news
INFOGRAFIS
Pekerjaan Rumah Timnas Spanyol di Era Moreno
17 October 2019 14:10 WIB
berita
Pelatih Spanyol, Robert Moreno, punya banyak tugas meningkatkan penampilan La Roja.-Topskor/ist
SOLNA – Tim nasional Spanyol dipastikan lolos ke putaran final Piala Eropa 2020, meski fase kualifikasi masih tersisa dua laga. Namun pelatih Robert Moreno tak senantiasa bisa bersantai. Pasalnya ada pekerjaan rumah yang mesti diselesaikan, agar timnya bisa meraih hasil maksimal di gelaran puncak nanti. Berikut selengkapnya;

  1. Produktivitas
Dalam dua pertandingan terakhir, Spanyol era Moreno bukan hanya tak mampu menang, melainkan ada masalah dalam produktivitas yang harus dibenahi. Tim berjuluk La Roja ini sama bermain seri 1-1 saat tandang lawan Norwegia (12/10) dan Swedia (15/10). Banyak peluang dihasilkan, tapi hanya Saul Niguez dan Rodrigo Moreno yang bisa mencetak gol. Pelatih pun sudah mengakui ada permasalahan soal ketajaman.

  1. Pilar Utama



Baca Juga :
- Serangan Jadi Kunci di Stadion Johan Cruyff
- Formula B Zidane Berfungsi




Moreno telah memimpin Spanyol melakoni tujuh laga (empat masih caretaker), tapi masih belum tergambar pemain yang menjadi pilar utamanya. Pada dua bentrokan terakhir saja terpampang perubahan yang besar. Secara keseluruhan ia telah memanggil 40 pemain berbeda, meski enam di antaranya belum mendapat jatah main sama sekali.

  1. Pertahanan
Salah satu perhatian utama yang tak boleh dilupakan adalah pertahanan. Meski La Roja mampu terus mendominasi laga, mereka kerap dengan mudah diserang oleh lawannya. Pelatih 42 tahun sudah menyadarinya sebelum lawan Swedia, dan saat duel bergulir, lawan bisa terus mengancam dan beruntung David De Gea tampil impresif.

  1. Pendamping Ramos

Baca Juga :
- Situasi Militao di Madrid Makin Rumit
- Veteran La Roja Vital


Pensiunnya Gerard Pique pasca Piala Dunia 2018 terus menjadi polemik, hingga ke era Moreno saat ini. Mantan asisten Luis Enrique ini mesti menemukan pendamping ideal untuk Sergio Ramos di jantung pertahanan. Diego Llorente, Inigo Martinez, Mario Hermoso, Unai Nunez, hingga Raul Albiol telah dicoba sejauh ini.

  1. Daftar Pemain
Sebelum berangkat ke Piala Eropa 2020, La Roja masih akan melakoni dua laga kualifikasi pada November, yang kemudian akan memainkan pertandingan uji coba empat hingga lima kali. Kini tak ada lagi perjudian, harus mematangkan daftar pemain yang akan dibawannya pada gelaran puncak Juni nanti.

  1. Distribusi Kesempatan
Masih berkesinambungan dengan poin sebelumnya, dalam usaha menguraikan panggilannya, Moreno harus bijak mendistribusikan kesempatan. Kali ini saja ada kasus Sergio Reguilon dan Pau Torres yang dipanggil, tapi sama sekali tak tampil padahal keduanya sedang dalam performa terbaik di klubnya; Sevilla FC dan Villarreal CF.

  1. Pergantian Pemain
Keputusan memasukan Rodrigo untuk Thiago saat menghadapi Swedia terbukti sangat tepat. Namun di Norwegia, tiga pemain yang masuk tak banyak memberi andil; Santi Cazorla, Rodri Hernandez, Inigo Martinez. Pelatih pun mengakui bahwa terdapat kesulitan soal pergantian pemain.* TAUFANI RAHMANDA DARI BERBAGAI SUMBER

 

loading...
D
Penulis
Dini Wulandari
news
news