LIGA 1
Meski Belum Cetak Gol, Kevin Van Kippersluis Ternyata Jadi Anutan Striker Muda Persib Ini
10 October 2019 16:25 WIB
berita
Striker muda Persib Ilham Qolba/Foto: TopSkor/Dani Wihara
BANDUNG – Kevin van Kippersluis belum mencetak gol buat Persib Bandung sejak jadi bagian tim pada Liga 1 musim ini. Striker asal Belanda itu masih mencari bentuk pernainan terbaiknya. Belum ada momen terbaik untuk pembuktian dirinya sebagai figur sentral tim.

Tapi, tetap saja Ilham Qolba menjadikannya mentor dan anutan. Bahkan dari Kippersluis pula, striker muda Maung Bandung jebolan Akademi Persib itu belajar menjadi pencetak gol andal yang bisa menuntunnya ke prestasi tertinggi sepak bola Indonesia.




Baca Juga :
- Hadapi Persib, Osvaldo Haay Diragukan, Namun Persebaya sudah Bisa Diperkuat Diogo Campos
- Kalah dari Madura United, Kapten Persib Sebut Tidak Ada Gunanya Latihan




"Kenapa belajar dari Kippersluis? Karena striker asing selalu jadi pilihan utama setiap klub. Mereka juga subur mencetak gol. Teknik dan instingnya menjebol gawang lawan, benar-benar memukau," kata Qolba, sapaannya, Rabu (9/10).

Qolba tetap percaya belajar dari pemain asing lebih efektif, bisa langsung menggambarkan secara detail cara menampilkan dirinya di lapangan. Sehingga, bisa menjadi suplemen untuk menambah ilmu sepak bolanya.


Baca Juga :
- Kapten Madura United Bicara Soal Kemenangan Atas Persib
- Satgas Anti Mafia Bola Selidiki Laga Madura United Vs Persib


"Bukan karena pemain lokal tidak kompetitif. Mereka juga banyak yang jadi figur sentral. Tapi pemain asing punya kesempatan luas untuk tunjukkan kualitas dalam hampir semua pertandingan Liga 1," ujar pemain kelahiran Garut, 27 Mei 1999, itu kepada TopSkor.

Masuk putaran kedua menggantikan Wildan Ramdani yang dilepas ke Bandung United, Qolba tidak punya mimpi muluk bersama Maung Bandung. Ia paham posisinya masih jadi pemain pengganti yang tidak pernah tahu kapan bisa merumput.

"Saya tahu pasti musim ini bakal jadi cadangan abadi di Persib. Tidak mungkin bisa tampil sebagai starter, karena sulit menembus dominasi pemain asing dan senior. Saya tahu diri lah," ucap mantan penyerang Persib U-20 itu.

"Makanya di sini saya cuma cari ilmu dan terus belajar. Enggak masalah hanya berlatih dan terus berlatih. Pasti banyak manfaatnya. Saya yakin itu. Apalagi Persib dikomandoi pelatih-pelatih hebat dan berpengalaman," pemain yang ikut mengantarkan Persib U-19 juara Liga 1 U-19 musim lalu itu menambahkan.

Qolba mengaku dirinya tidak punya target untuk jadi bagian utama Persib. Baginya selama bersama tim yang menggunakan servisnya, di sanalah ia akan mengabdi karena ingin mendapat sebanyak mungkin ilmu sepak bola. Apalagi DNA sepak bola Bandung sangat kental. Bisa membentuk karakter permainannya.

"Sebenarnya bebannya berat. Apalagi saya masuk putaran kedua.  Tapi karena jalannya harus seperti ini, saya ikhlas. Saya syukuri anugerah ini. Di dalam dan luar lapangan, bagaimana bersikap sebagai pemain Persib, harus terus dipelajari. Ending-nya saya serahkan kepada pengelola tim saja. Yang penting saya berupaya jadi seperti yang diinginkan tim pelatih," ujar Qolba.* Dani Wihara

 

news
Penulis
Kunta Bayu Waskita
Nyaman di Harian TopSkor, Mantap di TopSkor.id