019, Meksiko Vs Belanda, Prancis Vs Brasil




Kualifikasi akan meloloskan 20 negara yang terdiri dari juara dan runner-up grup. Karena Piala Eropa akan diikuti 24 tim, praktis masih ada 18 tiket yang diperebutkan; 14 dari kualifikasi dan empat sisanya dari play-off yang pesertanya ditentukan berdasarkan prestasi di Liga Negara-negara Eropa (LNE) 2018/19.

Di pihak lain, sudah ada 14 tim yang dipastikan tidak akan lolos ke putaran final, baik lewat jalur kualifikasi maupun jalur play-off. Mereka adalah Montenegro, Siprus, Estonia, Albania, Lituania, Kazakstan, Moldova, Gibraltar, Kepulauan Faroe, Latvia, Liechtenstein, Andorra, Malta, dan San Marino.


Baca Juga :
- Singkirkan Italia, Brasil Lolos ke Semifinal Piala Dunia U-17 2019
- Sudah 35 Tahun, Adidas Jadi Sponsor Jersey Timnas Spanyol Lagi, Enggak Bosan?


Sementara itu, sembilan tim bisa memastikan tiket ke putaran final pada matchday 9 yang akan digelar antara 14 dan 16 November tanpa bergantung pada hasil-hasil dari tim-tim lain. Empat di antaranya, Republik Ceko (Grup A), Swedia (F), Prancis (H), dan Finlandia (J), masing-masing harus mengalahkan Kosovo, Rumania, Moldova, dan Liechtenstein untuk lolos.

Tugas lebih ringan berlaku bagi lima tim lainnya karena mereka hanya butuh hasil imbang untuk memastikan tempat di putaran final. Mereka adalah Inggris (Grup A), Belanda (C), Kroasia (E), Austria (G), dan Turki (H) yang masing-masing akan melawan Montenegro, Irlandia Utara, Slovakia, Makedonia Utara, dan Islandia.

Ada juga empat tim yang bisa memastikan lolos ke putaran final pada matchday 9, tapi nasib mereka tidak sepenuhnya bergantung pada diri sendiri. Salah satunya juara Piala Eropa 2016 dan LNE 2018/19 Portugal. Seleccao bukan saja harus mengalahkan Lituania, tapi juga berharap Serbia tidak menang lawan Luksemburg.

Selanjutnya ada Jerman di Grup C yang hanya akan dipastikan lolos sebelum matchday terakhir jika menang atas Belarus dan Irlandia Utara tidak menang lawan Belanda. Die Mannschaft juga akan tetap lolos meski hanya imbang lawan Belarus. Syaratnya, Irlandia Utara harus kalah dari Belanda. 

Di Grup D, Denmark dan Swiss sama-sama berpeluang memastikan tempat putaran final pada matchday 9. Tapi, hanya salah satu dari mereka yang bisa melakukan itu. Tim Dinamit harus mengalahkan Gibraltar dan berharap Swiss kalah dari Georgia. Sebaliknya, The Nati harus menang lawan Georgia dan berharap Denmark tidak mengalahkan Gibraltar.

Selain keempat tim tersebut, peluang lolos ke putaran final lewat jalur kualifikasi, secara matematis juga masih dimiliki oleh 13 tim lainnya. Mereka adalah Kosovo, Serbia, Irlandia Utara, Hungaria, Wales, Rumania, Norwegia, Makedonia Utara, Slovenia, Islandia, Bosnia-Herzegovina, Israel, dan Armenia.

Di pihak lain, Skotlandia, Georgia, dan Belarus sudah dipastikan tidak akan lolos melalui jalur kualifikasi. Tapi, tidak perlu bersedih karena masih bisa berjuang melalui jalur play-off berkat prestasi di LNE 2018/19. Skotlandia adalah juara Grup 1 Liga C sementara Georgia dan Belarus masing-masing juara Grup 1 dan Grup 2 Liga D.

Peluang menembus putaran final lewat jalur play-off juga berlaku bagi 13 tim yang masih berpeluang lolos lewat jalur kualifikasi. Mereka adalah Portugal, Belanda, Inggris, Swiss, Bosnia-Herzegovina, Denmark, Swedia, Austria, Norwegia, Serbia, Finlandia, Makedonia Utara, dan Kosovo.

Sebaliknya, Bulgaria, Yunani, Luksemburg, dan Azerbaijan tidak lagi punya peluang lolos melalui jalur kualifikasi. Tapi, keempat tim ini belum benar-benar “mati”. Mereka masih bisa berusaha lewat jalur play-off menggantikan juara-juara grup LNE yang telah lolos lewat jalur kualifikasi.***RIJAL ALFURQON DARI BERBAGAI SUMBER

T
Penulis
Tri Cahyo Nugroho
news
news