news
LIGA 1
Bali United Melampaui Torehan Persipura saat Juara Kompetisi pada 2013
01 October 2019 11:33 WIB
berita
Kapten Bali United Fadil Sausu - TopSkor/Ady Sesotya
GIANYAR – Perjalanan Liga 1 2019 baru 21 pekan, Bali United sudah unggul 12 poin dari kompetitor terdekatnya. Ini menjadi rekor baru. Sebelumnya, tidak ada tim yang bisa memimpin klasemen hingga selisih dua angka saat memasuki pekan ke-20. Bahkan, pencapaian Persipura tak sebaik ini.

Saat juara Indonesia Super League 2012/13, tepatnya pada pekan ke-21, Mutiara Hitam baru mengumpulkan 51 poin atau terpaut sembilan poin dengan pesaing terdekatnya. Tim asal Jayapura ini akhirnya mengunci gelar kompetisi pada pekan ke-30, dengan selisih 17 poin, seusai menaklukkan Persiwa.




Baca Juga :
- Persebaya Kehilangan Banyak Pilar Lawan Persipura
- PSM Menang Telak Atas Persipura




Bedanya musim itu dengan musim ini, Persipura sangat digdaya. Pada akhir kompetisi, Persipura membukukan rekor tak terkalahkan dalam 26 pertandingan. Ini menjadi rekor kemenangan terpanjang sejak era Liga Indonesia pada 2008. Sedangkan Bali baru membukukan 12 laga tanpa kalah.

Bila dibanding Liga 1 2017, pada pekan ke-21, Persipura memimpin dengan 38 poin diikuti Bhayangkara FC dengan nilai 37. Musim ini, Bhayangkara akhirnya menyudahi kompetisi dengan tampil sebagai juara dengan nilai 68 pada pekan ke-33. Namun, gelar juara itu dihiasi kontroversi.


Baca Juga :
- Pelatih PSM Kagum dengan Pencapaian Persipura
- Jadwal Siaran Langsung Liga 1 2019, Senin 18 November


Sedangkan pada Liga 1 2018, pada pekan ke-21, Persib memimpin klasemen dengan 38 poin. Tempat kedua dihuni Madura United dengan nilai 36. Namun, akhirnya Persija mampu menyodok dan menjadi juara Liga 1 2018 dengan mengumpulkan 62 poin, unggul satu poin dari PSM, yang itu ditentukan pada pekan ke-34.

Lantas, berapa poin lagi yang dibutuhkan Bali United untuk mematenkan status juara liga? Sejatinya masih terlalu dini untuk mengatakan Serdadu Tridatu, julukan Bali United, akan mengangkat piala pada akhir musim nanti, tetapi rasa-rasanya laju tim asuhan Stefano “Teco” Cugurra ini akan sulit dibendung.

Kasarnya, bila bisa memertahankan selisih 12 poin, Bali akan bisa mematenkan gelar pada pekan ke-30. Namun, bisa jadi lebih cepat. Itu jika Bali mengalahkan Persipura dalam laga tunda pekan ke-17, yang rencananya akan berlangsung pada jeda kompetisi saat FIFA Matchday Oktober atau November.

Musim ini, Bali masih memiliki tujuh laga kandang dan tujuh laga tandang. Asumsinya, jika bisa menyapu tujuh laga kandang tersebut, langkah juara akan semakin dekat. Dua pertandingan terdekat, melawan PSIS (4/10) dan Borneo FC (18/10), akan menjadi kunci atau bisa dibilang laju Bali tak akan teradang.

“Kami memang punya peluang bagus untuk juara musim ini. Namun, coach Teco menegaskan bahwa perjalanan masih panjang. Semua harus tetap fokus dari satu laga ke laga lainnya. Terpenting adalah konsentrasi untuk kemenangan demi kemenangan,” kata asisten pelatih Bali United, Eko Purjiyanto kepada TopSkor.

Bek Bali United Haudi Abdillah mengatakan, tantangan akan semakin berat. “Semua tim yang bertanding melawan kami pasti memiliki motivasi berlipat ganda. Kami harus terus bekerja keras untuk dapat mempertahankan pencapaian. Kami tidak boleh terlena, tetap fokus dan jaga konsistensi,” ucap Haudi.* Sri Nugroho

loading...
news
Penulis
Abdul Susila
Pejalan kaki untuk gunung-gunung tropis Indonesia. Mencintai sastra, fanatis timnas Garuda, dan sedang aktif di sepak bola usia dini. Anak pertama dari tiga bersaudara.
news
news