news
LIGA 1
Tanpa Osvaldo Haay dan Irfan Jaya, Persebaya Ubah Formasi lawan Persib.
15 October 2019 15:22 WIB
berita
Selebrasi Osvaldo Haay dalam sebuah laga/Foto: TopSkor/M Bahrul Marzuki
SURABAYA – Persebaya Surabaya tampaknya akan mengubah formasi tatkala menghadapi Persib Bandung Jumat (18/10) di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, Bali. Ini lantaran Bajul Ijo tanpa diperkuat dua winger lincahnya yaitu Osvaldo Haay yang masih dibekap cedera dan Irfan Jaya akibat menjalani hukuman akumulasi kartu kuning.

Praktis pada posisi tersebut Bajul Io tinggal menyisakan Oktafianus Fernando. Sementara untuk Elisa Basna masih terlalu muda dan kerap kali kurang maksimal ketika diberi kesempatan untuk bermain. Karena itu, pelatih Persebaya Wolfgang Pikal akan mencoba opsi formasi lain.




Baca Juga :
- Alasan Pelatih Arema FC Soal Kekalahan Telak dari Persib
- Bobotoh Bergemuruh Menyambut Kemenangan Persib atas Arema




Menyesuaikan dengan pemain yang tersisa. "Mungkin dengan strategi khusus. Yang jelas untuk pertandingan berikutnya sebenarnya saya sudah punya gambaran, tapi tidak mau kasih tahu, rahasia. Nanti ditulis di koran dan dibaca," ujar Pikal Senin (14/10) saat ditanya cara menyiasati minimnya pemain winger usai memimpin latihan.

Memang, mengubah formasi bukanlah hal yang baru bagi Pikal. Sebelumnya ketika menghadapi Borneo FC, pelatih asal Austria itu sampai berani menerapkan eksperimen ekstrem, yakni mengubah formasi dari 4-3-3 menjadi 3-5-2.


Baca Juga :
- Persib Putri Menonton Laga Maung Bandung vs Singo Edan Sambil Refreshing
- Jadwal Siaran Langsung Liga 1 2019, Selasa 12 November


Bahkan, dalam posisi seri dan hendak mengejar gol, Pikal berani menaruh bek Otavio Dutra ke depan, bergandengan dengan striker David Silva. "Waktu itu kami memakai tiga bek. Dutra dipilih untuk maju ke depan dengan harapan unggul bola atas melawan bek Borneo FC yang berpostur tinggi-tinggi," ujarnya.

Pikal berencana akan melakukan eksperimen formasi baru tersebut dalam latihan lanjutan, Selasa (15/10) hari ini. Setelah itu, tim akan berangkat ke Bali Rabu (16/10) besok. Rencananya Pikal hanya akan membawa 18 pemain.

Lantaran kekurangan jumlah pemain, Pikal berencana merekrut salah satu pemain dari Persebaya U-20 yang baru keluar sebagai juara Elite Pro Academy Liga 1 U-20. "Ada Koko Ari, Zulfikar, dan Kemaluddin. Nanti kami pilih salah satu dari mereka," mantan asisten pelatih timnas Indonesia itu mengungkapkan.

Selain Osvaldo dan Irfan yang dipastikan absen, Persebaya juga berisiko tidak diperkuat kapten tim Ruben Sanadi. Sebab, dalam sesi latihan kemarin Ruben tidak terlihat berlatih. "Ruben ada sedikit demam," ujar pelatih 52 tahun ini.

Karena itu, Pikal berharap agar dua beknya yang dipanggil timnas yakni Hansamu serta Dutra bisa fit saat laga lawan Persib mendatang. "Rencananya mereka mau bergabung setelah laga timnas. Semoga tidak ada yang cedera," kata Pikal kembali.

Dutra dan Hansamu saat ini mendapat panggilan pelatih timnas Simon McMenemy. Keuntungannya, laga antara Indonesia melawan Vietnam, Selasa (15/10) hari ini digelar di Bali. Sehingga, Dutra dan Hansamu bisa langsung bergabung ke Persebaya tanpa perlu menempuh perjalanan jauh lagi.

Jika memang diturunkan dalam pertandingan kualigikasi Piala Dunia 2022 hari ini melawan Vietnam, Dutra dan Hansamu memang masih memiliki recovery waktu untuk ke Bali. Namun, cukup pendek dengan jarak hanya dua hari.*M Bahrul Marzuki

 

news
Penulis
Kunta Bayu Waskita
Nyaman di Harian TopSkor, Mantap di TopSkor.id
news
news