LIGA CHAMPIONS
Man. City Juru Selamat Inggris di Liga Champions
20 September 2019 15:40 WIB
berita
Winger Man. City Riyad Mahrez (kanan) tampil impresif dengan menyumbangkan satu gol dan assist saat melawan Shakhtar Donetsk di Liga Champions, Rabu (18/9) malam./AFP
KHARKIV – Manchester City FC berhasil bangkit setelah kekalahan mengejutkan 2-3 dari Norwich City FC di Liga Primer, akhir pekan lalu. Pasukan Josep “Pep” Guardiola tersebut memetik kemenangan 3-0 dalam partai perdana Grup C Liga Champions 2019/20 melawan tuan rumah FC Shakhtar Donetsk, Rabu (18/9) malam lalu.

Raihan di Stadion OSC Metalist itu juga membuat The Citizens menjadi satu-satunya klub Inggris yang meraih kemenangan pada laga pembuka turnamen. Tiga wakil Liga Primer lainnya gagal memetik tiga poin. Liverpool FC dan Chelsea FC menelan kekalahan, sementara Tottenham Hotspur FC hanya mampu bermain imbang.




Baca Juga :
- Man. City Punya Kelemahan yang Bisa Dieksploitasi Tim Medioker
- Barrow Siap Mengorbit Kembali




Saat menghadapi Shakhtar, Riyad Mahrez memberikan dampak besar bagi Man. City. Winger asal Aljazair itu mencetak satu gol dan assist. Sumbangsih di Kharkiv membuat Mahrez telah memberikan kontribusi tujuh gol (dua gol, lima assist) untuk The Citizens dalam tujuh laga terakhirnya di Liga Champions.

“Riyad (Mahrez) bermain bagus musim lalu tetapi tidak mendapatkan terlalu banyak kesempatan. Musim ini dia akan lebih sering tampil reguler,” ujar Guardiola menjamin. “Performanya selalu memuaskan, tidak hanya saat menyerang, tetapi juga bagaimana dia ikut membantu tim saat bertahan.”


Baca Juga :
- Juve Tak Tertandingi
- Manchester City Bawa 6 Trofi Juara ke Indonesia pada 15-19 Oktober


Tak hanya penampilan Mahrez yang mengundang pujian dari Pep. Sang pelatih juga puas dengan performa seluruh pemain. “Kami tahu Shakhtar tim yang tangguh. Namun satu yang menjadi pembeda adalah ritme permainan. Kami lebih baik daripada mereka dalam aspek tersebut. Itu alasan kami bisa menang melawan mereka,” katanya.

Shakhtar memang bukan lawan asing bagi pasukan Guardiola. Man. City telah lima kali berhadapan dengan juara Ukraina itu di Liga Champions. The Citizens sukses mencetak 15 gol ke gawang mereka. Ini menjadi rapor terburuk Shakhtar menghadapi sebuah tim di turnamen antarklub elite Eropa tersebut.

Sebelum duel di Kharkiv, Guardiola sempat dipusingkan dengan krisis bek tengah yang dihadapinya. Man. City telah kehilangan Vincent Kompany yang hengkang musim panas lalu. Kemudian Aymeric Laporte mengalami cedera lutut dan harus absen hingga enam bulan. Sehari sebelum laga versus Shahktar, John Stones mendapatkan masalah otot.

Problem ini membuat Pep melakukan perubahan radikal. Ia memplot Nicolas Otamendi, satu-satunya bek tengah senior yang tersisa, dengan gelandang jangkar Fernandinho di jantung pertahanan. Pasangan ini mampu melewati tes perdana mereka dengan perfek. Berkat keduanya, Man. City sukses menang tanpa kebobolan (clean sheet).

Namun Guardiola merasa bahwa kebijakan rotasi tetap diperlukan di sektor tersebut. Menurutnya, Otamendi dan Fernandinho tidak akan bisa selalu diturunkan di setiap laga. Mantan pelatih FC Barcelona dan FC Bayern Muenchen tersebut telah menyiapkan bek kanan Kyle Walker dan gelandang Rodri Hernandez sebagai deputi.

“Saya tak pernah ragu dengan kemampuan Fernandinho bermain sebagai bek tengah. Namun dia sudah 34 tahun dan Nico (Otamendi) 31 tahun. Kami perlu solusi lain karena dengan usianya, mereka tidak bisa tampil setiap pekan,” ujar Pep. “Kyle (Walker) atau Rodri mungkin bisa bergantian selama John (Stones) dan Aymeric (Laporte) absen.”*** 

Rapor Klub Inggris pada Laga Perdana Liga Champions 2019/20
Grup B
Olympiacos    2-2      Tottenham

Grup C
Shakhtar         0-3      Man. City

Grup E
Napoli             2-0      Liverpool

Grup H
Chelsea          0-1      Valencia

SHAKHTAR   0-3      MAN. CITY

Wasit: Artur Dias
Stadion: OSC Metalist
Penonton: 36.675

Gol: 0-1 (Riyad Mahrez, 24), 0-2 (Ilkay Guendogan, 38), 0-3 (Gabriel Jesus, 76)

SHAKHTAR (4-2-3-1)

Pelatih: Luis Castro

30 Pyatov

50 Bolbat
4 Krivtsov
22 Matviyenko
31 Ismaily

21 Alan/8 Marcos (74)
6 Stepanenko

19 Solomon/15 Konoplyanka (46)
11 Marlos
7 Taison

10 Moraes/9 Dentinho (77)

MAN. CITY (4-2-3-1)

Pelatih: Josep Guardiola

31 Ederson

2 Walker/27 Cancelo (81)
30 Otamendi
25 Fernandinho
11 Zinchenko

16 Rodri/22 Mendy (83)
8 Guendogan

26 Mahrez
17 De Bruyne/20 B. Silva (77)
7 Sterling

9 Jesus

Kartu kuning: Rodri
Kartu merah: -
Tendangan ke gawang: 1-5
Tendangan melebar: 5-13
Tendangan pojok: 0-5
Offside: 1-3
Pelanggaran: 7-16
Penguasaan bola: 49-51

 

I
Penulis
I Gede Ardy E