news
LIGA 1
Wow, Jarak Laga Tandang Arema FC ke Tiga Kota Setara dengan Malang-Tokyo
15 October 2019 15:11 WIB
berita
Bek Arema Arthur Cunha (kiri) dan Jayus Hariono berlatih game internal jelang lawan Persebaya/Foto: TopSkor/Noval Luthfianto
MALANG – Arema FC tidak hanya harus melakoni tiga pertandingan tandang beruntun dalam lanjutan Liga 1 2019. Yakni ke markas PSM Makassar (16/10), lalu kandang sementara Persipura Jayapura (20/10) di Sidoarjo, dan Tira Persikabo (24/10) di Bogor sebelum kembali ke Malang menjamu Semen Padang (28/10).

Artinya tim asuhan Milomir Seslija itu juga harus menyiapkan tenaga ekstra melewati perjalanan jauh pergi-pulang di empat kota itu. "Jadwal menghadapi PSM baru diumumkan Minggu (13/10) lalu. Padahal mencari tiket penerbangan dari Surabaya ke Makassar tidak semudah memesan ojek online,” kata manajer Arema, Rudy Widodo, Senin (14/10).




Baca Juga :
- Hamka Hamzah Susul 19 Pemain Arema FC ke Balikpapan
- Target Arema FC Belum Juga Tercapai, Milomir Seslija di Ujung Tanduk




“Jadi kami akhirnya baru bisa berangkat satu hari atau H-1 sebelum pertandingan lawan PSM. Tidak ada masalah, meski tim hanya kurang satu hari recovery di Makassar," Rudy menambahkan. Menurutnya persiapan Arema FC jelang menghadapi PSM terbilang cukup matang sejak 10 Oktober lalu.

Memang, jika dihitung, total Makan Konate dan kawan-kawan harus melahap rute 5.500 kilometer dari Malang-Makassar-Malang-Tenggarong-Malang-Bogor-Malang. Atau, hampir sama dengan jarak tempuh Malang ke Tokyo, Jepang, sejauh 5.620 kilometer.


Baca Juga :
- Makan Konate Kembali, Modal Arema Bertambah hadapi Kalteng Putra
- Arema FC Waspadai Posisi Bruno Matos di Bhayangkara FC


“Luar biasa gila, hanya dalam 12 hari kami harus melewati perjalanan sejauh itu untuk tiga pertandingan away beruntun dan sekali pertandingan kandang. Apalagi banyak pemain kami absen, baik karena cedera maupun memperkuat timnas Indonesia senior dan  timnas U-23,” Seslija, sang pelatih, menimpali.

“Kalau di Eropa, tiga pertandingan away kami tersebut sama dengan jarak benua Eropa dari ujung timur ke barat, luar biasa. Tentu saja, artinya kami harus benar-benar mempersiapkan stamina fisik pemain,” Milo, sapaannya, menambahkan kepada TopSkor.

Bahkan kendala awal sudah harus dihadapi tim Singo Edan jelang dijamu Juku Eja Rabu  besok di Stadion Andi Mattalatta. Harapan 18 pemain untuk bertolak ke ibukota Sulawesi Selatan itu pada Senin pagi kemarin gagal.

Sebab, tim tidak mendapatkan tiket penerbangan dari Bandara Internasional Juanda Sidoarjo ke Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Makassar. Itu sebabnya mereka berangkat pada H-1.

“Sehari recovery di Makassar, praktis hanya bisa latihan ringan untuk pulihkan kondisi fisik pemain.  Ada 18 pemain kami bawa, mereka yang betul-betul fit secara fisik dan mental,” ucap Milo. 

Sejauh ini terdapat lima pemain Singo Edan yang dipastikan absen dalam laga di Makassar. Mereka adalah Hamka Hamzah dan Agil Munawar yang dibalut cedera, Hanif Abdurrauf Sjahbandi dan Dendi Santoso gabung timnas senior, sedangkan Muhammad Rafly memperkuat timnas U-23.*Noval Luthfianto

Skuat Arema FC ke Makassar

Kiper: Utam Rusdiana, Kurniawan Kartika Ajie

Belakang: Arthur Cunha da Rocha, Alfin Ismail Tuasalamony, Johan Ahmad Alfarizi, Ikhfanul Alam

Tengah: Makan Konate, Takafumi Akahoshi, Ridwan Tawainella, Ricky Akbar Ohorella, Hendro Siswanto, Jayus Hariono, Nasir

Depan: Sunarto, Dedik Setiawan, Rifaldy Bawuo, Ahmad Nur Hardianto, Ricky Kayame

loading...
news
Penulis
Kunta Bayu Waskita
Nyaman di Harian TopSkor, Mantap di TopSkor.id
news
news