LIGA SPANYOL
Zidane Bisa Dipecat, Xabi dan Raul Jadi Kandidat
21 September 2019 13:20 WIB
berita
Jabatan pelatih Madrid, Zinedine Zidane sedang terancam.-Topskor/Ist
MADRID – Kekalahan telak yang diterima Real Madrid pada awal perjalanannya di Liga Champions 2019/20 berbuntut panjang. Pasca dipermalukan Paris Saint-Germain (PSG) di Prancis, kalah 0-3, posisi Zinedine Zidane di kursi kepelatihan sekarang terancam. Ia dianggap telah kehilangan sentuhan ajaibnya untuk Los Merengues, julukan Madrid.

Pada pramusim yang tidak bisa dibilang baik  (tiga menang dan empat kalah, salah satunya dibantai 3-7 Atletico Madrid), klub boleh saja sabar dengan pelatih yang sebelumnya terbukti bertaji juara Liga Champions tiga kali beruntun. Tapi untuk laga resmi sepertinya tidak, sebab para petinggi mulai gerah seperti yang dikabarkan berbagai media Spanyol.




Baca Juga :
- Zidane Bertemu Pogba, Begini Reaksi Solskjaer
- Jadwal Pertandingan La Liga Spanyol Pekan 9, Sabtu-Senin 19-21 Oktober 2019




Posisi Zidane terancam bukan hanya awal buruk di Liga Champions. Di La Liga mereka memang belum kalah, tapi baru punya dua kemenangan dari empat jornada. Penampilannya pun jauh dari memuaskan. Padahal, investasi besar sudah dilakukan di musim panas ini; 303 juta euro (sekitar Rp4,8 triliun) untuk membeli lima pemain.

Klub boleh saja gagal memenuhi satu permintaan terakhirnya terkait merekrut gelandang. Namun faktanya sejauh ini Zizou –julukan Zidane– pun hanya memasukan satu pemain anyar Eden Hazard ke starting 11 bersama muka lama di era kejayaannya dulu. Luka Jovic, Eder Militao, Ferland Mendy, dan Rodrygo Goes jadi pilihan kedua.


Baca Juga :
-  El Clasico Bisa Mundur ke 18 Desember
- Isco-James, Solusi Lini Tengah Madrid


Sementara itu Presiden Madrid Florentino Perez seperti yang diketahui adalah sosok bos yang tak segan mendepak pelatihnya, jika tak bisa membawa klub berjaya. Berbagai nama calon penerus (jika Zidane benar dipecat) pun telah bermunculan.

Dalam melakukan pergantian entrenador di tengah perjalanan musim, Perez biasanya mencari orang yang sedang menganggur atau tidak terikat dengan klub lain. Pun bisa juga mengambil atau mempromosikan pelatih tim muda Madrid Castilla. Alhasil kini Jose Mourinho, Massimilliano Allegri, dan Raul Gonzalez lah yang masuk bursa.

Mourinho sedang tak melatih pasca dipecat Manchester United sejak Desember 2018. Ia adalah sosok lama yang tahu betul soal internal Los Merengues, julukan Madrid. Sosoknya pun sangat dihormati para pemain dan disukai fan. Tapi ia bisa saja kalah dari Allegri sudah terbukti tajinya, terutama saat menangani klub terakhirnya Juventus FC.

Sementara itu nama Raul muncul karena alasan kedua. Sejak musim ini pelatih 42 tahun mulai menangani Madrid Castilla, setelah musim lalu melatih tim Madrid di level yang lebih muda; youth dan U18. Ia pun bukan satu-satunya eks pemain yang kini dikaitkan mendapat kesempatan, sebab ada Xabi Alonso yang melatih Real Sociedad B.* TAUFANI RAHMANDA DARI BERBAGAI SUMBER

 

ANGKA

1,56

Di era kepelatihan sebelumnya produktivitas jadi salah satu poin unggul Madrid arahan Zidane yakni rasio 2,67 gol per laga. Sedang di masa kini rapornya hanya 1,56.

D
Penulis
Dini Wulandari