news
LIGA INGGRIS
Liverpool Dilematik Terkait Kiper untuk melawan MU
16 October 2019 15:01 WIB
berita
Kiper andalan Liverpool Alisson Becker telah fit dan berpeluang tampil saat melawat ke Old Trafford, Minggu (20/10)./Istimewa
LIVERPOOL – Kabar baik datang dari Melwood, kamp latihan Liverpool FC. Kiper utama tim, Alisson Becker siap turun melawan Manchester United FC (MU) dalam lanjutan Liga Primer 2019/20, Minggu (20/10) nanti. Namun pulihnya pemain asal Brasil itu justru memunculkan dilema bagi Juergen Klopp. Sebagian besar publik Anfield menyarankan pelatih The Reds itu tetap bertahan dengan Adrian San Miguel.

Mayoritas fan Liverpool menilai Klopp tak perlu buru-buru memainkan Alisson yang kondisinya terus membaik setelah mengalami cedera betis pada Agustus lalu. Alasannya logis, menurunkan pemain yang cukup lama absen dalam laga krusial terlalu berisiko. Meski MU tengah mengalami krisis performa, peluang terjadinya kejutan tetap terbuka. Demi menghindari itu, tentu Liverpool perlu menurunkan skuat terbaiknya.




Baca Juga :
- Tottenham Makin Sulit Tembus Empat Besar
- Liverpool Siap Potong Target MU Setelah Tak Sanggup Beli Mbappe




Sepanjang musim ini, Adrian mampu mengisi peran Alisson di bawah mistar dengan sangat baik. Penjaga gawang asal Spanyol itu turut berandil membantu The Reds kokoh di puncak klasemen Liga Primer dengan mencatatkan rekor 100 persen kemenangan dalam delapan laga awal. Ia tengah dalam momentum terbaik dan diyakini akan mampu melanjutkan performa solid di Stadion Old Trafford nanti.

Dalam delapan penampilan di liga domestik bersama Liverpool, Adrian baru kebobolan enam kali. Ini catatan terbaik di antara para kiper di kasta tertinggi sepak bola Inggris sejauh ini. Namun semua itu juga tidak lepas berkat performa solid yang ditampilkan para bek di bawah komando Virgil Van Dijk. Meskipun performa Adrian telah membuat kesan positif, ada sejumlah faktor yang perlu dipertimbangkan Klopp.


Baca Juga :
- Solskjaer Belum Menyerah Berburu Trofi Meski Liga Inggris Jauh dari Jangkauan
- Herrera Mengklaim Sepak Bola Bukan Hal Penting di Manchester United


Rapor pemain 32 tahun itu buruk jika bertemu MU. Dari enam laga menghadapi Setan Merah di Liga Primer ketika memperkuat West Ham United FC, tak sekalipun Adrian berhasil membawa timnya menang. Ia meraih tiga hasil imbang dan tiga kekalahan. Selain faktor tersebut, Klopp tentu sadar bahwa Alisson butuh waktu bermain untuk bisa kembali menyesuaikan diri dengan tim.

Apalagi, Liverpool telah ditunggu jadwal padat. Selang tiga hari setelah lawatan ke Old Trafford, Mohamed Salah dan kawan-kawan akan terbang ke Belgia untuk menghadapi tuan rumah KRC Genk dalam laga ketiga fase grup Liga Champions. Kemudian secara beruntun The Reds harus bertemu Tottenham Hotspur FC di Liga Primer dan Arsenal FC pada babak keempat Piala Liga (Carabao Cup).   

Pertimbangan lain Klopp adalah dari aspek clean sheet serta statistik penampilan. Adrian kebobolan 13 kali dan hanya mampu menjaga gawangnya tidak kemasukan dua kali dalam 11 pertandingan bersama Liverpool di semua kompetisi musim ini. Jika membandingkan kedua kiper, level Alisson jelas lebih baik. Ini terlihat dari statistik mereka dalam empat tahun terakhir.

Sejak 2015, Adrian mencatatkan 7.867 menit bermain dan diprediksi kebobolan 119,5 gol. Faktanya, gawang sang kiper kemasukan 118 kali. Sementara Alisson, dari 18.863 menit bermain, ia hanya kecolongan 151 gol dari ekspektasi sebesar 178,4. Berdasarkan itu, The Reds dikalkulasi bisa mencatatkan empat hingga lima clean sheet pada periode ini jika kiper 27 tahun tersebut berada di bawah mistar.

Namun, ada satu faktor penentu lainnya bagi Klopp, yakni keyakinannya sejauh mana progres Alisson sepanjang latihan pekan ini. Dan jika mampu menyelesaikan seluruh sesi, maka peluangnya tampil untuk kali pertama dalam dua bulan terakhir sangat besar. Yang pasti, kehadiran kiper terbaik Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) 2019  itu akan menambah kepercayaan diri rekan-rekannya.***         

Komparasi Alisson vs Adrian bersama Liverpool
(Di Liga Primer)

Alisson Becker (Kiper, 27 tahun)
Total laga: 39
Penyelamatan: 78
Kebobolan: 22
Clean sheet: 21
Eror berujung gol: 3
Gol bunuh diri: 0
Rapor vs Man. United

Pertemuan: 2
M/S/K: 1/1/0
Kebobolan/Clean sheet: 1/1

Adrian San Miguel (Kiper, 32 tahun)
Total laga: 8
Penyelamatan: 12
Kebobolan: 6
Clean sheet: 2
Eror berujung gol: 1
Gol bunuh diri: 0
Rapor vs Man. United

Pertemuan: 6
M/S/K: 0/3/3
Kebobolan/Clean sheet: 8/2

 

 

 

   

 

I
Penulis
I Gede Ardy E
news
news