news
INFOGRAFIS
Cristiano Ronaldo Menuju 700 Gol
14 October 2019 14:30 WIB
berita
Penyerang timnas Portugal, Cristiano Ronaldo, memiliki peluang menorehkan gol ke-700 dalam karier profesionalnya sebagai pemain, hari ini.
TURIN – Angka tujuh identik dengan Cristiano Ronaldo. Kebetulan atau tidak, angka ini selalu mewarnai perjalanan karier pemain yang memang dikenal dengan inisial CR7. Ketika Ronaldo mencetak gol pertama sebagai pemain profesional, terjadi pada 7 Oktober 2002, dalam ajang Liga Protugal.

Gol pertama untuk klubnya, Sporting CP lawan Morerense. Ketika itu, Ronaldo berusia 17 tahun dan mengakhiri pertandingan tersebut dengan menorehkna dua gol. “Saya melihatnya bagai anak muda yang sangat haus gol,” kata mantan rekan setim Ronaldo saat itu, Antonio Jesus Garcia Gonzalez, mencoba mengingat aksi Ronaldo pada 17 tahun silam itu.




Baca Juga :
- Daftar 17 Negara Lolos Piala Eropa 2020, Terbaru Portugal
- Timnas Inggris Bakal Banjir Penyerang Berkualitas untuk Piala Eropa 2020




Ya, itulah awal dari perburuan Ronaldo dalam menncetak gol. Saat itu, Ronaldo boleh jadi tidak pernah berpikir bahwa dirinya akan mengoleksi 699 gol. Namun, itulah yang kemudian memang terjadi setelah 17 tahun. Gol yang diciptakannya ke gawang Luksemburg dalam kualifikasi Piala Eropa 2020 memang menempatkan bintang yang kini berusia 34 tahun tersebut hanya berjarak satu gol lagi ke angka 700 gol.

Senin (14/10) atau Selasa dini hari WIB, CR7 dapat mencapai angka tersebut ketika Seleccao tandang menghadapi Ukraine dalam lanjutan kualifikasi Piala Eropa 2020 Grup B. Sukses Portugal tampil sebagai juara Liga Negara Eropa 2018/19 memang memberikan tempat bagi pasukan Fernando Santos untuk memastikan setidaknya playoff.


Baca Juga :
- Eriksen Bakal Jadi Ancaman Republik Irlandia di Aviva
- Ronaldo Gendong Fan Bocah yang Terobos ke Lapangan


Meski demikian, tentu akan lebih baik bagi Ronaldo dan kawan-kawan memastikan tiket ke putaran final Piala Eropa 2020 tanpa melalui fase tersebut. Karena itulah, laga lawan Ukraina menjadi sangat penting karena akan memangkas jarak dengan lawan mereka itu.

Saat ini, Portugal ada di posisi kedua dengan 11 poin atau tertinggal lima poin dari Ukraina. Dan, laga kualifikasi Piala Eropa 2020 ini pun menjadi panggung bagi bintang Juventus tersebut. Gol yang diciptakannya ke gawang Luksemburg, merupakan gol keenam Ronaldo dalam fase ini.

Sebelumnya, dia menorehkan quatrick (empat gol dalam satu laga), saat membawa Portugal menang 5-1 dalam laga tandang lawan Lithuania, 10 September lalu. Sedangkan satu gol lainnya diciptakan ke gawang Serbia dalam kemenangan 4-2, pada 7 September lalu. Gol ke gawang Luksemburg pun memperlihatkan Ronaldo selalu menjadi predator bagi negara tersebut. Ya, itu kali kempat CR7 mencetak gol ke gawang Luksemburg.

Sebaliknya, Ukraina kini menjadi tantangan bagi CR7. Dalam kariernya, Ronaldo baru sekali menghadapi tim ini tepatnya pada pertemuan pertama kualifikasi Piala Eropa 2020 ini. Saat itu, 22 Maret lalu, Portugal hanya imbang tanpa gol. Karena itu, ini pun menjadi peluang bagi CR7 untuk mulai mengukir gol ke gawang tim yang kini di bawah kepelatihan Andriy Shevchenko.

Jika Ronaldo mampu menorehkan gol lawan Ukraina, dia akan masuk dalam daftar pemain yang sepanjang kariernya berhasil mencetak minimal 700 gol. Setidaknya, ada lima pemain yang menorehkan jumlah tersebut.

Di antaranya adalah Gerd Mueller yang total mencetak 735 gol (timnas Jerman dan Bayern Muenchen). Di sisi lain, dengan jumlah gol ini, Ronaldo memperlihatkan dirinya memang lebih haus gol dibandingkan dengan Lionel Messi yang total telah menorehkan 672 gol sepanjang kariernya.

Ronaldo tidak pernah puas meski telah menjuarai lima gelar Liga Champions dan lima Ballon d’Or. CR7 telah mencetak 450 dari 699 golnya dalam sembilan tahun bermain dengan Real Madrid. Tidak ada pemain yang menghasilkan jumlah gol sebanyak ini di Madrid.

Oleh karena itu korban favoritnya di Spanyol adalah Sevilla: 27 gol , 2 gol lebih banyak daripada jumlah yang diciptakan melawan Atletico Madrid. Lalu ada Juventus, korban favorit Ronaldo di Liga Champions (10 gol). Sepanjang kariernya, Ronaldo telah mencetak gol dalam 21 kompetisi yang berbeda dan 127 kali di Liga Champions, di mana CR7 menjadi penyerang terbaik. 63 persen gol-golnya diciptakan dengan kaki kanan, kaki favoritnya.

Sebulan yang lalu melawan Lituania, mencetak empat gol dalam kedudukan 5-1. Sekarang berada pada kuota 94 gol untuk timnas Portugal dan siap mengejar rekor pemain Iran, Ali Daei, pemain paling produktif bersama tim nasional (109 gol).***

loading...
I
Penulis
Irfan Sudrajat
news
news