MOTOGP
Marquez Ingin Nikmati Sisa Lomba MotoGP
21 September 2019 10:15 WIB
berita
Marc Marquez
ARAGON – Pembalap Repsol Honda Marc Marquez menargetkan kemenangan pada putaran ke-14 MotoGP 2019 di Sirkuit Motorland Aragon, Aragon, Minggu (22/9). Meski unggul jauh di klasemen, Marquez menegaskan tak akan mengendurkan tekanan demi mengamankan gelar juara, musim ini.

Marquez jadi yang tercepat pada Latihan Bebas (FP) 1, Jumat (20/9), dengan 1 menit 46,869 detik. Ia pun berharap bisa memulai lomba dari grid terdepan agar lebih mudah melakoni lomba. Tak seperti Grand Prix (GP) San Marino, akhir pekan lalu, di mana ia harus berjuang ekstra karena start dari grid keenam.




Baca Juga :
- Honda Pastikan Gelar Juara Konstruktor MotoGP 2019
- Hasil MotoGP Jepang 2019, Marc Marquez Juara, Quartararo Kedua




“Target utama tentu finis di podium tertinggi atau setidaknya tiga besar. Kami akan berjuang sepanjang akhir pekan ini. Lomba terakhir cukup sulit tapi akhirnya kami berhasil meraih hasil terbaik. Meraih poin penuh membuat kami memperlebar jarak di klasemen,” kata Marquez seperti dilansir Motogp.com.

Saat ini, pria asal Spanyol itu memimpin klasemen dengan 275 poin atau berjarak 93 angka dari Andrea Dovizioso yang ada di peringkat kedua. Finis di podium pada GP Aragon sudah cukup bagi Marquez menjaga kans meraih gelar. Tapi, ia bertekad menang untuk kali keempat beruntun di Sirkuit Motorland Aragon.


Baca Juga :
- Hasil Lengkap Kualifikasi MotoGP Jepang: Marquez Pole Position, Rossi Posisi 10
- Marquez Jajaki Target MotoGP 2020


Sebelumnya, ia menang pada edisi 2016, 2017 dan 2018. “Ini saatnya menikmati setiap balapan, termasuk di Aragon, lomba kandang saya. Desain treknya menarik tapi bukan berarti ini akan jadi lomba mudah. Setiap pembalap akan berusaha keras dan saya berharap memiliki lomba yang bagus,” kata Marquez.

Sirkuit Motorland Aragon memang jadi salah satu favorit Marquez dalam kalender balap MotoGP. “Mentalitas kami tetap sama seperti awal musim. Kami akan mencoba untuk memberikan yang terbaik. Tidak peduli di mana pun berada, kami akan berusaha untuk meraih kemenangan,” kata pria 26 tahun tersebut.

Fabio Quartararo, rival terberatnya, hanya mampu menempati posisi ketiga FP 1 dengan 1 menit 48,870 detik. Pada balapan kali ini, pembalap Petronas Yamaha SRT itu tak memasang target tinggi karena sadar YZR-M1 kurang bersahabat dengan karakter Sirkuit Motorland Aragon. Tapi, ia berharap kembali podium.

“Saya tak pernah berharap meraih posisi terdepan atau mendapat podium. Tapi, saat ini,  saya ingin terus berada di sana. Untuk itu, kami akan tetap tenang karena saya seorang pemula. Saya juga masih perlu banyak dari pembalap senior di setiap perlombaan,” kata pembalap yang digadang gantikan Valentino Rossi itu.

Dovizioso bersikap realistis menghadapi GP Aragon karena karakter lintasan tak mendukung karakter Desmosedici GP19. Bahkan, pembalap Mission Winnow Ducati itu pun mengatakan, ada tantangan berbeda di SIrkuit Motorland Aragon yang membuatnya tak berani memasang target tinggi.

“Saya tidak tahu apa yang bisa kami dapatkan di GP Aragon karena setiap saat situasinya berbeda. Seperti yang telah kami rasakan di Misano, di mana setiap lomba punya kesulitan sendiri dari tahun ke tahun. Tapi, kami akan berusaha tampil cepat di sini untuk mendapatkan pisisi terbaik,” kata Dovizioso.*MUHAMAD FADLI RAMADAN DARI BERBAGAI SUMBER

L
Penulis
Lily Indriyani Sukmawati