news
INFOGRAFIS
Suramnya Nasib Ivan Rakitic di Barcelona
07 October 2019 16:20 WIB
berita
Gelandang Barca, Ivan Rakitic saat menggantikan Antoine Griezmann (jornada 1). Musim ini ia memangĀ  lebih banyak tampil sebagai pemain pengganti.-Topskor/Ist
BARCELONA – Tengah pekan lalu di Cam Nou, Ivan Rakitic kembali hanya terlihat di bangku cadangan menyaksikan rekan-rekannya di FC Barcelona menekuk FC Internazionale di Liga Champions. Ini kali ketiga gelandang Kroasia itu hanya sebagai penghangat bench tanpa bermain semenit pun. Nasib Rakitic di musim keenamnya bersama klub raksasa Katalunya ini memang cukup mengenaskan.  

Dari sembilan pertandingan yang dijalani Barcelona di lintas kompetisi musim ini, hanya lima kali sang gelandang dimainkan. Mirisnya, cuma sekali dia bermain sebagai starter (lawan Granada CF), sisanya dari cadangan. Pemain 31 tahun itu baru mengumpulkan 166 menit dari semua laga tersebut. Rakitic, yang sebelumnya bersatus tak tergantikan karena peran pentingnya di lini tengah Barca kini perlahan menghilang dari starting 11. 




Baca Juga :
- Messi Berharap Bertemu Madrid yang Kuat
- Asa Mengembalikan Hegemoni Spanyol




Sejak hijrah ke Camp Nou pada musim panas 2014 dari Sevilla FC, Rakitic langsung menjadi salah satu pemain yang diandalkan Luis Enrique. Pun saat pelatih kelahiran Gijon itu mundur dan digantikan Ernesto Valverde (2017/18), status Rakitic masih elementer. Namun, semua berubah saat Frenkie de Jong tiba musim panas ini.

Sejak saat itu, namanya langsung masuk bursa transfer pemain. Namun, dia memutuskan bertahan dan menolak sejumlah tawaran, termasuk dari Paris Saint German dan Juventus FC. Malangnya, keputusan tersebut harus dibayar mahal. Rakitic tak lagi jadi pilihan karena adaptasi De Jong berjalan sangat baik.


Baca Juga :
- Komet Ansu Fati
- Aksi Tsunami Democratic Ancam El Clasico


 Valverde lebih menyukai gelandang muda asal Belanda itu bersanding dengan Sergio Busquets dan Arthur Melo di lini tengah timnya. Situasi Rakitic kian rumit karena Sergi Roberto yang sebelumnya diplot sebagai bek kanan kini juga kerap dipasang di sektor tengah, contohnya ketika melawan Getafe CF (28/9).

Persaingan memperebutkan tiga slot di lini tengah pun semakin sempit. Harapan satu-satunya Rakitic adalah saat gelandang utama cedera atau rotasi. Situasi ini jelas memilukan bagi gelandang yang pernah disebut-sebut salah satu terbaik di dunia itu.

Kemungkinan besar jika situasinya tak berubah, dia bisa mencari jalan keluar di bursa transfer musim dingin 2020. Juventus dikabarkan masih tertarik dan menunggu kedatangannya. Pun dengan Manchester United yang sudah lama mengintainya.  

 

Pembelaan Istri

Sementara, dukungan terus diberikan sang istri, Raquel Mauri atas kondisi Rakitic sekarang ini. Wanita cantik ini mengkritik Valverde yang menyia-yiakan bakat suaminya di bangku cadangan, seperti ketika laga kontra Inter. 

 Dia mengutip ucapan jurnalis olahraga Spanyol, Manu Carreno, terkait strategi Valverde, “Anda tidak boleh salah lagi menurunkan pemain” yang diunggah di Instagram sambil menambahkan “Jangan patah semangat. Anda (Rakitic) adalah contoh ketekunan, kebijaksanaan, dan profesionalisme. Untuk alasan ini saya mencintai Anda. Anda hebat dan tidak ada seorang pun yang bisa mengubah Anda.” *** DINI WD/GOGOR HAKIM DARI BERBAGAI SUMBER
 

 

SOROT

DALAM memperkuat Barcelona, Rakitic tidak pernah tampil di bawah angka 50 laga setiap musimnya. Kompetisi 2015/16 menjadi musim tersibuknya karena bermain sebanyak 57 kali di semua ajang dengan menyumbangkan 9 gol dan 5 assist.

loading...
D
Penulis
Dini Wulandari
news
news