news
LIGA 2
Sisa Laga Begitu Berat, Sulit Bagi Bandung United Lolos dari Degradasi
24 September 2019 13:56 WIB
berita
Aksi penyerang Bandung United Muchlis Hadi (kanan) saat menghadapi Persiraja, Senin (23/9)/Foto: Istimewa
BANDUNG – Budiman Yunus pasrah. Pelatih Bandung United ini tidak tahu lagi harus berbuat apa mengakali performa timnya. Segala ilmu kepelatihannya sudah diberikan. Skema dan taktikal baru pun sudah dihamparkan. Tapi faktanya, performa tim tak juga meningkat pada kompetisi Liga 2 2019 Wilayah Barat.

Buntutnya tim satelit Persib Bandung itu sangat sulit menghindar dari degradasi ke Liga 3 2020. Terlebih setelah dipermalukan tamunya Persiraja Banda Aceh 0-3, Senin (23/9) di Stadion Siliwangi, Bandung.




Baca Juga :
- Jadwal Siaran Langsung Babak 8 Besar Liga 2 2019 Grup X, Rabu 13 November
- Update Hasil dan Klasemen Babak 8 Besar Liga 2 2019, Sabtu 9 November




"Dengan kekalahan ini, sangat sulit untuk lolos degradasi. Menang saja sulit keluar dari zona merah ini, apalagi sekarang (kemarin) kami kalah telak. Berat, sangat berat," ujar Budiman, usai pertandingan.

"Laga berikutnya kami harus tandang berturut-turut. Jelas itu pekerjaan berat. Kami akan berusaha menghentikan tren negatif, meski peluang lolos degradasi sebenarnya sudah tertutup," legenda Persib itu menambahkan.


Baca Juga :
- Persiraja Kalahkan Mitra Kukar di Laga Pertama Babak 8 Besar
- Jadwal Pertandingan Babak 8 Besar Liga 2 2019, Sabtu 9 November


Persiapan tim yang pendek plus materi pemain yang hijau membuat Bandung United jadi sasaran tembak lawan. Mereka kalah kelas dibanding rival-rivalnya, yang banyak dihuni pemain berpengalaman di Liga 1 atau lama malang melintang di Liga 2.

"Liga 2 itu tipis sekali dengan Liga 1. Butuh pemain sarat pengalaman untuk membuat prestasi atau buka jalan promosi. Buktinya tadi kami dibuat tidak berdaya. Bukan cuma permainan, kolektivitas, team work, dan semangat juang pun masih di bawah Persiraja," ujar Budiman.

Ini menurutnya juga pelajaran berharga bahwa bikin tim itu harus punya persiapan panjang dan koordinasi yang bagus. Untungnya, dijelaskan Budiman, manajemen paham kondisi terkini Bandung United.

Tidak banyak menuntut harus bertahan di Liga 2 karena materi pemain memang kurang kompetitif. "Sekarang kami akan perjuangkan hasil positif di sisa laga. Tampil maksimal agar bisa meraih poin dalam laga tandang," ujar Budiman

Sebaliknya pelatih Persiraja Hendri Susilo tak hentinya bersyukur. Ini kemenangan tandang ketiga yang diukirnya. "Hasil ini di luar dugaan. Kami bidik hasil imbang tapi malah menang besar. Konsistensi dan sikap pantang menyerah membuat kami bisa bernapas lega di papan atas," ucap Hendri.*Dani Wihara

news
Penulis
Kunta Bayu Waskita
Nyaman di Harian TopSkor, Mantap di TopSkor.id
news
news