news
UMUM
KONI Pusat Siap Ambil Bagian dalam Perkembangan Esports di Indonesia
03 October 2019 19:21 WIB
berita
Marciano Norman, Ketua Umum KONI Pusat, memberikan apresiasi kepada tim eSports berprestasi dalam acara Simposium Esports Indonesia (Foto: Topskor.id / Muhammad Pratama Supriyadillah)
JAKARTA – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat menggelar acara Simposium eSports Indonesia pada Kamis (3/10). Acara ini dihadiri sejumlah narasumber yang memang bergerak di cabang olahraga baru tersebut.

Perkembangan eSports di Indonesia memang saat ini tengah pesat. Esports, yang merupakan kompetisi gim di level profesional, memang saat ini tengah digandrungi oleh masyarakat dari berbagai kalangan dan usia.




Baca Juga :
- Gol-gol Ikonik dalam Sejarah Sepak Bola Ini Berhasil Dibuat Ulang ke Dalam Gim
- Indonesia Bawa Pulang Dua Perak dari Test Event Esports SEA Games 2019




Saking pesatnya perkembangan eSports sebagai cabang olahraga, eSports  bahkan dipertandingkan di ajang Asian Games 2018 lalu. Itu pun sebagai cabang olahraga eksebisi.

Di Indonesia sendiri, eSports juga telah menjadi cabang olahraga eksebisi dalam ajang Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) 2019, dengan mempertandingkan gim FIFA 19. Ini tentu merupakan sebuah pencapaian bagi eSports yang memang sedang berusaha untuk diakui sebagai olahraga di Indonesia.


Baca Juga :
- Gamer Ini Sukses Menciptakan Gol Rashford ke Gawang Chelsea di Gim FIFA 20
- Tak Juga Dipandang, Tim Esports Ini Hijrah dari Gim PC ke Gim Mobile


Melihat pesatnya perkembangan eSports di Indonesia, KONI Pusat selaku badan olahraga tertinggi di Indonesia, menyatakan siap ambil bagian dalam perkembangan eSports di tanah air. Hal tersebut disampaikan oleh ketua umum KONI Pusat, Marciano Norman.

“Kemajuan eSport di indonesia ini luar biasa, karena pelaku-pelaku esport di indonesia sudah mengikuti berbagai ajang dan kompetisi, baik itu nasional maupun internasional,” ucap Marciano.

“ Melihat pengorbanan yang telah diberikan oleh teman teman.Saya memandang, bahwa sudah saatnya kita duduk bersama, mengelola eSport untuk ke depannya,” tambahnya.

"Tanpa adanya saudara-saudara, tidak mungkin eSport seperti saat ini. Saudara saudara sudah membuat mata dunia melihat Indonesia.”

“Dari awal kita tidak membuang sedikit pun waktu untuk meninggalkan acara ini, dan ini menjadi salah satu komitmen kami, bahwa KONI di bawah kepemimpinan saya dan di bawah jajarannya, kita ingin tahu benar esports itu apa."

"Mulai dari pembicara pertama pak Eddy Lim hingga yang terakhir, saya belajar banyak dan menjadi tahu banyak esports itu sendiri dan hal ini sangat sangat berarti untuk kita semua. Oleh karena itu, mulai hari ini, saya dan jajaran pengurus KONI yang lain, menjadi bagian dari keluarga besar eSports Indonesia,” Marciano mengakhiri.

Selain mendengarkan pemaparan dari para pelaku olahraga elektronik tersebut, Marciano Norman juga tak lupa memberikan apresiasi kepada tim-tim eSports yang berprestasi di tahun ini.

Pada tahun 2020, Intel selaku salah satu sponsor utama dari ajang Olimpiade, akan mempertandingkan kompetisi eSports yakni Intel World Open. Hal itu bertujuan untuk memperkenalkan eSports kepada khalayak luas, serta menjadi turnamen pemanasan jelang pesta olahraga terbesar di dunia itu. ***

 

M
Penulis
Muhammad Pratama Supriyadillah
news
news