news
UMUM
Kualifikasi Piala Asia U-16 2020, Vietnam, Thailand, Malaysia Tidak Lolos
23 September 2019 06:14 WIB
berita
Foto - Ady Sesotya
JAKARTA - Kualifikasi Piala Asia U-16 2020 tampaknya sangat kejam buat negara di Asia Tenggara atau Sub-Konfederasi AFF. Hal ini disebabkan hanya Indonesia yang berhasil lolos ke putaran final Piala Asia U-16 2020 di Bahrain.

Jagoan Asia Tenggara lainnya seperti Vietnam, Thailand, sampai Malaysia bertumbangan. Mereka tidak mampu mendapatkan poin yang selayaknya. Bahkan untuk menjadi 4 runner-up terbaik dari 11 grup yang ada.




Baca Juga :
- Selamat Bergabung! Empat Tim Kuat Ini Tembus ke Piala Eropa 2020, Total Sudah 9 Tim
- Update Hasil dan Klasemen Kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup G, Kamis Malam




Malaysia, sang juara Piala AFF U-15 2019, Agustus lalu, tidak mampu melewati kualifikasi di Grup J. Penyebab terbesar adalah Malaysia keok dari Laos di pertandingan kedua, skor 0-1.

Akibatnya laga terakhir seri melawan Jepang, skor 2-2, hanya jadi ampas. Malaysia hanya mengoleksi 4 poin dari 3 pertandingan. Bahkan kalah posisi dari Laos yang finis di urutan kedua dengan 6 poin, kendati juga tetap tidak lolos.


Baca Juga :
- Timnas Vietnam Cetak Kemenangan Atas UEA
- Timnas Malaysia Menggulung Thailand 2-1


Lalu Thailand tidak mampu bersaing di Grup K. Kemenangan atas Cina Taipei dan Myanmar tidak berarti banyak, karena di laga terakhir tumbang dari Korea Selatan. Bye, bye, Thailand!

Kemudian Vietnam juga hanya mengumpulkan 6 poin di Grup H. Poin Vietnam sebetulnya 9, tapi hasil dan skor melawan juru kunci Makau tidak dihitung. Grup H menjadi salah satu yang dihuni 5 negara. Regulasi menyebutkan bila grup yang dihuni 5 negara, laga melawan juru kunci hasilnya dihapus.

Hasilnya Vietnam hanya dapat 6 poin. Pasalnya di laga terakhir melawan Australia, Minggu kemarin, Vietnam kalah 1-2.

Sedangkan Indonesia bisa dapat 7 poin, karena di laga terakhir bermain imbang melawan Cina. Sebelumnya juga menang atas Filipina dan Brunei. Laga melawan Kepulauan Mariana Utara tidak dihitung.

Sementara negara kelas dua lainnya di Asia Tenggara seperti Myanmar, Timor Leste, Singapura, sampai Kamboja juga tidak mampu lolos.

Piala Asia U-16 2020 akan berlangsung di Yaman. Kejuaraan itu nanti sekaligus menjadi tempat kualifikasi Piala Dunia U-17 2021.*Ari DP

loading...
news
Penulis
Ari DP
Penggemar semua cabang olahraga. Asli Yogyakarta, KTP Sleman, tinggal di Jakarta.
news
news