news
UMUM
Tak Seperti Seniornya, Stamina Timnas Indonesia U-19 Disebut Sangat Prima
14 October 2019 11:33 WIB
berita
Penyerang timnas Indonesia U-19 Amiruddin Bagus (tengah) dikawal bek Tira Persikabo, Sabtu (12/10) - TopSkor/Media PSSI
BOGOR – Dua dekade terakhir, momok paling menakutkan timnas Indonesia adalah stamina. Tak hanya untuk level senior, level usia muda pun sama saja. Namun, citra buruk ini mulai terkikis dalam level usia muda. Salah satunya, stamina timnas Indonesia U-19 dinilai sangat prima untuk kejuaraan.

Buktinya, dalam pertandingan uji coba menghadapi Tira Persikabo (senior), Sabtu (12/10) pagi, di mana laga itu berlangsung dengan intensitas tinggi, David Maulana dan kawan-kawan tak tampak kehilangan darah. Malahan, pemain-pemain Tira yang tampak kepayahan menjelang menit akhir pertandingan.




Baca Juga :
- Hasil Undian Grup Piala Asia Futsal 2020, Indonesia di Grup Keras
- Janji Pelatih Timnas U-22 Myanmar untuk Lawan Indonesia




Laga tersebut berakhir dengan skor kacamata. “Aspek fisik memang sangat penting di tim ini. Kemarin (uji coba melawan Tira) contohnya, sampai menit ke-75 saya baru mengganti 4-5 pemain. Artinya sampai menit ke-75 kami bisa memberi perlawanan,” kata pelatih timnas Indonesia U-19 Fakhri Husaini kepada TopSkor.

Pria kelahiran Lhokseumawe, Aceh, yang kini memilih tinggal di Bontang, Kalimantan Timur, itu menambahkan, mentalitas kian terasah. Meski melawan pemain-pemain senior yang tampil dalam kompetisi kasta tertinggi, pemain tak gentar. Sikap seperti ini diharapkan memberi dampak saat berlaga dalam Pra Piala Asia U-19 2020.


Baca Juga :
- Jadwal Siaran Langsung Semifinal Sepak Bola SEA Games 2019, Sabtu 7 Desember
- Pelatih Myanmar Waspadai Osvaldo Haay


“Laga itu memberikan banyak pelajaran berharga buat anak-anak. Mereka jadi tahu bagaimana menghadapi tim profesional, pemain-pemain yang terlatih dalam kompetisi. Skor 0-0 buat saya bukan tujuan utama dalam uji coba kali ini. Saya hanya ingin melihat sampai sejauh mana kesiapan para pemain,” Fakhri menjelaskan.

Terkait hasil kacamata, bukan perkara bagi Fakhri. Menghadapi tim sekelas Tira, yang saat ini menempati peringkat ketiga Liga 1 2019, tak kebobolan saja sudah merupakan pencapaian. “Masih banyak yang perlu kami perbaiki. Salah satunya sering kehilangan bola dalam situasi yang gampang,” ucap Fakhri.

Pelatih Tira Persikabo Rahmad Darmawan, menilai permainan Garuda Muda, julukan Indonesia U-19, sangat menjanjikan. Pasalnya, Tira tampil dengan kekuatan terbaiknya, minus pemain-pemain yang memble timas Indonesia U-23 dan senior. “Menurut saya tim ini punya potensi dan sangat menjanjikan,” kara RD, sapaannya.

Terbang ke Surabaya

Rencananya, Indonesia U-19 akan terbang ke Surabaya pada Selasa (15/10). Pasalnya, pada Kamis (17/10), akan dilangsungkan pertandingan uji coba melawan Cina U-19 di Stadion Gelora Bung Tomo. Tiga hari setelahnya, 20 Oktober, laga melawan Cina akan kembali digelar, di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali.

Ini menjadi persiapan pemungkas Indonesia U-19 sebelum terjun dalam laga Grup K Pra Piala U-19 2020. Babak kualifikasi ini akan berlangsung di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, mulai 6 November. Dalam laga ini Indonesia tergabung bersama dengan Korea Utara, Hongkong, dan Timor Leste.

Selepas uji coba melawan Cina, Fakhri berencana menyusutkan jumlah pemainnya. Saat ini ada 27 pemain, sedangkan kuota untuk Pra Piala Asia U-19 hanya 23 pemain. Dari daftar 27 pemain itu, 23 nama merupakan skuat yang tampil dalam Piala AFF U-18 2019 dan empat lainnya empat pemain seleksi. 

Fakhri mengatakan, sebelum bertolak ke Surabaya akan ada pencortetan. Namun, hal tersebut masih ditimbang matang. “Bisa jadi ada pengurangan, tapi tidak semua,” ujar Fakhri. Adapun posisi yang rawan dicoret adalah lini depan, karena performanya tak kunjung memuaskan.*** Nizar Galang Gandhimar 

loading...
news
Penulis
Abdul Susila
Pejalan kaki untuk gunung-gunung tropis Indonesia. Mencintai sastra, fanatis timnas Garuda, dan sedang aktif di sepak bola usia dini. Anak pertama dari tiga bersaudara.
news
news