news
FORMULA 1
Finis Kelima di Jepang, Sainz Jr dan McLaren Bangga
15 October 2019 13:05 WIB
berita
Carlos Sainz Jr (AFP).
SUZUKA – Pembalap McLaren Carlos Sainz Jr menegaskan lomba di Sirkuit Suzuka, Jepang, Minggu (13/10), terbaik sepanjang tahun ini. Start dari grid ketujuh, dirinya mampu finis kelima. Ia juga berhasil melewati kemelut di tikungan pertama dan menghindari benturan dengan Lewis Hamilton.

Hasil tersebut merupakan yang terbaik untuk Sainz Jr musim ini atau untuk kali ketiga setelah Grand Prix (GP) Jerman (28 Juli) dan GP Hungaria (4 Agustus). Hasil di Negeri Sakura terasa spesial karena ia sukses mengatur kecepatan dari pembalap Scuderia Ferrari Mission Winnow, Charles Leclerc.




Baca Juga :
- Hasil Lengkap Formula 1 GP Jepang: Ferrari Naas, Mercedes Juara Konstruktor!
- Hasil Kualifikasi Formula 1 GP Jepang: Ferrari Start dari Barisan Terdepan




“Secara keseluruhan, itu akhir pekan yang sempurna bagi saya, mulai dari kualifikasi yang benar-benar kuat. Saat lomba, saya memiliki start bagus. Saya juga dapat bertarung ketat dengan Hamilton. Sejak awal lomba, saya mampu mengendalikan kecepatan,” kata Sainz Jr seperti dilansir Formula1.com.

Menyadari mobilnya masih kalah cepat dari Mercedes AMG Petronas, Red Bull Racing dan Ferrari, Sainz Jr hanya berusaha melakoni lomba dengan baik. Strategi itu berjalan baik dan membuatnya tetap di posisi kelima. Ia pun berharap ada peningkatan besar yang dilakukan tim untuk tahun depan.


Baca Juga :
- Jelang GP Jepang, Mercedes di Atas Angin
- Leclerc Terkejut Ferrari Lambat di Sesi Latihan


“Ketika Alexander Albon di depan dan Charles di belakang, saya mengendalikan kecepatan di antara kedua pembalap. Itu mengejutkan kami sepanjang tahun ini dan bagus untuk tim. Bisa menjaga jarak dan kecepatan di antara Leclerc dan Albon di sepanjang perlombaan benar-benar spesial,” ujar Sainz Jr.

Pria asal Spanyol itu menegaskan seharusnya McLaren menempatkan dua pembalapnya di zona poin. Sayang, rekan setimnya, Lando Norris, mengalami insiden dengan Albon hingga MCL34 mengalami beberapa kerusakan. Usai momen itu, ia kesulitan untuk memperbaiki posisi dan finis di urutan ke-11.

“Saya senang dengan hasil yang kami dapat, baik di kualifikasi maupun lomba. Sayang, Lando tak dapat finis di zona poin karena situasi yang kurang menguntungkan. Tim pantas mendapatkan poin dari kedua pembalapnya di Jepang. Bagaimanapun, saya mengucapkan selamat kepada tim,” kata Sainz Jr.

Norris sebenarnya memiliki start yang bagus karena masuk ke posisi keenam. Saat Albon mencoba mengambil alih pada lap keempat, keduanya bersenggolan dan membuat Norris ke luar trek. Hal tersebut membuat mobilnya mengalami sedikit masalah dan membuatnya harus masuk ke garasi lebih awal.

“Ada kotoran yang masuk ke sistem pendingin rem dan itu membuat saya harus masuk ke garasi untuk membersihkan. Saya berusaha menekan tapi selalu kesulitan dengan daya cengkeram ban. Meski begitu, ada hal positif yang didapat saat lomba. Saya juga ikut bangga dengannya,” ujar Norris.

Prinsipal McLaren Andreas Seidl mengatakan bahwa hasil yang didapat Sainz Jr memperkuat posisi tim di klasemen konstruktor. “Sungguh sensasional apa yang ditunjukkan Carlos untuk finis kelima. Tapi kami juga sedih karena Lando tak mendapat hasil yang seharusnya ia dapat,” katanya.

Pada empat lomba sisa, musim ini, Seidl menegaskan timnya akan terus bekerja keras untuk meraih hasil terbaik. “Secara keseluruhan ada hal positif yang kami dapatkan. Kerja keras dari semua orang di tim membuat kami dapat mengeluarkan potensi terbaik. Mobil benar-benar kuat dan kami tak sabar,” tutur Seidl.*MUHAMAD FADLI RAMADAN DARI BERBAGAI SUMBER

loading...
L
Penulis
Lily Indriyani Sukmawati
news
news