news
UMUM
Maju dalam Pencalonan Ketua Umum KOI, Ini Visi Raja Sapta Oktohari
24 September 2019 11:05 WIB
berita
JAKARTA – Raja Sapta Oktohari mendeklarasikan diri maju sebagai bakal calon Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) periode 2019-2023. Bertempat di Hotel Mulia, Jakarta, Selasa (24/9) malam, pria yang akrab disapa Okto tersebut mengusung visi mengembalikan kejayaan Merah Putih dalam pesta olahraga dunia.

Dalam kesempatan ini, Okto mengatakan, keinginannya mencalonkan diri sebagai Ketua Umum KOI bukan karena jabatan. Melainkan tanggung jawab yang besar untuk terus berkontribusi dalam meningkatkan prestasi olahraga Tanah Air. Okto juga memiliki sejumlah misi jika terpilih.




Baca Juga :
- Cina Dukung Penuh Indonesia Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032 
- Soal Selisih Anggaran, Gatot Dewa Broto Minta Selesai Dibahas Minggu Ini 




Salah satunya mewujudkan Indonesia sebagai tuan rumah Olimpiade 2032. Selain itu, ada pula keinginan memperjuangkan pencak silat untuk dipertandingan dalam pesta olahraga empat tahunan tersebut. Yang tak kalah penting, mengajak semua pemangku kebijakan meningkatkan instrumen.

Tujuannya demi mencapai kesuksesan penyelenggaraan, prestasi, administrasi, dan legacy, saat terpilih jadi tuan rumah Olimpiade. “Semoga saya bisa memberikan kontribusi lebih untuk olahraga Indonesia,” kata Okto yang juga Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISSI).


Baca Juga :
- Klop..! Visi & Misi Okto Sesuai dengan Presiden Jokowi-Ma'ruf Amin 
- Awalnya Berjalan Tentram, Kongres KOI Bersifat Tertutup dan Sempat Ricuh


“Indonesia negara terbesar keempat dunia. Waktu di Olimpiade Rio de Janeiro XXXI/2016, kita tampil dengan 28 atlet. Tapi, defile kecil ini mencuri perhatian dunia karena menunjukkan keberagaman. Saya mohon doa restu. Dengan ini, saya mencalonkan diri sebagai Ketua Umum KOI,” ia menambahkan.

Jika menilik kariernya dalam olahraga, Okto memiliki bekal mumpuni. Sejumlah jabatan penting pernah diemban seperti Komandan Kontingen (CdM) Indonesia dalam Olimpiade Rio de Janeiro. Ia juga pernah mengomandoi Panitia Pelaksana Asian Para Games Indonesia (INAPGOC), tahun lalu.

Sejumlah penghargaan seperti Asian Orders Award 2019 dan Honorary Promotor of The Year 2018 pernah diraih Okto. “Dengan prestasi, Indonesia akan semakin bersatu. SEA Games di depan mata. Kemudian, Olimpiade Tokyo 2020. Tahun depan, kita harus menarik simpati agar Indonesia dipilih jadi tuan rumah Olimpiade,” katanya.

Banyak Dukungan
Dalam acara deklarasi, kemarin, Okto mendapat sejumlah dukungan dari pelaku olahraga di Tanah Air. Misalnya, Ketua Umum KOI Erick Thohir. Melalui sebuah video, Erick optimistis Okto dapat melanjutkan tongkat estafet tersebut.

“Saya yakin, KOI bisa maju jika memiliki pemimpin berpengalaman agar KOI semakin kuat dan besar. Saya yakin, KOI bisa dipimpin orang yang berkompeten. Saya yakin, Raja Sapta Oktohari dapat memimpin KOI periode 2019-2023. Kita akan menjadi tuan rumah Olimpiade 2032,” ujar Erick.

Hal senada diungkapkan Gatot S Dewa Broto selaku Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora). “Kami atas nama pimpinan Kemenpora, menyampaikan secara resmi dukungan kepada Raja Sapta Oktohari. Kalau calonnya dua, ada saingannya. Tapi, kalau satu, enggak ada lawannya,” katanya.

“Daripada capek-capek, sudah vote saja Raja Sapta Oktohari. Ayo bersama meraih cita-cita tinggi yang menjadi mimpi kita semua. Bapak/Ibu enggak usah galau, di depan kita ada SEA Games. Sekali lagi, kami berharap, semoga Tuhan meridhoi,” Gatot menambahkan.*MUHAMMAD RAMDAN

loading...
L
Penulis
Lily Indriyani Sukmawati
news
news