news
LIGA 1
Enam Pemain Absen, Pelatih Persija Siapkan Starter Baru saat Jumpa SPFC
15 October 2019 11:05 WIB
berita
Pemain Persija Rachmad Hidayat (kiri) saat jumpa Barito Putera - TopSkor/Ady Sesotya
JAKARTA – Persija hampir dipastikan tanpa lima hingga enam pilar saat menjamu Semen Padang FC (SPFC), di Stadion Patriot Candrabagha, Bekasi, Rabu (16/10). Meski begitu, pelatih baru Persija Edson Tavares tak khawatir. Ia malah optimistis debutnya di Indonesia akan berbuah manis.

Tiga pemain yang sedang membela timnas Indonesia, yakni Andritany Ardhiyasa, Riko Simanjuntak, dan Rezaldi Hehanussa. Bila tampil penuh bersama timnas pada Selasa (15/10) malam ini, hampir dipatikan absen bersama Macan Kemayoran. Namun, kans terbuka, bila ketiganya dicadangkan.




Baca Juga :
- Daftar Pemain Timnas Putri Indonesia
- Ini Dia Senjata Baru Persija, Si Bunglon yang Serba Bisa dan Bertuah




Sedangkan Rohit Chand Takuri dipastikan absen karena membela timnas Nepal dalam ajang Pra Piala Dunia 2022. Dua pemain lainnya yang kemungkinan absen adalah Ismed Sofyan dan Maman Abdurrahman. Keduanya dikabarkan sedang mengikuti kursus kepelatihan B AFC, yang diselenggarakan PSSI.

Artinya, nyaris separuh kekuatan utama Persija hilang. Tavares mengaku telah menyiapkan komposisi terbaik tanpa keenam pemain tersebut. Selama masa FIFA Matchday, komposisi ini telah ia jajaki. Pelatih asal Brasil ini bahkan sangat percaya pemain yang ada akan tampil garang.


Baca Juga :
- Menunggu Luis Milla, Hasil Presentasi Shin Taeyong Akan Diteruskan ke Departemen Teknik PSSI
- Komentar Pelatih Timnas Malaysia Usai Menang Atas Indonesia


Salah satunya Rachmad Hidayat. Pemain asal Medan ini berpeluang jadi pilihan utama. Gelandang serang yang diangkut dari Bhayangkara FC tersebut sudah memperlihatkan progres signifikan selama proses latihan. Pemilik nomor punggung 99 itu bahkan bisa dimainkan di sejumlah posisi lini depan.

Kendati merasa lebih nyaman ketika bermain sebagai pemain nomor 10 atau pengatur serangan, ia siap untuk segala kemungkinan. “Terpenting pelatih melihat potensi dari setiap pemainnya secara seksama. Saya tidak persoalkan jika harus bermain di sisi sayap atau striker sekalipun," kata Rachmad kepada TopSkor.

Pemain yang sempat membela timnas Indonesia pada 2013 itu mengaku, proses pengenalannya dengan tim berjalan sangat menyenangkan. Sebab, sebelum bergabung dengan Persija, ia sudah mengenal beberapa pemain. Rachmad mengatakan, pada awal kedatangan, ia kesulitan mengimbangi level fitness pemain lainnya.

“Karena sebelum bergabung saya sudah cukup lama tidak bermain. Maksudnya, latihan tetap tapi kan atmosfer pertandingan tidak dapat,” kata Rachmad. “Sekarang pelan-pelan tekad saya adalah untuk bisa bermain secara reguler. Saya ingin membantu Persija kembali ke papan atas.”

Sementara itu, peluang masuk skuat utama juga terbuka bagi gelandang Persija U-20, Adrianus Dwiki. Dalam beberapa sesi latihan, Adrianus dipantau dengan seksana oleh Tavares. Teknik dan kualitas individunya dinilai bisa mengimbangi peara seniornya. Adrianus mengaku tak sabar menanti momen tersebut.

“Puji tuhan tentunya. Saya sangat senang sudah mendapatkan kesempatan latihan di tim senior. Saya banyak banget mengambil pelajaran dari mereka. Ini jadi pengalaman yang luar biasa. Saya juga senang jika nantinya kesempatan masuk ke-18 pemain untuk melawan Semen Padang FC,” ujarnya.* Furqon Al Fauzi 

loading...
news
Penulis
Abdul Susila
Pejalan kaki untuk gunung-gunung tropis Indonesia. Mencintai sastra, fanatis timnas Garuda, dan sedang aktif di sepak bola usia dini. Anak pertama dari tiga bersaudara.
news
news