LIGA 1
Empat Laga Tak Terkalahkan, Semen Padang Mulai Bicara soal Kans Lolos Degradasi
10 October 2019 15:41 WIB
berita
Asisten Pelatih Semen Padang Weliansyah/Foto: TopSkor/Husni Yamin
PADANG – Performa Semen Padang semakin positif pada putaran kedua Liga 1 2019 setelah masuknya beberapa pemain asing anyar. Peningkatan kualitas performa juga didukung pelatih baru berlisensi UEFA Pro asal Portugal, Eduardo Almeida.

Buktinya, empat laga terakhir Semen Padang belum terkalahkan baik kandang atau tandang. Memang, saat ini Kabau Sirah masih berjuang keluar dari zona degradasi dan jadi juru kunci klasemen sementara.




Baca Juga :
- PT PBB Terus Upayakan Laga Persib vs Persija Digelar di Bandung
- Tanpa Ismed dan Maman, Lini Belakang Persija Terancam Timpang saat hadapi Semen Padang




Namun, kebangkitan mereka mulai terlihat dengan kian menipiskan jarak dengan penghuni zona degradasi lainnya. Bagaimana tim ini bisa cepat bangkit? Simak wawancara TopSkor dengan asisten pelatih Semen Padang, Weliansyah, Rabu (9/10):

Apa rahasia pelatih baru Eduardo dapat mendongkrak performa Seman Padang


Baca Juga :
- Semen Padang Terus Membaik, Kali ini Menang di Kandang Perseru BL
- Jeda Panjang Kompetisi, Pelatih Persebaya Genjot Fisik Pemain


Ia meracik taktik secara detail dalam latihan. Orangnya disiplin, berpengalaman lama, berlisensi EUFA Pro, dan caranya memotivasi tim juga sangat bagus. Dia juga obyektif dalam memutuskan pemain yang akan diturunkan. Kami banyak belajar dari beliau.

Perekrutan pemain asing baru putaran kedua terbukti efektif, siapa mastermind di balik perekrutan ini ? 

Untuk perekrutan Flavio Beck Junior dan Yu Hyun Koo itu rekomendasi saya, karena keduanya sudah paham atmosfer sepak bola Indonesia. Hyun Koo bahkan sudah pernah di Semen Padang jadi tidak lama beradaptasi. Satu lagi Vanderlei Fransisco ditawari agen ke manajemen, yang menilai dan memutuskan untuk direkrut saya dan pelatih kepala Eduardo. Vanderlei cepat beradaptasi.

Apakah skema dan komposisi pemain sudah pakem?

Saya melihat pelatih kepala masih fleksibel menentukan skema dan komposisi pemain. Tergantung lawan, jadi tidak baku, masih liat situasi.

Bagaimana Anda melihat peta persaingan papan bawah sejauh ini?

Saya lihat yang menarik diikuti sekarang persaingan papan bawah karena poinnya tipis-tipis, kalau papan atas jarak poinnya jauh. Saat ini peringkat ke-13 saja poinnya 21, hanya beda dua dengan kami peringkat ke-18. Artinya, jika kami menang dalam laga selanjutnya, kami bisa saja melompat keluar dari zona degradasi.

Anda melihat peluang Semen Padang selamat dari zona degradasi masih terbuka?

Tentu, kans kami selamat masih ada dan terbuka lebar, karena masih menyisakan enam laga kandang dan tujuh laga tandang.

Apa target jajaran pelatih dengan semangat baru putaran kedua ?

Kami menilai setiap pertandingan menjadi penting, laga kandang kami targetkan harus sapu bersih tiga poin. Kalau tidak, kami akan sulit bersaing. Untuk laga tandang kami akan berjuang mendapatkan poin berapa pun, syukur-syukur bisa menang. Kami harus manfaatkan sisa laga ini.

Bagaimana dengan suporter, apakah mulai berdatangan sejak performa tim bangkit ?

Tentu mulai banyak yang datang, tapi kami berharap akan lebih banyak lagi karena tren kami mulai bagus di bawah kepemimpinan pelatih baru. Suporter itu penting bagi tim, tanpa suporter tidak ada geregetnya. Saya berharap semua suporter datang mendukung langsung Semen Padang di stadion.

Ada isu Semen Padang akan dijual

Saya belum dengar isu itu, saya tidak tahu juga datang dari mana isunya. Tapi mudah-mudahan jangan dan biarkan sebatas isu, kalau dijual maka tidak main di Padang lagi nanti, sementara Semen Padang satu-satunya penghibur bagi masyarakat Padang.

Terkait kongres PSSI, apa harapan Anda?

Siapa pun terpilih menjadi ketua umum, saya berharap sepak bola Indonesia akan banyak perubahaan ke depan. Harus dikelola secara profesional dan mutu kompetisi  lebih ditingkatkan, baik kualitas maupun aturan yang lebih ketat, sehingga sepak bola kita akan jauh berkembang.*Agustian Pratama

news
Penulis
Kunta Bayu Waskita
Nyaman di Harian TopSkor, Mantap di TopSkor.id