news
UMUM
Tularkan Semangat Juang, Maria Lawalata Gelar Run 10 KM
04 October 2019 18:07 WIB
berita
Maria Lawalata penentu kontingen Indonesia juara umum pada SEA Games 1991 di Filipina.
JAKARTA - Maria Lawalata menjadi penentu kontingen Indonesia juara umum pada SEA Games 1991 di Filipina. Dia menyambar medali emas atletik nomor maraton.

Sekeping medali di injury time itu menjadi bersejarah. Total Indonesia meraup 92 medali emas, unggul dua emas dari Filipina yang nyaris juara umum.




Baca Juga :
- Perolehan Medali SEA Games Filipina: Indonesia Kukuh di Posisi Kedua Tinggalkan Malaysia dan Vietnam
- Perolehan Medali SEA Games Filipina: Indonesia dan Vietnam Saling Geser di Posisi Kedua




"Saya ketika itu tidak ditargetkan medali. Saya cuma bemper Suryati untuk mengacau lawan. Tapi, 5 km pertama saya melepas sepatu dan langsung ngacir," kenang Maria.

Semangat juang itu ingin ditularkan kepada atlet Indonesia yang akan tampil di SEA Games 2019 di Filipina. Wanita berusia 50 tahun itu akan menyerahkan medali yang diraihnya 28 tahun silam itu ke museum olahraga yang dikelola Kemenpora pada 10 November nanti.


Baca Juga :
- Recovery, Diskusi, dan Jaga Motivasi Cara Garuda Muda Siap Tempur lawan Laos
- Misi Garuda Muda, Menang dengan Mencetak Banyak Gol


Pada momen tersebut dia juga akan menggelar Run 5Km Piala Kemenpora di Jakarta. Start dan finis di kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta. Hajatan ini selain untuk memperingati Hari Pahlawan juga bertujuan memotivasi para atlet yang akan berjuang di SEA Games Filipina pada 30 November hingga 11 Desember 2019.

"Saya ingin memberikan dukungan dan semangat para atlet yang ingin berlomba di SEA Games Filipinan Novemver-Desember 2019. Tentu juga momen ini bisa dijadikan media untuk mencari bibit andalan Indonesia di cabang olahraga atletik. Dengan kejuaraan Run 5 Km ini diharap muncul atlet-atlet yang bisa mengusung Indonesia di pentas internasional," ujar Maria. 

Peserta Run 5 Km ini menurut Maria terbuka untuk umum. Kategori nasional memperebutkan Piala Kemenpora dan sejumlah uang tunai untuk juara 1-3. Sedangkan kategori umum atau komunitas bagi pada usia 40 tahun ke atas dan ke bawah. Panitia juga akan memberikan penghargaan kepada 10 pelari yang menembus finis terdepan untuk kategori umum tersebut.

"Target peserta 2000 orang. Sejauh ini baru 500 yang mendaftar. Saya berharap kejuaraan ini benar-benar dimanfaatkan oleh atlet nasional sebagai bagian dari persiapan menuju SEA Games Filipinan 2019 November nanti. Silakan daftar di www.pialakemenpora.com," imbuhnya.*Suryansyah 
 

loading...
news
Penulis
Suryansyah
news
news