news
LIGA 1
Situasi Persebaya, dari Absennya Osvaldo hingga Mengecam Pemanggilan Otavio Dutra ke TImnas
27 September 2019 14:54 WIB
berita
Pelatih Persebaya Wolfgang Pikal (kedua dari kanan) mulai memimpin latihan Persebaya setelah Alfred Riedl batal tangani tim/Foto: M. Bahrul Marzuki
MARTAPURA – Persebaya Surabaya sudah tiba di Martapura, Kalimantan Selatan, Kamis (26/9). Tim berjulukan Bajul Ijo ini akan menghadapi tuan rumah Barito Putera, Sabtu  besok di Stadion Demang Lehman pada lanjutan Liga 1 2019.

Kali ini pelatih Persebaya Wolfgang Pikal membawa 18 pemain. Namun, minus pemain sayap Osvaldo Haay yang terkena larangan hukuman tampil karena akumulasi kartu kuning.




Baca Juga :
- Persebaya Taklukkan PSM 3-2
- Aji Akan Kembalikan Filosofi Bermain Persebaya seperti Era Pertengahan 1990-an




Sebagai gantinya, Pikal membawa Irfan Jaya yang sebelumnya sempat absen saat Persebaya menjamu Bali United, Selasa (24/9) lalu. Namun, peluang Irfan untuk tampil masih 50- 50 mengingat cedera ankle kaki kirinya belum pulih benar.

”Sebanyak 18 pemain yang kami bawa sudah siap untuk pertandingan melawan Barito Putera, Sabtu mendatang,” ujar Pikal saat dihubungi, Kamis (26/9). Ditanya mengenai kondisi Irfan, pelatih asal Austria itu menyatakan masih dalam pantauan.


Baca Juga :
- Menjamu PSM dalam Laga Usiran di Balikpapan, Persebaya Bisa Diperkuat David Da Silva dan Irfan Jaya
- Daftar Pemain Persebaya untuk Melawan Tira Persikabo


”Untuk Irfan memang masih ada sedikit gangguan. Kami tidak akan paksakan dia untuk main, tapi kami akan lihat kondisinya besok (Jumat ini),” mantan asisten pelatih Alfred Riedl di timnas senior Indonesia ini menambahkan.

Setibanya di Martapura, para pemain Persebaya tidak menjalani agenda latihan berat. Pemain fokus istirahat karena jadwal dari satu laga ke laga lain yang begitu mepet. Pada Jumat (27/9)  ini pemain baru menjajal lapangan untuk official training. ”Untuk hari ini (kemarin) pemain beristirahat total," kata Pikal.

Terpisah, manajemen Persebaya menyayangkan pemanggilan bek Otavio Dutra untuk pemusatan latihan timnas senior. Bukan tidak mau membantu timnas. Namun, karena proses naturalisasi Dutra yang memang belum tuntas.

"Konyol saat ada pemain yang bukan WNI dipanggil timnas. PSSI tahu bahwa Dutra belum WNI, tapi kenapa masih dipanggil saja? Ini tentunya merugikan Persebaya,” kata manajer tim Candra Wahyudi.

Menurut dia, kondisi ini artinya mengulang pemanggilan timnas terhadap pemain asal Brasil itu akhir Agustus lalu. "Ketika itu Dutra tidak bisa diturunkan timnas saat melawan Malaysia maupun Thailand. Persebaya pun tidak bisa menurunkan Dutra saat melawan Persija Jakarta,” Candra menuturkan.

Intinya, akan sia-sia pemaanggilan kembali bek 35 tahun itu ke Skuat Garuda. ”Sangat disayangkan, bukan? Dutra saat itu kami izinkan ke timnas saat kami sangat membutuhkan tenaganya, tapi ternyata di timnas dia tidak bisa dimainkan,” ujar Candra, mengecam.

Karena itu, Persebaya meminta PSSI bijak dalam pemanggilan kali ini. Seperti diketahui, dalam surat bernomor 3950/AGB/1344/IX-2019, Dutra bersama bek Persebaya Hansamu Yama Pranata diminta untuk bergabung ke pemusatan latihan timnas senior pada 1-16 Oktober mendatang.*M. Bahrul Marzuki

Skuat Persebaya ke Martapura

Kiper: Miswar Saputra, Imam Arif Fadilah

Belakang: Mokhamad Syaifuddin, Abu Rizal Maulana, Hansamu Yama Pranata, Andri Muliadi, Otavio Dutra, Ruben Karel Sanadi

Tengah: Aryn Williams, Muhammad Hidayat, Misbakus Solikin, Rachmat Irianto, Fandi Eko Utomo, Rendi Irwan, Oktafianus Fernando, Diogo Campos Gomes

Depan: Irfan Jaya,  David Aparecido da Silva

loading...
news
Penulis
Kunta Bayu Waskita
Nyaman di Harian TopSkor, Mantap di TopSkor.id
news
news