news
INFOGRAFIS
Nyaman di Arsenal, Ceballos Ogah Balik ke Real Madrid
10 October 2019 15:22 WIB
berita
Gelandang Dani Ceballos mengaku telah menemukan kembali semangatnya untuk memaksimalkan talentanya sejak bergabung dengan Arsenal musim panas lalu./AFP
LONDON – Dani Ceballos kembali menemukan hasratnya bermain sepak bola bersama Arsenal FC. Sebelumnya, gelandang asal Spanyol tersebut mengaku frustrasi karena jarang mendapatkan kesempatan tampil di Real Madrid CF. Ia tak berpikir dua kali saat tawaran peminjaman dari The Gunners datang pada akhir Juli lalu. Belum genap tiga bulan, Ceballos menegaskan keinginannya untuk terus bertahan di Stadion Emirates.

Ia tidak hanya ingin membela Arsenal sepanjang 2019/20, namun dalam jangka waktu yang lama. Pemain 23 tahun itu enggan kembali ke Santiago Bernabeu, tempat di mana dirinya lebih sering duduk sebagai cadangan, khususnya selama masa kepelatihan Zinedine Zidane. Ceballos yang direkrut dari Real Betis pada musim panas 2017 hanya bermain 25 laga di semua kompetisi dan hanya 11 kali sebagai starter.




Baca Juga :
- Pengalaman Baru, Praveen/Melati ke 16 Besar setelah Berkenalan dengan Angin
- Barca Harus Segera Tentukan Pengganti Busquets, Ambil dari Internal Saja, Materinya Ada




Kondisi berbeda dijalaninya di London Utara. Ceballos selalu dimainkan pelatih Unai Emery dalam 11 pertandingan yang telah dilakoni Arsenal di seluruh ajang musim ini. Lebih dari 50 persen ia diturunkan sebagai starter. Wajar bila Ceballos merasa telah berada di tempat yang tepat, bersama klub yang menghargai kualitasnya dan bersedia memberikan kesempatan untuk membuktikan diri.

“Bergabung dengan Arsenal adalah langkah yang penting dan tepat dalam karier saya,” ujar Ceballos yang dapat panggilan membela timnas Spanyol untuk laga kualifikasi Piala Eropa 2020 melawan Norwegia dan Swedia, sepekan ke depan. “Tidak ada penyesalan meninggalkan Madrid karena saya telah berada di tempat yang tepat. Saya kini bisa lagi bermain dengan semangat, tidak seperti dua musim sebelumnya.”


Baca Juga :
- Spesialis Gelar Lowong, Petinju Meksiko Ini Incar Sabuk Juara Dunia Keempat
- Koleksi Dybala, Punya 350 Jersey Hasil Tukar usai Laga, Paling Berkesan Milik Dua Ikon Ini


Ceballos berutang kepada Emery dan Arsenal yang telah memberikannya kesempatan untuk berkembang. Sang gelandang berambisi membayarnya dengan performa maksimal. “Saya masih punya waktu delapan bulan di sini. Saya sangat berterima kasih, kepada klub, pelatih, serta fan atas kepercayaan mereka. Tentu jika bisa, saya ingin bermain dalam waktu yang lama di sini,” lanjutnya.

Ceballos telah bermanifesto. Tetapi pernyataan terbukanya untuk bisa bermain secara permanen di Emirates tentu masih perlu dikaji dan dipertimbangkan, baik oleh Arsenal maupun Madrid. The Gunners memang hanya meminjamnya selama satu tahun. Kendati begitu, bukan tidak mungkin mereka akan merekrutnya secara permanen, tergantung dari performanya hingga akhir musim nanti.   

Sejauh ini, Ceballos memberikan penampilan menjanjikan. Dari 11 penampilan bersama pasukan Emery, gelandang kelahiran Utrera, Spanyol pada 7 Agustus 1996 itu telah menyumbang satu gol dan dua assist. Kontribusinya sama dengan yang diberikannya dalam 25 laga bersama Los Blancos asuhan Zidane (3 gol). Emery pun telah memplot Ceballos untuk menggantikan peran Mesut Oezil sebagai playmaker tim.

Sang pelatih memang memboyongnya ke Emirates dengan tujuan jelas. Emery tahu Ceballos memiliki reputasi sebagai gelandang kreatif dengan bakat dan kemampuan di atas rata-rata. Ia hanya butuh lebih banyak kesempatan. Sekarang, ada kelebihan lain yang disadari Emery yakni bahwa Ceballos punya intensitas, agresivitas, serta fokus yang sangat baik.

Semua kualitas tersebut sangat dibutuhkan Arsenal. Salah satu masalah mendasar The Gunners adalah disfungsi para gelandang mereka. Namun dengan kehadiran Ceballos, kini Emery memiliki sosok yang tak hanya mampu menjadi otak serangan, tapi juga menopang pertahanan. Ceballos selalu ingin terlibat dalam setiap fase permainan. Fan Arsenal menganggapnya antitesis Oezil yang malas dalam bertahan.

Saat bola berada di kakinya, Ceballos akan mendribelnya melewati satu demi satu pemain lawan, lalu membantu para penyerang mencetak gol. Saat kehilangan bola, sang gelandang tidak akan lelah mengejarnya. Itu terlihat saat Ceballos berhasil melakukan recovery melawan dengan AFC Bournemouth, akhir pekan lalu. Tentu sangat positif bagi Arsenal. Namun di sisi lain, juga mengkhawatirkan. Pasalnya, Madrid mungkin ini akan enggan melepas Ceballos musim panas tahun depan.*** 

 

I
Penulis
I Gede Ardy E
news
news