news
MOTOGP
Pol Espargaro Tunggu Rekan Duet
16 October 2019 15:50 WIB
berita
Pol Espargaro (Istimewa).
MOTEGI – Jelang putaran ke-16 MotoGP 2019 di Sirkuit Twin Ring Motegi, Jepang, Minggu (20/10), Honda Racing Corporation (HRC) memperpanjang kontrak Takaaki Nakagami hingga satu tahun ke depan. LCR masih mempercayakan kursi pembalap kepada duet Nakagami dan Cal Crutchlow.

Situasi tersebut membuat MotoGP 2020 hanya menyisakan satu kursi. Red Bull KTM Racing jadi satu-satunya tim yang belum melengkapi skuatnya untuk musim depan, menyusul keputusan mereka untuk mengakhiri kerja sama dengan Johann Zarco. KTM belum menentukan siapa yang akan jadi rekan Pol Espargaro. 




Baca Juga :
- Espargaro Yakin Fit di GP Thailand
- Rider MotoGP Ini Sebut COTA Tidak Layak Pakai




“Saya bangga bisa bertahan dengan Honda dan LCR. Selama bekerja sama, saya mengalami banyak perkembangan dan Honda menunjukkan dukungan besar. Mereka memberikan saya paket motor terkuat. Saya yakin, bersama-sama, kami dapat melanjutkan (kolaborasi apik) ini musim depan,” kata Nakagami seperti dilansir Motogp.com.

Honda memilih bertahan dengan Nakagami meski yang bersangkutan masih berkutat dengan cedera bahu. Bahkan, pembalap asal Jepang itu harus melewati home race di Sirkuit Twin Ring Motegi, akhir pekan ini. Honda juga belum menunjuk pengganti Nakagami di sisa musim ini. Namun, beredar kabar, Zarco bakal mengisi posisi tersebut.


Baca Juga :
- Pol Espargaro Dipastikan Tak Ikut Tes Pramusim MotoGP
-


Meski demikian, HRC masih memiliki Stefan Bradl yang berstatus pembalap penguji dan dinilai lebih layak menggantikan Nakagami. Tapi, kabar lain menyebutkan, manajemen Honda ingin melihat kemampuan Zarco kala menunggangi RC213V. Isu ini memunculkan desas-desus kalau mereka sedang mencari pengganti Jorge Lorenzo.

Di sisi lain, Zarco belum menerima tawaran Yamaha untuk menjadikannya sebagai pembalap penguji. Pria asal Prancis itu baru akan menentukan masa depannya setelah situasi antara Lorenzo dengan Honda, jelas. Kabar ini seolah kian menguatkan indikasi bahwa pabrikan asal Jepang itu ingin mendepak rekan Marc Marquez itu.

Performa buruk Lorenzo, musim ini, jadi alasan mengapa Honda dikabarkan berpikir ulang soal kontrak yang akan habis usai MotoGP 2020. Lorenzo juga kerap bersuara bahwa RC213V hanya dibuat untuk Marquez. Belum lagi cedera yang dialami, menyusul insiden yang beberapa kali menimpa pembalap asal Spanyol tersebut di lintasan. 

KTM RC16 sebenarnya memiliki karakter nyaris serupa dengan Honda RC213V, mengingat konstruksi mesin yang sama-sama menggunakan V4. Hal itu pula yang membuat motor menjadi agresif di lintasan. Jika benar Zarco dipilih sebagai pengganti sementara Nakagami, kesempatan tersebut akan jadi tantangan besar untuk pria 29 tahun itu.*MUHAMAD FADLI RAMADAN DARI BERBAGAI SUMBER

loading...
L
Penulis
Lily Indriyani Sukmawati
news
news