news
LIGA SPANYOL
Fabian Krusial di Spanyol
15 October 2019 23:21 WIB
berita
Gelandang Spanyol, Fabian Ruiz bisa jadi pembeda di La Roja.-Topskor/ist
SOLNA – Tim nasional Spanyol jelas tak tampil maksimal saat bermain imbang 1-1 di kandang Norwegia, akhir pekan lalu. Namun di Stadion Ullevaal malam itu ada yang tetap menunjukkan kinerja luar biasa dan jadi sorotan. Tidak lain adalah Fabian Ruiz, yang seolah mendapat jaminan starter untuk laga selanjutnya lawan Swedia nanti.

Permainan Spanyol tak didasari atau berpangku tangan ke kemampuan individu suatu pemain. Kolektivitas lah yang menjadi poin utama. Kendati begitu, Fabian mampu menjadi sosok yang berperan krusial untuk permainan tersebut. Keberadaannya kian mengoptimalkan permainan kolektif tim dan duel lawan Norwegia contoh teranyarnya.




Baca Juga :
- Mencari Pendamping Paling Pas untuk Messi-Suarez
- Untung-Rugi Kembalinya Enrique




Pada dasarnya ia diturunkan untuk membantu Sergio Busquets selaku gelandang bertahan, dengan lebih menawarkan kekuatan fisik. Namun sepanjang pertandingan gelandang 23 tahun ini mampu berkontribusi besar menjadi penghubung antar pemain. Ia pun kerap kali muncul membantu serangan, menebar ancaman lewat agresivitasnya.

Statistik tidak bisa berbohong. Fabian adalah pemain yang paling banyak melepas operan di laga kemarin yakni 93 umpan. Akurasinya pun mencapai 95 persen atau ada 88 umpan sukses, yang tujuh di antaranya adalah operan jarak jauh. Dua umpan kunci dibuatnya dan melepas tiga tembakan yang dua di antaranya membentur tiang.


Baca Juga :
- ​​​​​​​“Musuh” James Kembali
- Moreno Tak Muncul Jumpa Pers, Enrique Mendekati Kembali ke Spanyol


Fabian boleh saja baru debut di La Roja –julukan Spanyol– di era terkini, pada masa kepelatihan Robert Moreno. Tepatnya saat menjadi pengganti di kemenangan tandang 4-1 atas Kepulauan Faroe, 7 Juni. Tapi setelah itu gelandang SSC Napoli ini berkembang pesat, terus menjadi andalan utama tim dan kini adalah jantung permainan Spanyol.

Terbukti usai bermain di 16 menit terakhir kala itu, ia terus berada pada daftar pemanggilan timnas, dan tampil sebagai starter. Sekali cuma duduk di bangku cadangan untuk diistirahatkan yakni di kemenangan 4-0 menjamu Kepulauan Faroe, 8 September. Dari empat laga yang dilakoni (286 menit main) sudah ada satu assist yang dicetaknya.

Fabian adalah bagian dari Spanyol U21 yang menjuarai Piala Eropa U21, Juni lalu. Pada ajang itu, dirinya juga dinobatkan sebagai pemain terbaik turnamen, atau peraih bola emas. Peran krusial yang bisa diberikannya kini juga tak lepas karena ia dimainkan bersama para rekannya dulu di La Rojita, julukan Spanyol U21; Dani Ceballos-Mikel Oyarzabal.* TAUFANI RAHMANDA DARI BERBAGAI SUMBER

 

SOROT
Menurut Mundo Deportivo, perkembangan yang tunjukkan oleh Fabian Ruiz rupanya juga terus mendapat pantauan dari FC Barcelona. Tim asal Katalan itu bahkan sudah mengamatinya sejak masih membela klub yang membesarkannya, Real Betis.

loading...
D
Penulis
Dini Wulandari
news
news