LIGA EUROPA
Panggung Pemain Muda
21 September 2019 13:29 WIB
berita
Winger muda Arsenal Bukayo Saka (kanan) bermain fantastis saat melawan Frankfurt di Liga Europa dengan mencetak satu gol dan dua assist, Kamis (19/9) lalu.
FRANKFURT – Arsenal FC kembali membuat fan tersenyum. Ya, paceklik kemenangan dalam tiga laga beruntun di Liga Primer sukses dibayar dengan hasil impresif di Liga Europa. Tepatnya, dengan menekuk Eintracht Frankfurt 3-0 di Commerzbank-Arena, Kamis (19/9).

Bahkan, Arsenal jadi wakil Liga Primer paling perkasa di Liga Europa. Sebab, pada saat bersamaan, Manchester United FC harus susah payah mengalahkan Astana FC 1-0 di Old Trafford. Di sisi lain, Wolverhampton Wanderers FC justru keok saat menjamu Sporting Braga di Molineux 0-1.




Baca Juga :
- Arsenal Kalah di Kandang Sheffield United
- Sheffield Siapkan Serangan Balik




Bukayo Saka jadi protagonis dalam matchday perdana Grup F Liga Europa 2019/20. Itu berkat golnya pada menit ke-85 yang diikuti dua assist. Yaitu, kepada Joe Willock saat laga berjalan 38 dan untuk Pierre-Emerick Aubameyang (87). Hasil ini pun membuat pelatih Arsenal, Unai Emery bangga.

Maklum, kemenangan ini jadi yang pertama dalam sebulan terakhir. Tepatnya, sejak menekuk Burnley FC 2-1 pada 17 Agustus lalu. Setelah itu, Arsenal takluk 1-3 dari Liverpool FC pada 24 Agustus yang berlanjut ditahan Tottenham Hotspur FC 2-2 (1 September) dan Watford FC 2-2 (15 September).


Baca Juga :
- Arsenal Dapat Bertarung untuk Perebutan Gelar Juara, Kata David Luiz
- Arsenal Berpeluang Diperkuat Lacazette melawan Sheffield


“Kompetisi ini merupakan tantangan besar. Kami sangat bersemangat untuk melakukan sesuatu yang positif. Mengawali Liga Europa dengan kemenangan besar atas tim yang sangat bagus ini penting,” kata Emery, semringah. Pelatih berkebangsaan Spanyol ini pun memuji kinerja tiga pemain muda yang merupakan jebolan akademi Arsenal.

Itu meliputi Saka yang tampil sebagai penyerang sayap di sisi kiri, Willock (gelandang), dan Emile Smith Rowe (gelandang serang). Ketiganya ditempatkan sejajar pada pola 4-2-3-1 untuk mendukung pergerakan Aubameyang sebagai ujung tombak. Kepercayaan dari Emery pun dibayar sempurna dengan dua di antaranya, turut mencetak gol.

“Penampilan para pemain muda ini sangat bagus. Mereka pantas mendapatkannya. Mungkin, dengan golnya membuat Saka lebih percaya diri dalam pertandingan ini. Dia mampu menyelesaikan laga dengan fisik yang kuat,” Emery memuji remaja 18 tahun tersebut. Kendati masih belia, Saka tidak canggung tampil di kompetisi sekelas Liga Europa.

Bahkan, legenda hidup Arsenal, Martin Keown membandingkan Saka dengan Nicolas Pepe. Maklum, Pepe menyandang status sebagai pemain termahal The Gunners yang direkrut dari LOSC Lille senilai 72 juta paun atau sekitar Rp1,2 triliun. Dalam duel tersebut, penyerang sayap asal Pantai Gading ini masuk menggantikan Rowe pada menit ke-60.

“Anda bisa lihat menit bermain Pepe. Arsenal harus membayar 72 juta paun untuknya. Menurut saya, remaja ini (Saka) lebih baik daripada Pepe. Ketika mendapatkan bola, Saka menunjukkan ketenangannya. Dia menggiringnya ke gawang hingga menyelesaikan dengan cara yang indah. Padahal, (Saka) baru 18 tahun,” Keown, mengungkapkan.

Pesta tiga gol atas Frankfurt di Liga Europa jadi modal positif Arsenal untuk mengakhiri tren negatif di Liga Primer. Yaitu, saat menjamu Aston Villa FC di Emirates, Minggu (22/9). Emery bisa mempertimbangkan untuk menyertakan Saka dan beberapa pemain muda lainnya yang kini punya aura positif.

Terutama, mengingat di lini depan kekurangan stok akibat cederanya Alexandre Lacazette. Saka bisa jadi jawaban untuk menggantikan posisinya sebagai tandem Aubameyang.***CHOIRUL HUDA DARI BERBAGAI SUMBER

FRANKFURT 0-3 ARSENAL
Stadion: Commerzbank-Arena
Penonton: 47.000

FRANKFURT (3-4-1-2)
Pelatih:
Adi Huetter

1 Trapp

19 Abraham
20 Hasebe
13 Hinteregger

24 Da Costa/22 Chandler (74)
28 Kohr
8 Sow
10 Kostac

15 Kamada

9 Dost/39 Paciencia (66)
33 Silva

ARSENAL (4-2-3-1)
Pelatih:
Unai Emery

26 Martinez

21 Chambers
20 Mustafi
23 Luiz
31 Kolasinac/15 Maitland-Niles (80)

11 Torreira
34 Xhaka

32 Rowe/19 Pepe (60)
28 Willock/8 Ceballos (72)
77 Saka

14 Aubameyang

Gol: 0-1 (Joseph Willock, 38), 0-2 (Bukayo Saka, 85), 0-3 (Pierre-Emerick Aubameyang, 87)
Wasit: Davide Massa

Kartu kuning: Hinteregger, Kohr, Willock, Kolasinac, Kamada, Chambers
Kartu merah: Kohr
Tendangan ke gawang: 7-3
Tendangan melebar: 14-9
Tendangan pojok: 11-4
Offside: 2-1
Pelanggaran: 13-11
Penguasaan bola: 50-50

 

T
Penulis
Tri Cahyo Nugroho