news
LIGA INGGRIS
Liverpool Perlu Rutin Ubah Susunan Starter demi Jaga Momentum
17 October 2019 15:16 WIB
berita
Pelatih Juergen Klopp perlu mencari solusi agar Liverpool bisa menjaga kondisi skuatnya, salah satunya dengan melakukan transisi berkala dalam komposisi starter./AFP
LIVERPOOL – Liverpool FC tampil fantastis sepanjang Liga Primer 2019/20. Mohamed Salah dan kawan-lawan selalu menang dalam delapan laga awal dan kokoh di puncak klasemen dengan keunggulan delapan poin dari rival terdekat, Manchester City FC. Kini banyak yang ingin melihat sejauh mana The Reds mampu bertahan. Pasalnya, tak sedikit yang meyakini mereka bakal tersandung.

Adalah tugas Juergen Klopp untuk mengantisipasi kemungkinan buruk tersebut terjadi. Pelatih Liverpool itu telah mengatakan bahwa akan sulit bagi timnya untuk menjaga rekor 100 persen kemenangan. Logikanya sangat sederhana, The Reds terlibat dalam banyak kompetisi. Selain Liga Primer, mereka juga harus membagi fokus di Liga Champions, Piala Liga (Carabao Cup), dan Piala FA. 




Baca Juga :
- Mengintip Statistik Performa Liverpool
- Rodri Akui Pelatih Man City Pengaruhi Permainannya




Dua musim sebelumnya, Man. City juga diyakini akan mampu meniru Arsenal FC yang tak terkalahkan saat jadi kampiun Liga Primer 2003/04. Pasukan Josep “Pep” Guardiola memang sukses keluar sebagai juara, namun mereka gagal menyamai pencapaian The Gunners. “Anda tahu betapa kompetitifnya Liga Primer. Jadi kemungkinan terpeleset di tengah jalan sangat besar,” ujar bek kiri Liverpool Andy Robertson realistis.

Selain itu, target utama The Reds adalah meraih trofi Liga Primer, bukan menjadi tim yang invicibles (tak terkalahkan). Hal tersebut yang menjadi fokus Klopp dan timnya. Kini mereka harus kembali bersiap setelah jeda internasional selama hampir dua pekan. Jadwal padat telah menanti. Liverpool akan melakoni tujuh laga dalam tiga kompetisi berbeda sepanjang satu bulan ke depan.


Baca Juga :
- Jadwal Liverpool hingga Akhir Tahun Masih Relatif Mudah
- Van Dijk Miliki Koneksi Khusus dengan Klopp


Perjalanan akan diawali dengan lawatan ke Stadion Old Trafford, menghadapi tuan rumah Manchester United FC dalam lanjutan Liga Primer, Minggu (20/10). Setelah itu, The Reds di antaranya akan bertemu KRC Genk di Liga Champions, Tottenham Hotspur FC di liga domestik dan Arsenal FC di ajang Piala Liga (Carabao Cup), sampai duel krusial dengan Man. City di Stadion Anfield pada 10 November mendatang.

Liverpool ingin terus menjaga keunggulan delapan poin, minimal hingga pertemuan dengan The Citizens. Untuk mewujudkannya, margin kesalahan wajib diminimalkan. Salah satu cara esensial adalah dengan melakukan transisi. Perubahan komposisi tim secara berkala diyakini urgen untuk dilakukan Klopp. Langkah ini perlu diambil demi membuat skuatnya, terutama pemain andalan, tetap bugar.

Sepanjang musim ini, Klopp telah menurunkan 28 anggota skuatnya dalam 13 laga yang telah dilakoni di semua kompetisi. Namun ada beberapa nama yang jarang keluar dari daftar starter. Di lini pertahanan Virgil Van Dijk, Andy Robertson, dan Trent Alexander-Arnold diistirahatkan hanya saat menghadapi MK Dons FC di Piala Liga. Selebihnya, mereka selalu starter.

Hal sama berlaku untuk Fabinho dan Georginio Wijnaldum di tengah serta Mohamed Salah dan Roberto Firmino di sektor serangan. Jika terus memaksakan pemain-pemain bintangnya tampil di setiap laga, ancaman cedera sangat mungkin dialami. Liverpool perlu berkaca kepada Man. City yang kewalahan setelah banyak bek tengah mereka cedera. Klopp perlu memaksimalkan kedalaman skuat The Reds

Liverpool punya opsi yang cukup. Di lini depan, Divock Origi telah membuktikan mampu menjadi pelapis yang perfek untuk trio Salah, Firmino, dan Sadio Mane. Penyerang asal Belgia itu telah terlibat dalam 22 gol dalam 69 laga Liga Primer bersama Liverpool. Klopp juga memiliki striker muda potensial, Rhian Brewster serta winger Xherdan Shaqiri. Di sektor gelandang, pilihannya jauh lebih melimpah.

Nama-nama seperti Jordan Henderson, James Milner, Alex Oxlade-Chamberlain, Adam Lallana, dan Naby Keita bisa gantian dimainkan tanpa mengurangi kualitas tim. Kabar teranyar, kiper utama Alisson Becker sudah siap diturunkan saat melawan MU begitu pula dengan bek Joel Matip. Ini tentu sangat positif bagi The Reds. Di saat keduanya absen, pemain macam Adrian, Joe Gomez, dan Dejan Lovren dapat diandalkan.***     

Komposisi Skuat Liverpool Musim Ini
Pemain digunakan: 28
Pemain tersering tampil starter: Virgil Van Dijk, Andy Robertson, Trent Alexander-Arnold, Fabinho Georginio Wijnaldum, Mohamed Salah, Roberto Firmino (12)
Pemain tersering tampil cadangan: Divock Origi, James Milner (6)
Menit main terbanyak: Virgil Van Dijk (1.110)
Top scorer: Mohamed Salah (6)
Top assist: Roberto Firmino (7)

       

 

   

 

 

loading...
I
Penulis
I Gede Ardy E
news
news