news
LIGA SPANYOL
Pertahanan Atletico Kembali Mumpuni
07 October 2019 15:02 WIB
berita
Empat bek tengah Atletico, Jose Gimenez (foto), Stevan Savic, Mario Hermoso, Felipe memudahkan pelatih membuat pilihan. –Topskor/ist
MADRID – Atletico Madrid memiliki Thomas Partey selaku pemain yang performanya melejit belakangan ini. Gelandang bertahan 26 tahun itu seolah menyejajarkan dirinya dengan Joao Felix, Diego Costa, dan Alvaro Morata yang lebih dulu melambung. Kendati begitu, lonjakan ada secara keseluruhan, yakni tim telah meningkatkan pertahanannya.

Kecemasan memang sempat muncul pada awal hingga pertengahan September. Taji dari racikan pelatih Diego Simeone sempat dipertanyakan, sebab ada “krisis mini” yakni gawang Atletico jadi lumbung gol. Untuk kali pertama mereka selalu kemasukan dua gol pada tiga pertandingan beruntun di lintas kompetisi yang dimainkannya.




Baca Juga :
- Atletico Masih Butuh Waktu
- Malam Kelam Diego Costa




Usai menang 3-2 menjamu SD Eibar pada pembuka September, Los Rojiblancos –julukan Atletico– keok 0-2 di markas Real Sociedad, dan di lanjutkan dengan imbang 2-2 saat kedatangan Juventus FC. Tapi selepas itu evaluasi pun dilakukan, ada pembenahan, sehingga peningkatan pertahanan pun berhasil setelah periode tidak biasa tersebut.

Tak termasuk laga semalam WIB (tandang lawan Real Valladolid), tim ibu kota ini berhasil mencatatkan empat clean sheet (tidak kemasukan) pada pertandingan terakhirnya. Mereka seri tanpa gol menjamu Celta Vigo, menang tandang 2-0 atas RCD Mallorca, imbang 0-0 di Derbi Madrid, dan menang 2-0 di markas Lokomotiv Moskow.


Baca Juga :
- Atletico Tersendat, Catat Koleksi Gol Terburuk di Era Simeone
- Atletico Madrid Mulai Rajin Menang


Jan Oblak sudah kembali ke rutinitas biasanya, yakni tidak memungut bola di gawangnya, meski lawan yang dihadapi sangat agresif. Seraya Iago Aspas, Denis Suarez, dan Rafinha Alcantara di Celta, atau sederet bintang di Real Madrid. Keberhasilan ini pun tentu tak lepas dari andil kuartet bek yang menjadi pengawal pada lini pertahanan.

Kieran Trippier dan Renan Lodi terus tampil solid. Sementara untuk bek tengah, kekayaan di sektor inilah yang mendukung pembenahan, sehingga bisa meningkatkan pertahanan. Musim ini Simeone memiliki opsi melimpah untuk jantung pertahanan Atletico, sehingga dapat meramu kombinasi yang susuai dalam sebuah pertandingan.

Memperbanyak stok memang sudah dipersiapkan di musim panas, setelah belajar dari badai cedera pada musim lalu. Lucas Hernandez hampi tak bisa bermain sepanjang paruh kedua 2018/19, Stefan Savic absen 18 laga, Jose Gimenez pada 17, dan lima untuk Diego Godin. Memanggil pemain muda di posisi bek (yaang tak biasa) pun dilakukan.

Sekarang, Simeone tidak hanya memiliki Gimenez dan Savic yang “tersisa”, tapi juga memiliki Felipe Monteiro dan Mario Hermoso. Belakangan duet Gimenez-Felipe lah yang jadi andalan, sebab pasangan ini kuat di udara dan tetap punya kecepatan. Tiap bek memang menawarkan opsi tersendiri, meski Hermoso masih pada tahap adaptasi.* TAUFANI RAHMANDA DARI BERBAGAI SUMBER

 

 

Rapor Main Empat Bek Tengah Atletico di 2019/20:
Nama             Main   Menit main

Gimenez         8          720
Savic               6          540
Felipe              4          271
Hermoso        4          184

loading...
D
Penulis
Dini Wulandari
news
news