news
LIGA INGGRIS
Kehadiran Oezil Tidak Lagi Krusial bagi Arsenal
14 October 2019 13:40 WIB
berita
Playmaker Mesut Oezil telah kehilangan statusnya sebagai salah satu pemain andalan Arsenal musim ini./Istimewa
LONDON – Legenda Arsenal FC, Ray Parlour, menyebut karier Mesut Oezil di Emirates sudah tamat. Penyebab utamanya adalah kemunculan anak-anak muda yang lebih mengesankan. Eks gelandang timnas Inggris tersebut setuju dengan penilaian jujur pelatih Unai Emery bahwa The Gunners kini punya banyak opsi yang lebih baik.

“Saya benar-benar terkesan oleh kemunculan para pemain muda di klub,” ujar Parlour kepada Alan Brazil dari talkSPORT. “Oezil bahkan kini tidak ada dalam daftar tim utama Arsenal. Saya pikir kariernya di Arsenal dudah berakhir. Emery punya banyak pemain muda berbakat yang pantas dapat kesempatan dan itu telah dilakukannya.”




Baca Juga :
- Arsenal Akan Tawarkan Granit Xhaka ke Monchengladbach, Demi Pemain Ini
- Afiliasi Alexander-Arnold dan Firmino Vital bagi Liverpool Musim Ini




Parlour, yang selama 12 tahun memenangi tiga gelar Liga Primer bersama Arsenal itu, kemudian menyebut pemain yang telah “membungkam” Oezil dengan penampilan mereka. “(Bukayo) Saka di sisi kiri, ada (Gabriel) Martinelli. Dia pemain bagus. Lalu, ada (Dani) Ceballos yang belakangan rutin masuk tim. Oezil tak lagi punya kesempatan.”

Keputusan Emery yang tidak memainkan playmaker asal Jerman itu di tiga laga secara beruntun semakin memperjelas opini Parlour itu. Hingga sebelum jeda internasional, Oezil tidak dimainkan di tiga laga terakhir Arsenal. Saat menghadapi Manchester United FC (MU) dan AFC Bournemouth pun namanya tidak masuk dalam daftar skuat utama.


Baca Juga :
- Tenggat untuk Pelatih Arsenal Sudah Ditetapkan
- Gelandang Tengah Chelsea Ini Ingin Lebih Konsisten


Ironis, mengingat Oezil pernah begitu disanjung oleh eks pelatih Arsene Wenger dan fan Tim Meriam London. “Dia memiliki semua atribut yang saya cari dari seorang pemain Arsenal,” kata Wenger ketika mengontrak Oezil dari Real Madrid CF pada 2013. Saat itu, Oezil baru 24 tahun, tapi telah mengoleksi 47 caps untuk timnas Jerman.

Selang enam tahun, angka-angkanya tidak lagi impresif. Kini, 30 tahun, Oezil hanya tampil dua laga musim ini - satu di Piala Liga (Carabao Cup), satu di Liga Primer. Bahwa pemain berdarah Turki itu tetap berpenghasilan tertinggi di klub, mengantongi 350 ribu paun per minggu, adalah ilustrasi gamblang tentang seberapa jauh sang bintang jatuh.

Pernah dianggap sebagai inkarnasi sempurna dari pemain No. 10 modern, musim ini Oezil hanya bermain 142 menit bersama tim utama, Nilai itu setara 19.718 paun yang harus dibayarkan oleh klub, setara 328 paun untuk setiap detik keberadaannya di dalam lapangan.

Toh, Emery belum menutup pintu untuk masa depan Oezil, walau bukan berarti tak mungkin. “Ketika saya memutuskan dia tidak boleh masuk tim, itu karena saya pikir pemain lain lebih pantas mendapat kesempatan bermain,” kata sang pelatih seusai kemenangan Liga Europa ini atas Standard Liege, pekan lalu.

Masih Punya Peran

Arsenal bahkan siap membiarkan sang playmaker pergi pada bursa Januari, karena gaji Oezil terbukti menguras keuangan klub. Mereka bahkan rela membayarkan sebagian gajinya untuk membantunya pergi dari Emirates. Tapi ada kekhawatiran Oezil sengaja berdiam diri karena pria yang terikat kontrak hingga 2021, senang tinggal di London.

Masalahnya, statistik menunjukkan Oezil masih memiliki peran untuk dimainkan. Sejak Emery mengambil alih Emirates, tidak ada gelandang atau striker The Gunners yang menciptakan lebih banyak peluang daripada yang dimiliki Oezil, mencapai 46. Tidak ada yang bisa menandingi rata-rata 2,3 peluang yang diciptakannya per 90 menit.

Dalam enam tahun bermain di Inggris, Oezil telah menciptakan 522 peluang. Sementara penghitungan 52 assist-nya pada waktu itu hanya diungguli oleh tiga pemain: duo gelandang Manchester City FC: Kevin De Bruyne (53), David Silva (56), dan pemain tengah Tottenham Hotspur FC, Christian Eriksen (61).***NURUL IKA HIDAYATI

Mesut Oezil bersama Arsenal

Periode: 2013-...
Laga: 233
Menit bermain: 19.145
Gol: 43
Assist: 74

Statistik Musim Ini

Liga Primer
Laga: 1
Menit bermain: 71
Gol/Assist: 0/0

Piala Liga
Laga: 1
Menit bermain: 71
Gol/Assist: 0/0

Liga Europa
Laga: 0
Menit bermain: 0
Gol/Assist: 0/0

loading...
I
Penulis
I Gede Ardy E
news
news