news
UMUM
Meski Unggul Statistik, Persebaya U-20 Pantang Remehkan Barito Putera U-20
11 October 2019 15:32 WIB
berita
Suasana latihan Persebaya U-20 di Stadion Kapten I Wayan Dipta/Foto: Media Persebaya
SURABAYA – Final Elite Pro Academy Liga 1 U-20 2019 menyuguhkan sebuah pertandingan ideal. Yaitu, antara Persebaya Surabaya U-20 melawan Barito Putera U-20. Ini lantaran Persebaya berstatus sebagai juara Grup X, sementara Barito Putera menjadi yang terbaik di Grup Y.

Secara statistik pada babak delapan besar sebelumnya Persebaya tampil lebih kemilau. Tim yang dilatih Uston Nawawi tersebut hanya sekali kalah, sisanya sekali seri dan empat kali menang. Selain itu Bajul Muda produktif dengan mencetak 12 gol serta hanya kebobolan dua kali, kemudian pada semifinal mencukur PSIS 3-1.




Baca Juga :
- Tiga Pemain Muda Promosi ke Bhayangkara FC
- Final Liga 1 U-20 2019, Persebaya Juara Usai Adu Penalti Lawan Barito Putera




Sedangkan lawannya Barito Putera yang merupakan juara Grup Y mengumpulkan poin 11 dari tiga kali menang, dua kali seri, dan sekali kalah. Dari segi produktivitas Laskar Muda Antasari juga sebenarnya lumayan dengan membukukan 11 gol. Hanya saja jumlah kebobolannya sampai sembilan kali.

Pada babak semifinal sebelumnya Barito Putera mencukur Bhayangkara FC dengan skor 2-0. Meskipun secara statistik Persebaya lebih unggul, Uston memilih untuk tidak meremehkan Barito Putera. "Saya tidak pernah meremehkan tim lawan. Tim yang lolos ke final pastilah sangat bagus dan kuat," ujar Uston, Kamis (10/10).


Baca Juga :
- Final EPA Liga 1 U-20, Persebaya U-20 Percaya Diri karena Diperkuat Empat Pemain Timnas Junior
- Jelang Semifinal Liga 1 U-20, Persebaya Manfaatkan Tujuh Hari Jeda dengan Recovery


Ditegaskan mantan gelandang Persebaya tersebut, yang namanya laga final pasti tim satu sama lain akan saling mengalahkan. Sebab, keduanya sudah jauh melangkah dan titel juara sudah ada di depan mata. Sebelum melangkah ke partai puncak, yang menjadi evaluasi bagi timnya adalah soal finishing.

Sebab, begitu banyak peluang didapat sebelumnya saat lawan PSIS Semarang namun tidak begitu maksimal. "Saya sudah wanti-wanti ke pemain, siapa pun yang cetak gol tidak masalah. Terpenting tim bisa menang karena sebelumnya ada beberapa momen pemain terlalu egois," legenda hidup Persebaya ini menambahkan.

Senada, pelatih Barito Putera Andi Abunawas juga merendah dengan memuji calon lawannya. "Yang pasti kami menganggap Persebaya sebagai tim bagus. Kami sempat melihat penampilan mereka, mungkin ada beberapa taktikal yang perlu disiapkan,” Andi menuturkan.

Ia pun akan memanfaatkan jeda waktu jelang final Sabtu (12/10) di Stadion Kapten I Wayan Dipta sebaik mungkin untuk mengasah timnya. “Dengan adanya waktu dua hari istirahat, kami bisa evaluasi. Mudah-mudahan kami bisa mengatasi Persebaya dan meraih juara," ujar Andi.

Salah satu hal yang menjadi sorotannya pada tim adalah masalah ketenangan. "Dalam situasi panik pemain terkadang bingung mengambil keputusan. Dan itu juga merupakan satu evaluasi bagi pemain. Bahwa sepanas apa pun pertandingan kita harus fokus baik secara tim maupun individu," Andi menegaskan.*M Bahrul Marzuki

Jadwal Pertandingan

Sabtu, 12 Oktober 2019

PSIS U-20 vs Bhayangkara FC U-20 (Perebutan Posisi Ketiga)

Persebaya U-20 vs Barito Putera U-20 (Final)

loading...
news
Penulis
Kunta Bayu Waskita
Nyaman di Harian TopSkor, Mantap di TopSkor.id
news
news