news
LIGA SPANYOL
Poros Azulgrana, De Jong Sudah Menjadi Jantung Permainan Barca
14 October 2019 09:30 WIB
berita
Gelandang Barcelona, Frenkie De Jong memperlihatkan kualitasnya sebagai salah satu yang terbaik di lapangan tengah dengan menjadi pemain kedua paling akurat dalam mengumpan.-Topskor/Ist
BARCELONA – Bergabung dengan klub baru tentu tidak mudah, apalagi di tim yang memiliki permainan “khusus” seperti FC Barcelona. Tantangan besar mengadang disertai ancaman kritik, tak jarang membuat pemain jadi kesulitan. Contoh terkini yakni Antoine Griezmann, yang belum bisa menunjukkan ledakannya seraya saat masih di Atletico Madrid.

Kesempatan bermain selalu diberikan, namun penyerang asal Prancis itu, belum juga membuktikan kelayakan harganya: 120 juta euro (sekitar Rp1,9 triliun). Alhasil, di laga teranyar dirinya harus puas diparkir, cuma menonton timnya dari bangku cadangan. Meski demikian, hal serupa tak terjadi pada investasi 75 juta yang dilakukan klub untuk Frenkie De Jong.




Baca Juga :
- Die Mannschaft Berpeluang Puncaki Grup C
- Inti Tengah Barca




Berbanding terbalik dengan Griezmann, eks gelandang AFC Ajax ini mampu membayar tuntas kepercayaan, menjadi poros permainan Los Azulgrana, julukan Barca. Keberadaannya di lapangan menyelaraskan, menjadi penghubung antara para pemain. Pelatih Ernesto Valverde berhasil diyakinkan, dan apresiasi tinggi pun datang dari rekan serta fan.

Sejak awal perekrutannya, De Jong memang dianggap cocok dengan filosofi klub. Barca dan Ajax sendiri kerap dinilai memiliki faham permainan yang tak jauh berbeda. Karena itu, setelah pendaratannya di Camp Nou, wajar jika dirinya tak butuh waktu lama untuk adaptasi. Bahkan melesat cepat, langsung bisa menjadi jantung permainan.


Baca Juga :
- Messi Mau Lawan Uruguay
- Messi Unstoppable, Suarez Cedera


Gelandang tim nasional Belanda ini menegaskan dirinya memiliki banyak kualitas dan siap menandai sebuah era. Dan bola pertama yang disentuhnya, menunjukkan hal mengesankan. Ia efektif karena akurasi operannya sangat baik, bahkan menjadi yang terbaik untuk tim asal Katalan di La Liga: 92,9 persen (434 umpan sukses dari 467 percobaan).

Tak hanya lewat operan, De Jong pun membuktikan dirinya vital hingga menjadi poros permainan lewat caranya mengolah bola. Ia piawai mengatur tempo, tahu betul kapan harus mengalirkan bola, dan sadar kapan harus menahan atau membawa bola. Dirinya pun adalah pemain Barca yang paling sering melewati lawan: 18 kali (di liga).

Secara keseluruhan soal akurasi umpan, gelandang 22 tahun ini hanya kalah dari Toni Kroos, yang telah jauh lebih dulu soal kompetisi Liga Spanyol bersama Real Madrid (93,1 persen). Sementara jika indeks perhitungannya adalah jumlah operan, De Jong ada di posisi delapan. Gerard Pique dan Clement Lenglet memimpin rapor ini lewat 539 dan 509 umpan.

Sementara itu jika melihat penampilannya di Liga Champions, De Jong memilki akurasi operan 91,4 persen; 161 umpan sukses dari 176 percobaan. Dengan itu ia ada di peringkat lima terbaik. Penampilan Los Azulgrana sendiri memang belum memuaskan sepenuhnya di kompetisi ini, dengan meraih satu kemenangan dari dua laga; posisi dua klasemen.

Kendati demikian, penampilan De Jong tersebut bisa menjadi suatu kekuatan besar di Liga Champions dengan kehadiran Arthur Melo. Gelandang yang telah lebih dulu bergabung ini menjadi partner tepat sebagai jantung permainan tim, sebab juga punya rapor impresif soal akurasi pasing pada kompetisi tersebut dengan 92,1 persen (175 dari 190).*** TAUFANI RAHMANDA DARI BERBAGAI SUMBER

 

 

loading...
D
Penulis
Dini Wulandari
news
news