news
LIGA SPANYOL
Messi Tetapkan Kapan Dia Pensiun, Masih Lama atau Sebentar Lagi? Ini Penjelasannya
10 October 2019 08:10 WIB
berita
Lionel Messi sangat diharapkan bisa bermain hingga usia 35 tahun. -TopSkor.Id/Istimewa-
BARCELONA – Sehebat apa pun seorang pesepak bola, dia akan tetap menjalani proses alamiah yaitu penuaan. Usia bertambah diikuti penurunan kemampuan, lalu pensiun. Ini berlaku untuk semua pemain termasuk Lionel Messi. Kapten FC Barcelona ini sudah berusia 32 tahun dan itu adalah masa senja kariernya.

Pertanyaan kapan Messi pensiun langsung mencuat dan La Pulga tak ragu untuk menjawabnya. “Saya selalu mengevaluasi diri saya tiap tahun,” kata Messi. “Apakah saya masih bagus atau sudah tidak bagus lagi. Apa saya masih bila lanjut atau sudah tidak bisa lanjut lagi.”




Baca Juga :
- Gagal ke Semifinal SEA Games, Pelatih Malaysia Dipecat
- Duel Epik! Raja Kelas Bantam Ditentukan di Pertarungan Ini, Dominasi Asia




“Sekarang saya sudah 32 tahun dan itu makin berat. Itu normal dan logis,” ujar Messi. “Jika saya bilang saya akan pensiun di usia 35 atau 36 tahun tapi saat sudah tidak bisa bermain bagus lagi, maka saya tidak menginginkan itu. Selama saya bermain, saya ingin tetap kompetitif dan bisa membantu tim.”

Intinya, kapan Messi pensiun sangat tergantung pada performa dirinya. Bisa jadi sebelum usia 35 tahun dia gantung sepatu. Tapi, bisa jadi di usia 35-36 tahun masih bermain jika dia merasa masih bisa tampil kompetitif. Messi sendiri termasuk pemain dengan tingkat disiplin yang sangat tinggi untuk menjaga kebugaran tubuhnya.*


Baca Juga :
- Barca Mau Pinjamkan Alumni La Masia Ini Setengah Musim Saja, Tottenham Siap Tampung
- Merintis Karier, Legenda Madrid Ini Debut Jadi Pelatih di Klub Divisi Segunda


loading...
D
Penulis
Dedhi Purnomo
BarC4!
news
news