news
UMUM
Timnas U-19 Ingin Obati Kekecewaan Fan Indonesia​​​​​​​
17 October 2019 12:39 WIB
berita
SURABAYA - Timnas Indonesia U-19 akan menjalani laga uji coba internasional menghadapi Cina U-19 di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Kamis (17/10) sore. Pelatih timnas U-19 Fakhri Husaini membidik target kemenangan dalam dua pertandingan melawan Cina.

Kemenangan diharapkan bisa menjadi pelipur lara pencinta sepak bola Tanah Air, lantaran timnas senior Indonesia gagal menampilkan permainan yang memuaskan dalam Pra-Piala Dunia 2022. Tim Merah Putih kalah empat kali secara beruntun, tiga di antaranya takluk di kandang.




Baca Juga :
- Marcelo Lippi Gebrak Meja! Cina Kalah Pelatih Pemenang Piala Dunia Itu Mundur
- TC Timnas Futsal Indonesia Dipisah




Selain itu, Fakhri ingin laga uji coba melawan Cina U-19 ini sebagai tolok ukur kekuatan jelang tampil dalam Pra-Piala Asia (PPA) U-19 2020, pada November 2019 mendatang, di Jakarta.

“Timnas ada berbagai kelompok usia, U-19, U-23, dan senior. Harusnya nasib Indonesia itu di tangan timnas senior karena seberapa banyak gelar yang kami dapatkan tidak akan menaikkan peringkat FIFA. Karena peringkat itu ditentukan oleh seberapa bagus prestasi timnas senior,” kata Fakhri


Baca Juga :
- Beto Terancam Batal ke SEA Games
- Pemain Cadangan Tampil Meyakinkan, Timnas Putri Tekuk Sri Lanka 3-0


Tapi apapun itu, Fakhri akan menjalankan tugas yang dibebankan kepadanya. “Kami juga mengatakan kepada pemain, masyarakat Indonesia juga merindukan kemenangan. Kami akan coba mewujudkan mimpi-mimpi itu,” kata Fakhri.

Dalam PPA U-19 2020, Indonesia tergabung di Grup K bersama dua tim asal Asia Timur, Korea Utara dan Hong Kong, ditambah Timor Leste. Dari uji coba melawan Cina ini, Fakhri berharap skuatnya mendapat pengalaman dan pelajaran bagaimana menghadapi gaya permainan tim Asia Timur. 

Bukan hanya itu, Fakhri juga berharap Cina dapat memberikan tekanan kepada anak asuhnya. “Kami berharap Cina bisa mewakili kekuatan Korea Utara meski ada perbedaan. Paling tidak bisa memberikan tambahan kepercayaan diri bagi pemain untuk nanti melawan Korea Utara dan Hong Kong,” pelatih 54 tahun itu menjelaskan.

Sementara itu pelatih Cina U-19, Cheng Yaodong mengucapkan berterima kasih kepada PSSI karena sudah diundang untuk bertanding. Cheng mengatakan dirinya membawa 25 pemain untuk menghadapi Indonesia, ia berharap pemainnya mendapat manfaat setelah beruji tanding menghadapi timnas U-19 selama dua pertemuan. Pertandingan uji coba kedua melawan Cina akan digelar 20 Oktober mendatang di Bali.

“Kami sudah pernah melihat permainan Indonesia. Mereka memiliki kualitas yang bagus, saya harap ada pertukaran keuntungan di uji coba ini, kami bisa mengambil pelajaran dari Indonesia begitupun sebaliknya,” kata Cheng.

Untuk target, Cheng menyebut tidak berbeda. Cina juga ingin mengetahui cara bermain tim Asia Tenggara. “Karena di kualifikasi Piala AFC nanti kami akan melawan tim seperti Indonesia, yakni Myanmar dan Singapura. Dan kami juga ingin mengambil pelajaran dari tim Asia Tenggara,” Cheng menambahkan.*SUMARGO PANGESTU

 

 

 

 

loading...
R
Penulis
Rizki Haerullah
news
news