news
LIGA ITALIA
Milan Bisa Berharap kepada 3P
12 October 2019 13:09 WIB
berita
Kehadiran pelatih baru diharapkan bisa memaksimalkan permainan sejumlah bintang AC Milan. Salah satunya Krzysztof Piatek.
MILAN - Januari lalu, AC Milan berinvestasi sebesar 70 juta euro saat mendatangkan dua pemain berinisial P: (Krzysztof) Piatek dan (Lucas) Paqueta. Dengan kedua pemain tersebut, klub berharap 2P ini bisa meningkatkan prestasi dan mampu berjuang untuk berada di posisi keempat klasemen Seri A.

Namun, yang terjadi justru di luar harapan. Ya, keduanya memang memberikan kontribusi konstan tapi tidak menentukan hasil yang diinginkan. Piatek telah mencetak sembilan gol dalam 18 pertandingan. Bahkan, dia sering kali menjadi penentu untuk menambahkan poin di klasemen.




Baca Juga :
- Conte Mendapat Teror
- Verona Membangun Bungker Kuat di Seri A




Paqueta tiba sebagai pemain berbakat: untuk kali pertama main dari menit awal, ketika melawan Sampdoria. Sejak saat itu, dia selalu hadir, kecuali sanksi dan cedera yang menjadi rintangan bintang asal Brasil ini. Paqueta bahkan pemain dengan kelas timnas karenamampu mengikuti irama bermain di Selecao.

Penampilan bersama pelatih Milan sebelumnya yaitu Gennaro Gattuso dalam enam bulan ternyatatidak dapat diulanginya saat Milan di bawah kepelatihan Marco Giampaolo. Karena itulah, pelatih Milan saat ini, Stefano Pioli, berharap bisa menemukan kembali kondisi terbaik kedua pemain. Piatek, Paqueta, dan Pioli, mereka bisa menjadi 3P yang membuat Milan mampubangkit di laga selanjutnya.


Baca Juga :
- Skuat Napoli Akhirnya Setuju Melakukan Pemusatan Latihan
- Misi Membajak Donnarumma


Ketika masih bermain di Genoa, Piatek telah mencetak gol (9 gol) dalam delapan pertandingan pertama bersama klub tersebut. Namun, pergantian pelatih ternyata menjadi hambatan. Selama dilatih Ivan Juric (7 pekan di Seri A), Piatek hanya mencetak satu gol dan itu pun melalui penalti.

Baru ketika Cesare Prandelli mengisi kursi pelatih Genoa, Piatek kembali mencetak gol: tiga dalam lima pertandingan  bersama pelatih ketiga. Tentu saja cara pelatih menangani atau pendekatan kepada pemain bisa mempengaruhi potensi terbaik sang pemain. Sistem yang akan diterapkan Pioli tampaknya lebih baik untuk mengangkat karakteristik pemain.

Ya, pola 4-3-3 akan membiarkan Piatek menjadi penguasa area dan dengan dua pemain sayap di lini depan yang dapat terus memberi umpan. Masalah bersama Giampaolo adalah taktik yang tidak dapat membuat mesin gol seperti Piatek dapat tampil dengan kemampuan terbaiknya.

Dengan Giampaolo, Milan memilih pelatih dengan ide yang jelas tapi tanpa memberikan konsep yang baik bagi pemain. Kini,formasi tiga penyerang yang akan diusung Pioli bakal membawa Piatek kembali menjadi acuan tim. Lalu ada dua pemain di sampingnya, peran yang akan diberikan kepada Jesus Suso dan Samu Castillejo.

Sama seperti dengan Juric, dalam fase pertama di Seri A, Piatek juga mengalami kesulitan menghasilkan gol. Dari segi kesalahan akurasi dan dukungan tim, Piatek hanya perlu menemukan instingnya sebagai mesin gol Milan. Pelatih tim nasional Polandia dan Pioli adalah orang yang percaya bahwa Piatek dapat sukses dalam waktu dekat.

Peluang Paqueta

Lain halnya dengan Paqueta. Di timnas Brasil, dia hanya mengamati permainan timnya ketikabmembuat kedudukan seri melawan Senegal. Meski demikian, sinyal kebangkitan diperlihatkan Paqueta di Milan. Pada laga lawan Genoa di babak kedua, dia tampilsebagai pengganti dan menciptakan permainan positif, kemudian ditutup dengan kemenangan Milan.

Awal musim Paqueta di Milan memang tidak ideal karena dipengaruhi faktor cedera dan panggilan dengan Brasil yang menghambat proses adaptasi di Milanello. Semua itu mempersulit Paqueta untuk memahami sistem permainan yang baru. Bagi Giampaolo dan Gattuso, Paqueta pemain mezzala, yang memiliki kemampuan kreatif.

Itu pula yang ada di mata Pioli. "Paqueta mampu mencetak banyak gol dan memilikikemampuan masuk ke area pertahanan lawan," kata Pioli. Dalam 22 pertandingan bersama Milan, Paqueta hanya sekali mencetak gol. Tapi jika Paqueta bisa memperlihatkan versi terbaiknya di depan gawang,kemungkinan Milan mencapai tujuan di musim ini akan semakin mudah.***ALESSANDRA GOZZINI DARI MILAN

loading...
T
Penulis
Tri Cahyo Nugroho
news
news