news
PREVIEW
Bintang Portugal Ini Disebut dari Galaksi Lain
11 October 2019 13:29 WIB
berita
Penyerang timnas Portugal Cristiano Ronaldo (kanan) belum akan berhenti membuat rekor. Itu akan ditunjukkannya saat melawan Luksemburg pada laga kualifikasi Grup B Piala Eropa 2020, Jumat (11/10).
LISABON – Pesepak bola sekaliber Cristiano Ronaldo memang identik dengan rekor. Terkini, ia sangat mungkin mencatatkan rekor baru dalam kariernya ketika membela tim nasional Portugal melawan Luksemburg pada kualifikasi Piala Eropa 2020 Grup B di Jose Alvalade, Jumat (11/10). CR7 bakal menembus angka 700 gol bila mampu membukukan dua gol dalam pertandingan ini.

Sejak mengawali karier sebagai pemain profesional pada 2002, Ronaldo telah mencetak total 605 gol dalam 811 laga di seluruh kompetisi. Gol-gol itu dibuatnya bersama empat klub berbeda, yakni Sporting CP, Manchester United (MU), Real Madrid, dan Juventus FC. CR7 juga telah mencetak 93 gol dalam 160 laga bersama timnas Portugal.




Baca Juga :
- Portugal Tidak Akan Sulit Lewati Luksemburg
- Les Bleus Agak Mengkhawatirkan




Dengan begitu, Ronaldo telah membukukan total 698 gol dalam 971 pertandingan di level klub dan timnas. Catatan ini menjadikan pria 34 tahun itu sebagai pemain sepak bola aktif yang paling produktif. Dia mengungguli rival utamanya, Lionel Messi, yang membukukan 672 gol dalam 828 laga bersama FC Barcelona dan timnas Argentina.

Peluang Ronaldo mencapai rekor itu cukup terbuka karena performanya musim ini cukup memuaskan. Dia telah mencetak empat gol dalam delapan laga bersama Juventus FC dan membukukan lima gol dalam dua laga terakhir bersama timnas Portugal lawan Lituania dan Serbia, September lalu.


Baca Juga :
- Bersinar di Timnas Inggris, Bek Leicester Ini Kian Buat Chelsea Tergiur
- Striker Spurs Ini Lebih Baik daripada Beberapa Legenda Inggris


Tidak heran jika pelatih timnas Portugal Fernando Santos menyebut Ronaldo bukan manusia biasa. “Statistiknya tidak ada bandingannya,” kata Santos. “Kemarin, teman saya dari Yunani meminta tanda tangan Cristiano dan dia bertanya ‘dari mana asal kamu?’ Cristiano langsung menjawab, ‘Dari Pulau Madeira.’ Tapi, saya mendengar orang itu berkata: ‘Kamu salah. Kamu berasal dari galaksi lain.’ Saya pikir dia (Ronaldo) memang berasal dari galaksi lain.”

Portugal masih tertahan di peringkat kedua Grup B dengan delapan poin dari empat laga. Tapi, Seleccao akan naik ke puncak jika memenangi dua laga berikutnya. Usai menjamu Luksemburg, tim asuhan Santos ini akan menghadapi Ukraina yang masih berada di puncak dengan 13 poin dari lima pertandingan.

Portugal 11 kali menang dan hanya sekali kalah dalam 13 pertemuan sebelumnya dengan Luksemburg. Karenanya, Selecao diyakini bakal dengan mudah meraup poin penuh dalam duel kali ini. Tapi, Santos enggan sesumbar.

“Luksemburg kalah dari Ukraina hanya lantaran gol bunuh diri di menit ke-94,” kata Santos. “Mereka tim yang sangat terorganisasi dan berusaha menguasai bola. Mereka berbeda dengan tim-tim lain yang cenderung langsung menendang bola ke depan,” tutur Santos.*RIJAL ALFURQON DARI BERBAGAI SUMBER

 

Top Scorer Aktif (Klub dan Timnas)

Pemain                                   Gol

1. Cristiano Ronaldo             698

2. Lionel Messi                       672

3. Luis Suarez                                    463

4. Robert Lewandowski       443

5. Sergio Aguero                   404

6. Edinson Cavani                  396

 

loading...
T
Penulis
Tri Cahyo Nugroho
news
news