news
LIGA CHAMPIONS
Foden Dapat Dukungan Sterling untuk Bela Timnas Senior
03 October 2019 16:28 WIB
berita
Gelandang muda Man. City Phil Foden (kiri) mengapresiasi winger Raheem Sterling yang membantunya mencetak gol saat melawan Dinamo Zagreb dalam laga Liga Champions, Selasa (1/10)./AFP
MANCHESTER – Penyerang sayap Manchester City FC Raheem Sterling mendesak pelatih tim nasional Inggris Gareth Southgate segera memanggil rekan seklubnya, Phil Foden. Sterling dan Foden menjadi bintang Man. City lewat gol-golnya saat menekuk Dinamo Zagreb, 2-0, pada pertandingan kedua Grup C di Stadion Etihad, Selasa (1/10) malam.

Kredit memang layak diberikan kepada Foden pada pertandingan tersebut. Ia mampu mencetak gol hanya empat menit setelah masuk untuk menggantikan David Silva pada masa injury time (90+1). Sterling menilai gelandang tengah 19 tahun itu sudah sangat pantas berseragam The Three Lions jika melihat performanya.




Baca Juga :
- Guardiola Catat Rekor Terburuk, Indikasi Man-City Gagal Pertahankan Gelar Juara
- Anomali Aguero di Anfield




“Pemain di klub ini harus pandai membaca permainan jika ingin mencetak gol. Foden sudah mampu melakukan itu,” ucap Sterling yang membuat assist untuk gol Foden pada menit 90+5 tersebut. “Saya menginginkan Foden di timnas (Inggris). Jika ia mampu mempertahankan performa, ia akan segera di sana.”

Foden sudah kenyang pengalaman di level timnas junior Inggris. Ia adalah bagian dari skuat remaja Inggris yang memenangi Piala Dunia U-17 pada 2017 lalu.


Baca Juga :
- Liverpool Semakin Sulit Dikejar
- Tottenham Makin Sulit Tembus Empat Besar


Pelatih Man. City Josep Guardiola sudah meminta maaf karena “tidak fair” terhadap Foden. Tetapi, ia juga meminta Foden untuk bersabar karena masih ada gelandang serang sekelas Kevin De Bruyne, David Silva, dan Rodri, di atasnya.

Musim ini, Foden memang sangat jarang dimainkan oleh Guardiola. Gol ke gawang Dinamo Zagreb menjadi gol pertama Foden dalam hanya sekitar 100-an menit diturunkan di semua ajang. Musim ini, Foden baru empat kali dimainkan dengan hanya sekali menjadi starter di babak ketiga Piala Liga. Saat mengalahkan Preston North End itulah Foden untuk kali pertama bermain selama 90 menit.

Di Liga Primer, Foden baru 10 menit diturunkan dalam satu pertandingan. Ia menjadi cadangan tanpa dimainkan sebanyak lima pertandingan.

“Saya tahu Foden sudah pantas sering diturunkan. Saya juga ingin memberinya menit bermain lebih banyak. Tapi, ia masih harus bersaing dengan De Bruyne, David Silva, dan Rodri,” ucap Guardiola. “Saya tahu, hal terbaik untuk Foden adalah memainkannya lebih sering. Namun ia masih sangat muda. Saya tidak tahu berapa banyak pemain seusianya (kisaran 19 tahun) mendapat menit bermain di klub mereka. Foden akan menjadi pemain hebat di masa depan. Saya jamin itu.”*TRI CAHYO NUGROHO

 

I
Penulis
I Gede Ardy E
news
news